BlogHome ServiceRelaksasiCara Jitu Memahami Customer ala Ibu Ratni
0
0

Cara Jitu Memahami Customer ala Ibu Ratni

Dipublikasikan oleh Omri Cristian

Des 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Customer adalah hal utama dalam keberlangsungan pekerjaan yang kamu lakukan. Sebagai rekan jasa, Ibu Ratni pun menganggap bahwa penting untuk bisa memahami karakter tiap customer.

Memahami customer memang keharusan dan nilai yang dipegang oleh beliau sejak lama. Oleh karena itu, Ibu Ratni terus berusaha menciptakan komunikasi dua arah yang baik. Ini dilakukannya agar kepuasan pelanggan bisa tercapai.

Bagaimana kisah Ibu Ratni mengenali tipe dan karakteristik pelanggan di Pinhome? Cerita menarik apa saja yang pernah beliau alami selama bergabung di Pinhome? Simak kisah inspiratifnya di bawah ini. 

Baca juga: Agus Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan

Berkenalan dengan Ibu Ratni

Ibu Siti Ratniasih atau yang akrab disapa Ibu Ratni telah bergabung di Pinhome sejak pertengahan Agustus 2022. Berdomisili di Tebet, beliau mengaku dimudahkan karena hampir selalu mendapatkan order di sekitar kediamannya

Ia juga membantu sang suami yang bekerja sebagai pengemudi ojek online. Sebagai ibu rumah tangga sekaligus rekan jasa Pinhome, Ibu Ratni bisa membagi waktunya dengan baik.

Beliau biasa memasak saat pagi dan aplikasi tetap diaktifkan agar bisa mendapatkan orderan. Bila pelanggan meminta datang lebih cepat, Ibu Ratni akan menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. 

Baca juga: Mudah! Ini Cara Memasang Kipas Angin Gantung

Pengalaman Bekerja di Spa

memahami customer
Source : Shutterstock

Sebelum menjadi Rekan Jasa Pinhome di layanan massage, Ibu Ratni pernah bekerja di spa hampir 10 tahun lamanya.  Ia memulai pekerjaan ini dari tahun 2007 sampai 2015.

Waktu yang panjang ini beliau gunakan untuk mendapatkan pengalaman kerja sebanyak-banyaknya.  Di sini, Ibu Ratni akhirnya bisa belajar massage secara otodidak. 

Bekerja di spa menurut Ibu Ratni sangat nyaman. Beliau bisa bekerja sambil berbincang dengan orang termasuk customer.  

Bergabung dengan Pinhome

Source : Shutterstock

Pada tahun 2022 akhirnya Ibu Ratni memilih bergabung di Pinhome. Ibu dua anak ini mulai mengenal Pinhome setelah dikenalkan dari grup teman-teman pekerjaannya dulu. 

Menurut beliau di antara aplikasi lain, Pinhome adalah aplikasi yang memiliki fitur terbaik. Ibu Ratni merasa dimudahkan karena aplikasi telah memuat informasi yang jelas, mulai dari gender, alamat dan lainnya.

Bukan hanya itu, baginyai fleksibilitas dalam bekerja di Pinhome sangat membantu. Berbeda dengan pekerjaan sebelumnya, Ibu Ratni mengaku tidak merasa terikat jam kerja.

Hal ini membuat ibu Ratni bisa membagi waktu dengan mudah antara pekerjaan rumah tangga dengan pekerjaan.

Baca juga: Ema Ingin Tampil Profesional Depan Customer

Memahami Keluhan dan Karakter Customer

memahami customer
Source : Shutterstock

Dalam sehari Ibu Ratni bisa melayani satu sampai dua orang. Jumlah ini meningkat menjadi tiga sampai lima orang saat di akhir pekan. Banyaknya customer yang beliau layani ini mengharuskan Ibu Ratni mampu melewati tantangan dan karakter customer yang beragam.

Melayani Setulus Hati

Pada saat bekerja, Ibu Ratni akan pergi berangkat diantar oleh sang suami. Namun, tidak jarang beliau juga berangkat seorang diri.

Dalam beberapa kesempatan, Ibu Ratni harus mengambil orderan yang berjarak jauh. Walaupun demikian, beliau tidak mau men-cancel customernya.

Ibu Ratni juga beberapa kali harus menembus hujan besar saat ingin mengambil orderan. Meskipun merasa kesulitan karena ojek online sulit ditemukan saat kondisi hujan, beliau tetap berusaha datang. Ini adalah wujud profesionalitas yang beliau pegang teguh.

Mengatasi Berbagai Keluhan

Source : Shutterstock

Salah satu pelanggan yang banyak dibantu oleh Ibu Ranti adalah dari kalangan pekerja. Umumnya, kelompok ini memiliki keluhan sakit punggung. Beliau akhirnya memberi pelayanan yang cukup lama di punggung untuk membantu para customer-nya ini. 

Bukan hanya memijat orang-orang yang ingin relaksasi, Ibu Ratni juga pernah memijat orang yang jatuh dari motor. Uniknya, beliau harus memijat pelanggan saat masih banyak bekas luka dan jahitan.

Walaupun sempat ragu, Ibu Ranti tetap berusaha memberikan layanan terbaik. Beliau berusaha tetap profesional memijat. Customer tersebut pun puas dengan layanan yang Ibu Ranti beri.

Tipe Customer dan Cara Melayaninya

memahami customer
Source : Shutterstock

Ada tipe customer yang ingin menikmati terapis sambil tidur. Beberapa tipe ini menurut Ibu Ratni harus memahami tipe atau karakter customer

Setidaknya terdapat dua tipe customer yang pernah Ibu Ratni jumpai: pelanggan yang menikmati pijatan sambil tidur dan pelanggan komunikatif. Tipe yang pertama biasanya sudah memberi tahu terlebih dahulu Ibu Ratni bila ingin dipijat sambil tidur.

Oleh karena itu, beliau baru mengajak berbincang ketika hampir selesai memijat. Menurutnya, ini bagian untuk menjaga kenyamanan pelanggan. Sedangkan untuk customer yang senang berbincang, tentunya Ibu Ratni siap menjadi pendengar yang baik.

Nah, memang (tipe pelanggan) beda-beda. Kita harus pintar mahamin aja gitu. Kita harus bisa lihat (karakter) ini customer-lah”, ujar Ibu Ratni.

Pada semua customernya Ibu Ratni selalu berpesan bahwa massage harus dilakukan rutin dalam sebulan sekali atau dua kali. Cara ini baik untuk merelaksasi otot yang tegang, terutama bagi mereka yang bekerja setiap hari. 

Baca juga: Niat Tulus, Motivasi Drajat Kerja dengan Maksimal

Harapan Ibu Ranti

Ibu Ratni menjadi contoh bahwa melayani dengan sepenuh hati bisa membuat customer puas dengan hasil yang diberikan. Beliau juga selalu mensyukuri apapun yang ada agar bisa terus menikmati pekerjaan yang dijalani.

Ia mengaku penghasilan dari Pinhome sudah membantu mencukupi kebutuhan keluarganya. Terakhir, Ibu Ratni berharap jumlah orderan bisa semakin baik agar Rekan Jasa seperti dirinya bisa membantu orang lebih banyak lagi.

Baca juga: Yulianti Unjuk Kegigihan Lewat Kinerja yang Profesional


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download