Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Daftar Mobil Daihatsu Kecil Dari Dulu Hingga Kini
mobil daihatsu kecil
Otomotif

Daftar Mobil Daihatsu Kecil Dari Dulu Hingga Kini

  • 20 Jul, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Daihatsu merupakan salah satu produsen mobil asal Jepang yang cukup mendunia. Bahkan, banyak mobil kecil yang berseliweran di jalanan Indonesia adalah buatan Daihatsu. 

Bagaimana tidak, merk mobil Jepang ini menawarkan kendaraan yang tahan lama, andal, dan serbaguna dengan harga terjangkau. Jika Pins tengah mencari mobil untuk dikendarai di jalanan kota, coba cek daftar mobil Daihatsu ini, yuk!

Daftar Mobil Daihatsu Ukuran Kecil

Walau berukuran mini, mobil-mobil kecil di bawah ini ternyata diminati banyak orang. Pasalnya, mobil kecil buatan Daihatsu memberikan pengalaman berkendara yang lebih praktis, khususnya di jalanan sempit. 

Selain itu, mobil berukuran mini dianggap lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil berukuran besar. Tidak heran bila Pins banyak melihat mobil-mobil kecil pesaing Daihatsu lainnya yang beredar di jalanan karena keunggulannya tadi. 

Penasaran apa saja daftar mobil kecil buatan Daihatsu yang pernah dibuat dan terkenal? Simak daftarnya di sini!

Baca Juga: Harga HRV Prestige Terbaru Hingga Spesifikasinya

Daihatsu Ceria

(Wikimedia Commons)

Salah satu mobil berukuran mini buatan Daihatsu yang cukup berjaya di masanya adalah Ceria. Mobil yang dikenal dengan nama Perodadua Kancil di Malaysia ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada 2001 hingga 2006. 

Walau jumlah mobil ini tidak cukup banyak, Daihatsu Ceria menawarkan berbagai keunggulan untuk para penggemar. Pertama, Ceria memanfaatkan mesin dan basis sasis yang sama dengan Charade, tetapi jenis mesin yang dipakai cukup jadul

Meski begitu, mobil ini memiliki performa yang cukup mumpuni berkat teknologi power to weight ratio yang unggul. Fitur-fitur yang ditawarkan pun tidak kalah menarik, mulai dari power window, wiper belakang, hingga radio tape. 

Mengingat ukuran dimensi Daihatsu Ceria cukup kecil, kamu hanya bisa mengangkut sekitar lima penumpang. 

Baca Juga:

Daihatsu Ayla

pajak mobil ayla
(Kompas.com)

Selain Cerita, mobil kecil buatan Daihatsu lainnya yang saat ini tengah naik daun adalah Daihatsu Ayla. Mobil yang mirip dengan Toyota Agya ini diklaim sebagai pelopor mobil LCGC (low cost green car), alias mobil murah ramah lingkungan. 

Di tahun 2020, mobil kecil satu ini hadir dengan berbagai perubahan yang terlihat dari desain eksterior serta fitur-fitur baru yang canggih. Sebagai contoh, Pins bisa menikmati kamera mundur serta pengaturan dan penampang AC digital. 

Mobil berkapasitas 998 cc ini sudah dibekali dengan teknologi DOHC VVT. Jadi, kamu bisa berkendara di jalanan kota dengan aman dan nyaman karena performa mesin yang tangguh. Ini jadi salah satu alasan mengapa Ayla banyak dipilih orang. 

Baca Juga: Sistem Pengapian Konvensional: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Daihatsu Sirion

(Flickr/Gordini)

Dibandingkan mobil kecil Daihatsu lainnya, Daihatsu Sirion masuk dalam kategori mobil hatchback dengan dimensi yang tidak begitu mungil. Mobil dengan transmisi CVT ini hadir dengan sistem infotainmen yang jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Walau dibuat oleh Daihatsu, Sirion masih mengandalkan mesin Toyota karena masih berada di bawah perusahaan yang sama. Mobil city car andalan ini juga memiliki kabin yang lebih lega dibandingkan sebelumnya serta kursi yang bisa ditegakkan. 

Pins juga bisa menikmati pengalaman berkendara yang lebih stabil berkat cross member yang disematkan serta stabilizer bar yang lebih tebal.

Baca Juga: Intip Harga Mobil Esemka dan Spesifikasinya 

Daihatsu Wake

(Flickr/Mncarspotter)

Daihatsu Wake merupakan mobil mungil yang hadir dengan pintu geser. Mobil yang tidak dijual di Indonesia ini awalnya ditampilkan di Tokyo Motor Shows 2009 dan 2013. Setelah itu, Daihatsu baru menjual mobil ini pada 2014. 

Sekilas memang Wake terlihat mungil dengan ketinggian kabin interior 1.455 mm. Selain itu, mobil ini menawarkan dua jenis mesin, yaitu 600 cc 3 silinder DOHC berdaya 52 Ps dan torsi 60 nm. 

Di sisi lain, tipe Wake lainnya mempunyai mesin 600 cc 3 silinder dan tambahan turbocharged. Berkat tambahan tersebut, kamu bisa memacu mobil hingga 64 Ps dan torsi 92 Nm. Angka tersebut cukup oke di kategori mobil kecil, Pins. 

Baca Juga: 20 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Daihatsu Tanto

(Wikimedia Commons)

Mobil kecil Daihatsu lainnya yang cukup sering terlihat di Indonesia adalah Daihatsu Tanto. Walau begitu, Daihatsu belum memasarkan mobil mungil ini secara langsung sehingga Pins harus mendatangkannya langsung dari Jepang. 

Bila dibandingkan merk lainnya, Daihatsu Tanto memberikan beberapa kelebihan. Pertama, mobil ini sudah memakai mesin 660 cc 3 silinder dengan tambahan turbo. Selain itu, mesin yang disematkan sudah terpasang transmisi otomatis CVT. 

Daihatsu Copen

mobil daihatsu kecil
(Flickr/Oleg Guryanov)

Bagi Pins yang ingin mencari mobil mungil dengan desain roadster, Daihatsu Cope bisa jadi bahan pertimbangan. Mobil dua pintu ini memakai mesin 658 cc 3 silinder DOHC plus turbocharger intercooler. 

Dengan mesin tersebut, Copen bisa memacu tenaga hingga 64 Hp dan mencapai kecepatan 170 km/jam. Copen menjadi salah satu ksatria hitam’ dari Daihatsu karena memberikan fitur bagian atap yang bisa dibuka tutup seperti sport cabriolet. 

Mobil ini sempat diperjualbelikan di Indonesia, tetapi harga belinya tergolong tinggi sehingga mungkin tidak begitu laris. 

Nah, itu tadi sederet mobil kecil buatan Daihatsu yang bisa jadi koleksi baru Pins. Walau kecil, perawatan mobil ini tetap sama dengan mobil berukuran lainnya, yaitu harus tetap dicuci. 

Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. 

Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Baca Juga: 17 Rekomendasi Mobil City Car Paling Irit

Source Image Feature: Flickr


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.