Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 7 Merk Bearing Terbaik di Dunia
merk bearing terbaik
Otomotif

7 Merk Bearing Terbaik di Dunia

  • 1 Jun, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Bearing merupakan laher atau bagian spare part motor yang memiliki fungsi menghubungkan dua bagian part agar mendorong perputaran. Ada beberapa merk bearing terbaik yang bisa jadi referensi Pins untuk spare part ini.

Kini banyak beredar bearing yang memiliki teknologi lebih maju bahkan melebihi laher standar bawaannya. Pemilihan laher penting karena mampu meningkatkan gerakan tanpa gaya gesek maksimal.

Cara Memilih Bearing

Pemilihan laher yang tepat akan mendorong kinerja motor menjadi lebih baik. Gesekan yang minimal akan membuat suara mesin lebih santer ketika berada di rpm rendah.

Ketika memilih merk bearing terbaik pastikan pula sparepart memiliki fungsi atau ciri dibawah ini:

  • Laher menggunakan bahan terbaik agar tidak memiliki goresan ketika dipasang. Dari segi warna terlihat mengkilap dan tanpa cacat sekalipun
  • Bentuknya menyerupai bulan seperti cincin. Dalam menentukan bentuk bulat memang sulit sehingga biasa dilakukan pengukuran diameter untuk memastikan tidak ada bagian yang bengkok
  • Selanjutnya putar memakai jari, bila tidak ada yang tersendat maka kualitasnya bagus. 
  • Pastikan putarannya membentuk oval dan jangan hanya tergiur dengan diskon atau promo saja

Baca Juga:

Merk Bearing Terbaik di Dunia

Bearing terbaik dikelasnya mudah dikenali dari rekomendasi penggunanya. Merknya mudah dikenal dan ditemukan di pasaran. Berikut beberapa merk bearing terbaik di dunia :

FAG

(Shopee)

Merk bearing terbaik ini berasal dari Portugal. Harganya sangat terjangkau di kalangan pecinta otomotif. Seri yang sering digunakan adalah kode 6205TB.P63 high series dibanderol dengan harga Rp. 340.000 per piece.

Bearing ini sering dipakai untuk motor bebek Jupiter Z. Salah satu keunggulannya adalah memiliki raungan mesin saat rpm tinggi. Bearing ini juga sering digunakan pada motor balap karena lebih enteng.

Baca Juga: Fungsi dan Bagian Mekanisme Katup

KOYO

(Alibaba)

Bearing ini diproduksi oleh KOYO Seiko asal Jepang yang memang ahli dibidangnya. KOYO Seiko juga menjadi partner PT Yamaha Motor kencana Indonesia. Tak heran bila mereknya sering dipakai pada motor keluaran Yamaha.

KOYO Seiko memiliki bearing dengan Hi-speed. Cocok untuk motor yang ingin melaju kencang di berbagai medan jalan. Harga satu setnya dari keseluruhan bearing yang ada di mesin bisa mencapai Rp. 1.6 jutaan.

Baca Juga:

SKF

(Tokopedia)

SKF ini adalah singkatan untuk Svenska Kugelahaar Fabriken. Produknya sendiri berasal dari Swedia hanya saja sudah membuka pabrik di Indonesia. SKF memiliki keunggulan tangguh di lintasan. 

Khususnya seri C4 yang memiliki kandungan material keramik. Material ini berfungsi meminimalkan gesekan dan pernah dipakai pada perlombaan balap motor kelas dunia.

Keunggulan lain dari SKF ialah terikat dengan material khusus dan terpasang di ring dalam. Bearing bisa digeser hingga keluar dari bantalan ring luar namun tidak sampai keluar dari rumahnya.

Laher jenis ini memiliki kestabilan walaupun posisi kruk as bergerak saat berputar ataupun ditekan.  Satu seta bearing SKF mampu dibanderol hingga Rp. 2.1 juta.

Daytona

(Lazada)

Produk Daytona di dunia otomotif lumayan terkenal. Beberapa produk sparepart lainnya bahkan merajai pasar. Misalnya saja dari velg, gear set, kruk as dan lainnya.

Daytona memanjakan konsumennya dengan banyak pilihan bearing dari roda motor, racing C5, C4, C3, bearing standard bahkan yang memiliki tipe Progressive Hybrid High Speed C5.

Untuk penggunaan harian sebaiknya hindari penggunaan bearing Hi-speed. Gunakan bearing standard saja karena dari segi bahan lebih kuat. Bearing racing ketika balapan saja hanya mampu digunakan 3-5 kali balapan.

Harganya juga jauh lebih mahal dan bearing racing hanya cocok untuk putaran mesin tinggi. Misalnya saja putaran diatas 12.000 rpm.

FAITO

(Blibli)

Merk bearing terbaik di dunia selanjutnya adalah FAITO. FAITO meluncurkan bearing satu set maupun satuan. Contohnya saja laher kruk as, bearing crankcase dan camshaft yang memiliki dua tipe pilihan.

Diantaranya adalah bearing S720 dengan bahan spesial composite yang bertujuan pada putaran tinggi dan tahan terhadap panas. S720 mampu menghadapi suhu mesin yang berada pada titik panas ekstrim.

Pilihan kedua adalah tipe lite tech jenis C3. tipe ini menggunakan carbon steel yakni material seperti pada bahan teflon untuk jenis motor harian. 

Keunggulannya adalah mampu meredam desingan mesin dengan maksimal. Bearing ini memiliki kekuatan tinggi.

Baca Juga:

TDR

(Shopee)

Laher TDR adalah produk yang berasal dari Thailand. Merek ini menghadirkan laher racing dengan harga yang relatif murah dibandingkan merk lainnya di kelas yang sama.

Laher TDR tidak pernah sepi peminat karena kelebihan dari materialnya yang kuat. TDR memiliki tali pengikat ball bearing berbahan teflon. Bahan ini cenderung lebih awet dan tahan lama.

TDR juga ditunjang dengan greasing berkualitas. Dampaknya bearing memiliki usia lebih panjang dibandingkan merek lainnya. 

Untuk seri 6025 yang biasa dipakai Jupiter Z dibanderol dengan harga Rp. 80.000 per set atau setara dengan Rp. 1.4 juta dari keseluruhan mesin.

TK Racing

(Shopee)

Terakhir, ada TK racing yang sering dipakai untuk motor balap. Selain memproduksi laher, merek ini juga memiliki velg, gear, hingga koil. 

Keunggulannya adalah menunjang putaran mesin yang sangat tinggi. Ia juga terkenal mampu meringankan beban kruk as.

Setiap merk bearing terbaik memiliki keunggulannya masing-masing. Harga bearing biasanya disesuaikan dengan bahan yang dikandungnya.

Baca Juga:

Featured Image Source: Gridoto.com

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.