Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kenali Macam Macam Stiker Mobil di Sini Yuk!
macam-macam stiker mobil
Otomotif

Kenali Macam Macam Stiker Mobil di Sini Yuk!

  • 9 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Ada banyak cara untuk mempercantik tampilan kendaraan kesayanganmu. Salah satunya adalah dengan memasang macam macam stiker mobil.

Untuk melakukan pemasangan stiker, biasanya pemilik mobil menggunakan jasa pembuatan dan pemasangan cutting stiker. Adapun pilihan bahan maupun desainnya bermacam-macam dan bisa ditentukan sesuai selera serta tujuan dari pemasangan stiker itu sendiri

Tujuan Pemasangan Stiker Mobil

Sebetulnya beberapa pabrikan mobil sudah menempelkan stiker untuk kendaraan yang diproduksi. Selain menjadi identitas varian kendaraan, terkadang stiker mobil berupa identitas rumah modifikasi khusus kendaraan tersebut. Sebut saja Alpina dari BMW, AMG dari Mercedes-Benz, TRD Sportivo dari Toyota, dsb.

Tidak sedikit juga pemilik kendaraan yang kemudian menambahkan stiker mobil atau yang biasa disebut decal.

Tujuannya bermacam-macam, ada yang ingin mempercantik tampilan mobil agar mencerminkan karakter pemiliknya. Ada juga yang menempelkan stiker untuk tujuan promosi maupun sebagai identitas badan usaha.

Nah, apa saja macam-macam stiker mobil yang marak dipakai? Yuk, simak uraian berikut.

Macam Macam Jenis Stiker Mobil

Untuk pemasangan stiker mobil, ada beberapa bahan yang biasanya digunakan. Di antaranya yaitu:

Oracal

Kalau budget bukan masalah, stiker berbahan Oracal adalah pilihan terbaik. Pasalnya, di antara macam-macam stiker mobil, material ini terbilang berkualitas tinggi.

Stiker berteknologi dari Jerman ini dibuat dengan material yang kokoh, sehingga sangat baik untuk dipasang pada eksterior mobil. Warna stiker diklaim dapat bertahan hingga lima tahun meski terpapar sinar matahari atau air hujan. Awet banget, kan?

Pilihan warnanya juga beragam, baik yang glossy maupun matte (doff). Karakter material ini cenderung tidak memantulkan cahaya dan cukup lentur.

Jadi, ketika dilepas nantinya tidak akan membuat cat mobil di bawahnya ikut terkelupas.

Scotchlite

Di antara beragam stiker mobil yang beredar, material scothlite adalah yang paling marak dipakai. Wajar saja karena harganya murah dan paling banyak disediakan oleh jasa pembuatan dan pemasangan cutting stiker.

Stiker mobil jenis ini sering dijumpai pada kendaraan komersial seperti truk dan mobil pickup.

Karakter stiker scothlite adalah memantulkan cahaya ketika terpapar sinar. Selain itu, material ini lumayan tipis sehingga harus berhati-hati saat memasangnya agar tidak sobek.

Vinyl

Selain scothlite, stiker mobil berbahan vynil juga kerap jadi pilihan. Tersedia dalam varian glossy maupun doff, jenis stiker ini memiliki karakter lentur dan tidak mudah sobek.

Kendati tidak semurah scothlite, harga stiker jenis vynil masih terjangkau. Material ini juga kerap dipilih untuk membuat stiker iklan atau kebutuhan advertising lainnya.

Glitter

Buat kamu yang suka tampil beda dan berkilauan, stiker mobil bahan glitter bakal menarik perhatianmu. Di antara macam-macam stiker mobil, material glitter adalah yang paling cetar dengan kilau blink-blink yang memantulkan cahaya.

Untuk efek yang lebih maksimal, gunakan stiker ini pada area yang luas. Dijamin, semua mata akan tertuju pada mobil kesayanganmu.

Baca Juga: Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Carbon

Buat kamu yang suka tampilan sporty, stiker mobil berbahan carbon bisa jadi pilihan yang tepat. Stiker ini memberikan kesan bahwa komponen mobil terbuat dari bahan serat karbon yang biasanya dipakai pada sport car.

Sebetulnya harga material serat karbon sangat mahal karena karakternya kokoh tetapi ringan. Alhasil, kendaraan sport bisa melaju kencang dan memiliki performa tinggi.

Nah, kamu bisa mendapatkan kesan tangguh ini hanya dengan memasang stiker karbon. Umumnya, pemilik mobil memilih memasang stiker jenis ini pada bagian kap mesin, cover spion luar, dan bagasi.

Bahannya juga terbilang murah, tetapi cukup tebal sehingga tahan lama.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

D-Cifix dan Kodak Paper

Selain beberapa jenis stiker mobil di atas, sebagian orang masih memilih D-Cifix. Material ini sebetulnya lebih banyak digunakan pada stiker motor sebagai warna dasar.

Tujuan penggunaannya adalah sebagai lapisan dasar guna menutup warna asli dari pabrikan. Selain D-Cifix, material lainnya yang kerap digunakan adalah Kodak Paper untuk striping motor.

Nah, itulah macam-macam stiker mobil yang kerap disediakan oleh jasa pembuatan dan pemasangan cutting stiker. Kamu bisa memesan material maupun desainnya sesuai selera dan tergantung dari tujuan pemasangan stiker itu sendiri.

Yang perlu dipahami adalah bahwa pemasangan stiker ini akan menutup cat mobil. Jadi, ada baiknya memilih material stiker yang tidak akan merusak cat mobil ketika dilepas kemudian hari.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Tips Memilih Stiker Mobil

Agar tidak salah pilih, simak beberapa tips memilih stiker berikut ini:

Cek Kualitas Cat Mobil

Bukan tidak mungkin stiker mobil akan dilepas lagi suatu saat. Padahal, stiker yang telah terpasang akan melekat erat dan jika dilepas bisa mengelupas cat mobil. Hal ini bisa terjadi terutama jika permukaan mobil telah dicat ulang sebagian.

Namun, kalau cat mobil masih orisinal, maka akan aman saja untuk pemasangan stiker mobil.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Pilih Material yang Berkualitas

Untuk mobil kesayangan, pastikan kamu memilih yang terbaik. Pasalnya, stiker yang kualitasnya rendah bisa cepat rusak dan warnanya pudar sehingga merusak tampilan mobil.

Sebaliknya, stiker yang berkualitas akan tahan lama warnanya dan tidak akan melukai cat mobil ketika dilepas.

Lalu, seperti apa ciri stiker mobil yang berkualitas? Biasanya stiker yang bagus memiliki lem yang tidak berbau. Warnanya juga tampak cerah dan materialnya pun kuat.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Jangan Parkir di Tempat Terik

Paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka panjang dapat memudarkan warna stiker. Bahkan, warna asli mobil pun bisa pudar.

Akibatnya, setelah stiker dilepas, akan terlihat kontras sekali bekas stikernya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada tampilan tunggangan kesayanganmu.

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX

Hindari Air Bertekanan Tinggi

Semprotan air bertekanan tinggi pada saat mencuci mobil bisa membuat stiker terkelupas, terutama ujung-ujung stiker pada lipatan bodi. Karenanya, pastikan untuk mencuci mobil dengan semburan air bertekanan sedang.

Baca Juga: 9 Cara Melepas Stiker di Kaca Mobil yang Sudah Lama

Itulah beberapa tips pemilihan macam-macam stiker mobil. Pastikan juga untuk memperhatikan perawatannya, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Source Feature Image: Freepik