Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 8 Merk Band Mobil yang Paling Senyap
Simak Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil
Otomotif

8 Merk Band Mobil yang Paling Senyap

  • 22 Jun, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Pemilihan ban mobil yang tepat perlu teliti guna meningkatkan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kenyamanan adalah memilih merk ban mobil yang paling senyap.

Ban mobil yang senyap disebut juga low noise tire atau comfort tire. Artinya bunyi bising dan getaran yang dihasilkan selama mobil melaju tidak akan sampai ke kabin mobil. Dengan begitu, penumpang dan pengemudi mobil akan selalu nyaman selama berkendara.

Nah, buat kamu yang sedang cari merk ban mobil yang paling senyap, berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih:

Goodyear Efficient Grip SUV

(Shutterstock)

Goodyear ternyata sudah memproduksi ban low noise, yakni tipe EfficientGrip SUV. Merk ini mengusung teknologi QuietT Red yang dapat membuat ban mobil mengeluarkan suara lebih tenang dan senyap, didukung juga kemampuan handling yang mumpuni.

Tidak hanya itu, desain closed shoulder juga diyakini dapat mencegah adanya perluasan gelombang kebisingan. Kerapatan suara ini membuat blok berfungsi dengan optimal dalam peredaman suara bising dari ban mobil.

Baca Juga:

Dunlop SP Sport LM705

(Shutterstock)

Merk ban mobil yang paling senyap berikutnya adalah Dunlop tipe SP Sport LM705. Dunlop sendiri menggunakan teknologi Shinobi yang diyakini dapat mengefektifkan fungsi telapak dan dinding samping ban. Dinding samping tersebut mampu menyerap kejutan apa pun dari permukaan jalan.

Selain itu, getaran ban pada jalan bergelombang akan lebih teredam karena jumlah blok telapak pada ban lebih banyak. Ban mobil akan menyentuh jalanan secara bertahap dari pusat menuju arah luar, sehingga nantinya ban dapat meredakan tingkat kebisingan.

Dunlop SP Sport LM705 memiliki harga yang tidak terlalu mahal, lho. Hanya dengan kisaran  Rp600 – 900 ribuan saja kamu sudah bisa memilikinya.

Baca Juga:

Dunlop Grandtrek AT20

(Shutterstock)

Tipe Grandtrek AT20 All-Season juga masih termasuk ban keluaran Dunlop yang low noise. Ban mobil satu ini sangat cocok digunakan untuk  mobil-mobil berjenis SUV.

Dunlop dilengkapi berbagai fitur tambahan poliester dengan dimensi stabil guna meredam kebisingan. Terdapat juga desain tapak multi-pitch dengan tambahan pola empat saluran yang dapat membantu mengurangi kebisingan yang dihasilkan gesekan ban.

Baca Juga:

Bridgestone Turanza

(Shutterstock)

Merek Bridgestone mempunyai salah satu tipe ban yang senyap. Wajar saja karena bahan ban mobil ini dibuat menggunakan bahan yang lebih empuk daripada ban pada umumnya.

Selain itu, tipe model grip ban yang mampu mereduksi tingkat kebisingan sehingga pengguna saat berkendara akan merasa lebih nyaman. Hal ini karena ban memiliki pola telapak dengan pitch variable yang menjadikan memiliki suaranya senyap.

Turanza juga memiliki performa yang sangat baik untuk melewati berbagai medan kering maupun basah. Terdapat pula fitur canggih berupa kompon Nano Pro Tech yang membuat ikatan polimer dan  silika menjadi lebih kuat.

Panas yang dihasilkan pun tidak terlalu banyak dan bisa mencegah kehilangan banyak energi saat mobil dikendarai.

Michelin Primacy 3 ST

(Shutterstock)

Ban mobil Michelin Primacy 3 ST merupakan salah satu merk ban mobil yang paling senyap. Ini karena Michelin menggunakan teknologi pengikat bernama interlocking yang terdapat di antara blok tapaknya.

Teknologi ini memiliki nama lain Silent Rib Generasi ke-2 dan dapat meredakan suara udara dari ban ketika mobil dikendarai. Menggunakan ban mobil merk ini dipastikan dapat menjaga kesenyapan di luar maupun dalam kabin sehingga perjalanan jauh lebih nyaman.

Michelin Primacy 3 ST ditaksir memiliki harga Rp1-1,2 jutaan per ban.

GT Radial Champiro

(Shutterstock)

Merk ban mobil yang paling senyap selanjutnya berasal dari produk lokal sendiri, yaitu GT Radial. Tipe Champiro LUXE dan Champiro HPY merupakan tipe ban dengan fitur low noise dan nyaman.

Tipe ban Champiro HPY  berukuran ring 16 sampai 20, sedangkan pada tipe LUXE hanya ada ukuran ring 16 saja. Selain senyap, ban mobil ini juga memiliki daya cengkeram dan traksi prima yang baik pada jalanan basah atau kering.

Caranya yakni menggunakan pola telapak asimetris. Selain itu, ban ini juga sangat relatif aman karena pengendaliannya stabil sampai sekarang.

Harga ban mobil GT Radial tipe HPY dan LUXE ini dibanderol mulai Rp750 ribu sampai Rp1,2 jutaan. Tidak terlalu mahal, bukan? Pastinya sepadan dengan kenyamanan yang dihasilkan.

Yokohama

(Shutterstock)

Merk ban mobil paling senyap berikutnya adalah keluaran Yokohama. Yokohama sendiri memiliki fitur Silent Shoulders dengan desain tapak simetris. Untuk perjalanan menuju perkotaan maupun medan yang susah ditembus, kesenyapan dari ban ini bisa diuji karena senyaman itu.

Apalagi, tingkat kesenyapan yang tinggi ini didukung juga dengan traksi, pengereman, dan cengkeraman yang aman dalam berkendara.

Kumho Ecsta HM KH31

(Shutterstock)

Ban ini  dikenal memiliki kenyamanan dan kesenyapan yang maksimal karena bisa seimbang baik dalam kondisi basah maupun kering. Teknologi terbaru dari Kumho ini menghadirkan pola tapak ban yang tahan lama dan handling yang responsif.

Tak hanya itu, penggunaan ban ini juga diklaim mampu meningkatkan stabilitas, kinerja hydroplaning, dan jelas cengkeraman kuat.

Ban ini juga memiliki blok multi-tone yang berfungsi mengurangi tingkat kebisingan pada mobil. Selain untuk kenyamanan berkendara jauh, mobil ini desain agar tahan lama dan cocok untuk mobil keluarga.

Demikian delapan merk ban mobil yang paling senyap. Kamu bisa memilih sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Baca Juga: Cara Mengganti Ban Mobil Serta Kapan Waktu untuk Menggantinya

Selain memperhatikan pemilihan ban demi kenyamanan berkendara, pastikan juga selalu merawat mobil untuk menjaga performa. Minimal kamu harus mencuci mobil agar debu tidak menumpuk di komponen dan membuat mobil cepat rusak.

Kalau tidak sempat cuci mobil sendiri, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil melalui Pinhome Home Service. Cukup dengan pesan jasa melalui aplikasi Pinhome, dan layanan cuci mobil bisa dilakukan di rumah kamu. Harganya mulai 60ribu saja tergantung di mana kamu tinggal. Klik di sini untuk coba.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.