Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 11 Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus
Otomotif

11 Rekomendasi Minyak Rem Mobil yang Bagus

  • 20 Jun, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Minyak rem mobil yang bagus harus memenuhi standar yang ditetapkan. Pada kemasan umumnya disertai kode standar seperti DOT yakni (Department of Transportation).

Ada yang DOT 3, DOT 4 bahkan DOT 5. Jika angkanya semakin tinggi maka kemampuan menghadapi suku kerja ekstrim juga tinggi. Kini tersedia berbagai merek minyak rem mobil yang bagus diantaranya adalah :

STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard

(Shopee)

Merek minyak rem mobil yang bagus selanjutnya adalah STP. Pelumasnya dilengkapi dengan teknologi ActivGard. Fungsinya adalah membuat pengereman lebih aman, awet dan pakem.

Titik didih mencapai suhu 265 celcius yang menyamai titik DOT 5. Kekentalannya unggul karena tidak mudah menguap ketika dihadapkan pada suhu tinggi. Harga dari STP Brake Fluid DOT 4 ActivGard terjangkau mulai dari Rp. 11.500.

Baca Juga:

Jumbo Cairan Rem DOT 3

(Blibli)

Merek minyak rem mobil yang bagus ini sudah ada sejak 1980 di Indonesia. Jumbo telah diekspor ke berbagai negara mulai dari Taiwan, Hongkong. China, Singapura hingga Australia.

Produknya bahkan sampai ke benua Afrika yakni Rwanda dan Maladewa. Tersedia dalam dua kemasan yaitu 300 ml dan 500 ml. Unggul dalam mencegah karat dan kerusakan pada segel rem.

Jumbo Cairan Rem DOT 3 memastikan pengereman tromol maupun cakram dapat berfungsi dengan baik. Harganya mulai dari Rp. 30.000.

Dobeli Super Heavy Duty Brake Fluid BF30

(Blibli)

Ini adalah minyak rem Hi Tech yang tahan akan suhu tinggi. Pins juga bisa menambahkan semua jenis minyak rem DOT 3.

Dobeli Super Heavy Duty Brake Fluid BF30 juga sudah memenuhi standar nasional dan internasional. Misalnya saja MVSS 116, SAE J 1703 F, dan JIS K 2233. Produk ditawarkan mulai dari harga Rp. 30.000 untuk 325 ml.

Baca Juga:

Prestone Brake Fluid DOT 4

(Shopee)

Salah satu merek minyak rem mobil yang bagus ialah Preston. Apalagi jika menginginkan minyak rem berstandar tinggi maka Prestone Brake Fluid DOT 4 adalah pilihan tepat.

Kelebihannya adalah titik didih yang lebih tinggi dari standarnya. Produk ini bahkan mampu mencapai spesifikasi DOT 5. 

Titik didih yang tinggi mampu menjaga minyak rem terhindar dari kontaminasi kandungan air. Produk asal Amerika Serikat ini dibanderol dengan harga Rp. 38.000.

G Force Brake Fluid DOT 4

(Shopee)

Minyak rem ini diformulasikan khusus untuk titik didih hingga 260 derajat celcius. Keunggulannya tidak mengandung residu dan bisa dipakai untuk kendaraan buatan Eropa maupun AS.

Selain itu harganya juga terjangkau yakni sekitar Rp. 30.000 untuk 300 ml. Ideal untuk kendaraan roda dua maupun empat.

Fuso DOT 3 Brake Fluid

(Lazada)

Merek minyak rem mobil yang bagus ini dapat digunakan pada mobil dengan sistem pengereman cakram maupun tromol. Harganya mulai dari Rp. 40.000 untuk 300 ml. Produk telah memenuhi standar minyak rem DOT 3 (BP+).

Minyak rem mampu mencegah karat dan penguapan. Selain itu dapat bekerja optimal pada suhu kerja pengereman yang tinggi.

Baca Juga : Sebaiknya Ganti Oli Motor Berapa Km Sih? Simak!

Wurth Brake Fluid DOT 4

(Blibli)

Wurth Brake Fluid DOT 4 dibanderol dengan harga Rp. 82.500 untuk kemasan 250 ml. Minyak rem ini khusus untuk mobil dengan sistem hidrolik.

Keunggulannya adalah mampu mencegah korosi. Selain itu dapat kompatibel dengan bahan karet serta menjaga stabilitas tingkat thermal yang tinggi.

Mobil Brake Fluid Dot 4

(Blibli)

Mobil Brake Fluid memiliki cairan rem hidraulis. Minyak rem mobil yang bagus ini juga menunjang performa ekstra tinggi ketika sistem rem cakram dan tromol digunakan.

Dalam pemakaiannya perlu memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah hanya boleh dipakai dalam bentuk konsentrat dari wadah yang tersegel baik. 

Tutup rapat wadah segera usai dipakai sebab cairannya mudah menyerap kelembaban dari atmosfer. Kelembaban tinggi dapat mengurangi usia pakainya. Mobil Brake Fluid Dot 4 dijual mulai dari Rp. 100.000 untuk 500 ml.

Motul DOT 5.1

(Shopee)

Keunggulan minyak rem ini adalah memakai polyglycol 100 % sintesis. Cocok untuk kendaraan yang memiliki sistem pengereman ABS.

Titik didihnya mencapai 270 celcius sehingga terjamin kualitas fluidanya. Merek ini sendiri sudah ada sejak 1958. Motul DOT 5.1 dijual dengan harga Rp. 160.000. 

Lucas Brake Fluid Synthetic DOT 4

(Blibli)

Minyak rem Lucas memiliki formulasi polyethylene glycol ethers dan aditif. Titik didihnya bahkan dapat mencapai 230 celcius.

Kelebihannya adalah mencegah pengerasan seal dan melindungi dari karat serta korosi. Harganya sekitar Rp. 175.000 untuk 355 ml. 

Baca Juga : Nah Ini Perbedaan Oli Mpx dan Spx, Simak!

Amsoil Brake Fluid DOT 3 & 4 

(Blibli)

Amsoil merupakan minyak rem sintetis yang unggul pada suhu tinggi baik dalam kebutuhan keseharian maupun balapan. Produk buatan USA ini tahan akan kontaminasi air dan memberikan proteksi anti karat.

Amsoil Brake Fluid DOT 3 & 4 dapat digunakan pada kendaraan dengan spesifikasi DOT 3, DOT 4 maupun DOT 5. Harganya mulai dari Rp. 200.000 untuk 355 ml.

Minyak rem mobil yang bagus harus mampu melindungi mesin agar tidak aus. Selain itu memenuhi fungsi utamanya yang mendukung sistem pengereman kendaraanmu.

Jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah.

Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.