Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Manfaat Menyapu Lantai Selain untuk Kebersihan
manfaat menyapu
Kebersihan Rumah

8 Manfaat Menyapu Lantai Selain untuk Kebersihan

  • 19 Jul, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Selain menjaga kebersihan rumah, menyapu menawarkan segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Kegiatan bersih-bersih rumah ini mungkin tidak menyenangkan, tetapi sebenarnya baik untuk pikiran dan tubuh Pins, lho

Penasaran apa saja khasiat menyapu lantai yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Manfaat Menyapu Lantai

Menjaga kebersihan rumah dengan rutin menyapu lantai adalah kunci utama dari mendapatkan tubuh yang sehat. Bagaimana tidak, Pins tinggal di rumah yang terbebas dari debu dan kotoran yang menumpuk di lantai. 

Selain itu, Pins bisa menikmati manfaat menyapu lantai lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, terutama menurunkan berat badan. Ini penjelasan lengkapnya!

Membakar Kalori

cara menyapu rumah
(Unsplash)

Berolahraga di gym memang bisa membantu membentuk tubuh, tetapi ini tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika ingin membakar kalori dengan harga murah, Pins bisa menikmati manfaat dari menyapu lantai. 

Menyapu bisa membantu membakar kalori seperti yang Pins akukan di gym. Selain lebih sehat, rumah pun jauh lebih bersih dengan alternatif olahraga ini, bukan?

Baca Juga:

Membantu Menjaga Berat Badan

Pada saat membakar kalori, Pins bisa menjaga berat badan tetap terkendali. Pins mungkin cenderung makan lebih banyak dan bergerak lebih sedikit saat di rumah, khususnya selama akhir pekan. 

Kebiasaan tersebut mungkin bisa menaikkan berat badan. Sementara itu, menyapu lantai ternyata dapat menjadi jalan keluar dari mengurangi lemak perut. 

Pasalnya, beberapa orang menyapu dengan posisi kaki ditekuk. Ini dipercaya bisa membantu mengurangi lemak perut yang berlipat, lho

Menurunkan Stres

Sudah bukan rahasia lagi bila membersihkan rumah, termasuk menyapu, merupakan salah satu cara mengelola stres. Begini, seseorang yang tengah membereskan rumah ternyata dapat merasa lebih tenang dan tidak begitu stres. 

Hal tersebut terjadi karena Pins melihat lingkungan yang bersih dan rapi. Alhasil, otak menjadi lebih rileks dan membantu mengembalikan ketenangan kamu. Jadi, Pins bisa mulai bersih-bersih agar lebih rileks, ya. 

Mengelola Emosi

Alih-alih berteriak kepada seseorang saat marah, Pins ternyata bisa melampiaskan kemarahn dengan menyapu lantai. Cobalah mengeluarkan unek-unek dan emosi negatif tersebut dengan membasmi debu dan bakteri yang menempel di lantai. 

Uniknya, cara ini terbilang efektif untuk mengelola emosi yang muncul ketika marah. Sekarang, begitu ada keinginan untuk meneriaki seseorang, kamu bisa mengambil sapu atau vacuum cleaner untuk bersih-bersih. 

Baca Juga:

Meningkatkan Konsentrasi

Rumah yang berantakan dan kotor bisa mengalihkan perhatian hingga fokus kamu, termasuk ketika bekerja maupun belajar. Bersih-bersih rumah, seperti menyapu dan mengepel lantai, memberikan manfaat untuk menambah konsentrasi. 

Tunggu apa lagi, segera bereskan tumpukan debu dan kotoran yang ada di lantai. Dengan begitu, Pins bisa menjadi lebih produktif dibandingkan biasanya!

Membuat Rumah Lebih Awet

Setiap pemilik rumah pasti tahu kalau menyapu menjadi salah satu bagian dari langkah membuat rumah menjadi awet. Pasalnya, kamu bisa memastikan barang-barang, seperti karpet, untuk dibersihkan secara teratur ketika menyapu. 

Hal ini tentu menjadi cara terbaik memperpanjang masa umur rumah dan mencegah Pins mengeluarkan uang yang tidak perlu. 

Baca Juga: 7 Fungsi Vacuum Cleaner yang Sangat Membantu

Mencegah Infeksi dan Alergi

Umumnya, alergi dan infeksi muncul akibat kotoran dan debu yang membawa partikel berbahaya, seperti virus dan bakteri. Maka dari itu, menyapu memiliki manfaat untuk mencegah semua faktor di atas dan menjaga kesehatan tubuh. 

Bila memungkinkan, gunakan disinfektan yang memiliki aroma lemon atau lavender. Metode ini tidak hanya membersihkan rumah, tetapi juga meninggalkan aroma yang menenangkan dan menyegarkan untuk pikiran dan tubuh Pins. 

Merasa Mencapai Sesuatu

Walau terdengar sepele, banyak orang yang merasa mencapai sesuatu setelah menyapu dan mengepel lantai. Ini karena mereka merasa sudah mencoret salah satu tugas yang perlu dikerjakan hari itu dengan benar. 

Dengan melihat rumah yang bersih dan rapi, Pins merasakan kalau hal tersebut bisa terjadi karena keinginan untuk bersih-bersih. Hal tersebut juga bisa mendorong kamu untuk melanjutkan kebiasaan bersih-bersih di waktu mendatang. 

Seberapa Sering Rumah Harus Disapu?

manfaat menyapu

Setelah mengetahui apa saja manfaat menyapu, beberapa dari Pins mungkin bingung harus seberapa sering rumah disapu. Jawabannya tentu tergantung pada luas rumah dan jenis kekacauan yang kamu alami. 

Pins mungkin bisa menyapu dan mengepel satu kali seminggu ketika rumah jarang dihuni dan ventilasi tertutup rapat. Bagi mereka yang tinggal di sana setiap hari dengan pintu dan jendela terbuka mungkin bisa menyapu lantai sekali sehari. 

Selain itu, lantai kayu yang disegel maupun tidak jadi bahan pertimbangan lain. Pasalnya, salah satu dari opsi ini memerlukan tingkat perhatian yang berbeda. Maka dari itu, coba cek lagi bagaimana kebiasaan orang rumah dan rumah itu sendiri, ya. 

Intinya, menyapu memberikan rumah yang lebih bersih serta badan yang lebih sehat. Menyapu juga menawarkan rutinitas yang bisa dilakukan setiap hari agar Pins memiliki kegiatan, nih

Jika Pins ingin bersih maksimal, lakukan penyemprotan disinfektan rutin untuk rumah. Dengan begitu, kuman dan bakteri di udara sekitar hilang tak tersisa.

Pinhome Home Service menyediakan layanan Disinfectant Fogging yang bisa datang ke rumah. Untuk mencobanya, Pins bisa pesan melalui aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Karpet Secara Manual Tanpa Vacum Cleaner


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.