Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Ini Dia Manfaat Sampah Anorganik untuk Lingkungan
manfaat sampah anorganik
Kebersihan Rumah

Ini Dia Manfaat Sampah Anorganik untuk Lingkungan

  • 7 Jan, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Pins mungkin sering mendengar jika sampah anorganik butuh waktu hingga 500 tahun untuk terurai. Wah, bukankah ini buruk bagi kita dan lingkungan? Namun, sampah anorganik ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi lingkungan, lho

Sampah anorganik adalah limbah yang dihasilkan dari proses non-alami atau industri, misalnya botol plastik, sendok, hingga kaleng aluminium. Jenis limbah yang satu ini memerlukan waktu yang lama untuk terurai. 

Baca Juga:

Manfaat Sampah Anorganik

Limbah anorganik hanya mengambil sedikit atau tidak sama sekali peran dari mikroorganisme ketika proses dekomposisi. Walaupun demikian, sampah anorganik mempunyai fungsi yang mungkin tidak pernah Pins duga. Ini ulasannya!

Bisa Dipakai Kembali (reusable)

(Pexels)

Salah satu manfaat sampah anorganik yang berperan penting terhadap lingkungan adalah bisa digunakan kembali, alias reusable

Sebagai contoh, botol plastik merupakan limbah anorganik yang bisa dipakai untuk fungsi lainnya. Hanya saja, Pins perlu memilih botol plastik yang masih dalam kondisi baik, dibersihkan, dan digunakan sebagai pot tanaman. 

Ini juga berlaku ketika kamu hendak membuang gelas kaca. Pasalnya, gelas kaca menjadi limbah yang sulit terurai sehingga ada baiknya Pins mendaur ulang sampah ini. 

Berfungsi sebagai Media Tanam

manfaat sampah anorganik
(Pexels)

Mengingat sampah anorganik bisa digunakan kembali, Pins juga bisa mengubahnya sebagai media tanam. Maksudnya, botol atau gelas kaca yang sulit didaur ulang bisa Pins alih fungsikan sebagai pot atau vas bunga. 

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot membeli pot ketika hendak menanam tanaman. Plus, Pins bisa menghias botol atau gelas kaca bekas sesuai selera, bukan?

Barang Kerajinan Tangan

Selain botol atau gelas kaca, sampah anorganik lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu kemasan deterjen atau shampoo. Sampah plastik ini ternyata dapat kamu jadikan kearjinan tangan yang mempercantik sudut rumah. 

Misal, Pins bisa mengumpulkan sampah-sampah anorganik terlebih dulu. Ini memudahkan kamu mencari ide kerajinan tangan apa yang bisa dihasilkan dari limbah anorganik ini. 

Jangan lupa cuci benda-benda yang hendak dipakai. Bila perlu, rendam limbah yang dijadikan kerajinan tangan dengan air bersih, ya!

Baca Juga:

Mendapatkan Untung

(Pexels)

Meski manfaat sampah anorganik ini tidak langsung untuk lingkungan, setidaknya ini baik buat Pins! Hasil kerajinan tangan dari berbagai limbah tersebut tentu bisa kamu jual dengan harga yang masuk akal tentunya. 

Selain itu, Pins bisa mengumpulkan limbah anorganik untuk dibawa ke bank sampah atau pengepul barang bekas. Bank sampah dan pengepul barang bekas mungkin akan memberikan imbalan yang cocok dengan kondisi dan jumlah sampah yang dibawa. 

Bahan Biogas dan Listrik

Menariknya, sampah anorganik hasil dari rumah tangga bisa diolah menjadi bahan biogas dan listrik. Namun, pengelolaan limbah menjadi kedua bahan ini tentu membutuhkan riset dari ahlinya. 

Terlebih lagi, biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan biogas dan listrik pun cukup besar. Maka dari itu, manfaat sampah anorganik yang satu ini mungkin masih cukup panjang perjalannya untuk benar-benar bisa dinikmati, Pins. 

Sampah anorganik vs. organik

manfaat sampah anorganik
(Pexels)

Selain limbah anorganik, ada jenis sampah lainnya yang juga memberikan manfaat bagi lingkungan, yaitu sampah organik. Bagi Pins yang belum mengetahuinya, ada beberapa perbedaan antara kedua jenis limbah ini. 

Sebagian besar perbedaan sampah anorganik dan organik berasal dari sumber yang berbeda. Itu sebabnya, ada beberapa faktor yang membedakan keduanya. 

Sumber

Salah satu faktor yang menjadi pembeda antara sampah anorganik dan organik adalah sumbernya. Limbah organik dihasilkan dari organisme hidup, sementara sampah anorganik merupakan hasil campur tangan manusia atau organisme tidak hidup. 

Baca Juga:

Komposisi

(Wikimedia Commons)

Hal lainnya yang membuat manfaat sampah anorganik dan organik berbeda adalah komposisi di dalamnya. 

Sampah organik terdiri dari ikatan karbon, hidrogen, dan organisme yang pernah hidup. Di sisi lain, limbah kimia atau anorganik tidak punya jejak ikatan karbon di dalamnya sehingga tidak berasal dari zat yang hidup. 

Pengaruh oleh Panas

Mengingat komposisinya cukup berbeda, sampah organik bisa terpengaruh oleh panas saat terbakar secara alami. Sementara itu, limbah anorganik tidak terbakar dengan sendirinya. 

Tingkat Kelarutan dalam Air

manfaat sampah anorganik
(Pexels)

Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya membuat sampah organik tidak dapat membentuk garam. Namun, limbah anorganik bisa larut dalam air sehingga mudah membentuk garam, Pins. 

Baca Juga:

Kecepatan Laju Reaksi Kimia

Bila dilihat dari kecepatan laju reaksi kimianya, limbah organik menunjukkan laju reaksi yang lebih lambat dibandingkan sampah anorganik. Pasalnya, produk yang lebih kompleks terbentuk pada reaksi antara bahan organik. 

Setelah dilihat lagi, memang sampah organik terlihat lebih rumit dibandingkan anorganik. Ini karena komposisi keseluruhan sampah organik sehingga manfaat dampaknya antara keduanya terhadap lingkungan pun jadi berbeda. 

Tips Daur Ulang Sampah Anorganik

Sayangnya, manfaat sampah anorganik memang cenderung lebih sedikit dibandingkan dampaknya terhadap lingkungan. Oleh karena itu, semua limbah anorganik harus dibuang dengan metode ramah lingkungan. 

Pins bisa mendaur ulang limbah plastik ini sesuai aturan atau meminta pusat daur ulang pengelolaan sampah untuk menangani hal tersebut. 

Sebagai contoh, sampah anorganik seperti kaca, fiberglass, atau suku cadang aluminium bisa dikirim kembali ke manufaktur masing-masing. Umumnya, sebagian besar unit produksi menerima limbah ini sebagai bahan baku produksi berbagai produk. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Voi.id

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.