Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik 7 Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya
lampu kulkas mati
Elektronik

7 Penyebab Lampu Kulkas Mati dan Cara Memperbaikinya

  • 9 Jun, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Normalnya, setiap kulkas memiliki lampu di dalamnya untuk memudahkan Pins melihat isi lemari es. Bila lampu kulkas mati ketika dibuka, Pins perlu tahu apa saja penyebab dari masalah tersebut. 

Dengan begitu, kamu dapat memahami apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan guna memperbaiki masalah ini, ya. 

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Penyebab lampu kulkas tidak mau menyala cukup banyak. Hal ini bisa dipengaruhi oleh aliran listrik menuju kulkas atau bohlam di dalamnya hingga kerusakan pada saklar lampu. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Aliran Listrik Tidak Stabil

kulkas asi
Happy shopping photo created by fabrikasimf – www.freepik.com

Umumnya, lampu lemari es yang mati disebabkan oleh tidak adanya arus listrik yang mengalir. Pins bisa memeriksa apakah steker terhubung dengan benar ke stop kontak. 

Pins mungkin lupa steker sudah tercabut sehingga suplai daya ke lemari es pun berhenti. Bila ini menimbulkan masalah, segera sambungkan kembali steker ke stop kontak yang berfungsi dan lihat apakah lampu kulkas sudah menyala atau belum. 

Baca Juga:

Kerusakan pada Saklar Lampu

Kebanyakan kulkas, terutama keluaran terdahulu, mempunyai saklar yang beroperasi ketika pintu dibuka atau ditutup. Bila kulkas memiliki saklar atau tombol seperti itu dan lampu kulkas mati, coba periksa apakah saklar rusak atau tidak. 

Pins juga bisa memutus sambungan komponen dan memeriksa bagian tersebut secara terpisah. Bila saklar rusak atau tidak ada daya yang mengalir, Pins mungkin perlu memperbaiki atau mengganti bagian tersebut. 

Bohlam Lampu Mati

Jika bohlam lampu kulkas rusak, Pins bisa melihat bagian ini secara langsung. Bila kamu melihat ada kerusakan filamen pada bohlam, segera ganti. Jika tidak terlihat, Pins bisa menggunakan multimeter untuk memeriksa kontinuitas bohlam. 

Di sisi lain, penggunaan bohlam lampu yang sudah lama bisa merusak bohlam atau merusak soket. Jadi, pastikan kamu memeriksa bagian ini dengan teliti. 

Cara mengatasi lampu kulkas yang mati akibat bohlam lampu yang rusak tentu harus membeli yang baru. Pada saat membeli yang baru, pastikan kamu memilih bohlam yang mirip dengan yang dipakai di dalam lemari es. 

Bila perlu, bawa bohlam lampu kulkas yang lama ke toko ketika membeli bohlam baru, Pins. Dengan begitu, penjual bisa mencarikan bohlam yang cocok untuk lampu kulkas kamu. 

Baca Juga: Fungsi Lampu Kota (Clearence Light)

Tidak Ada Daya ke Soket Bohlam Lampu

penyebab kulkas tidak dingin
(Pexels)

Bohlam lampu kulkas biasanya disekrup ke dalam soket agar bisa menyala. Bila lampu tidak berfungsi, Pins mungkin perlu memeriksa tegangan pada soket. Jika tidak ada tegangan, kamu mungkin harus mengganti soket. 

Pins bisa memeriksa tanda-tanda kerusakan pada terminal yang menghambat liaran listrik, baik ke lampu maupun ke bohlam. Mengingat soket adalah rangkaian tegangan hidup, putuskan aliran listrik dengan mencabut steker sebelum memeriksa soket. 

Baca Juga: Yuk Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Motor Kompresor Bermasalah

Bila lampu kulkas bermasalah dan kabel masih berfungsidengan baik, coba periksa tabung kompresor kulkas. Pins bisa memeriksa komponen berbentuk tabung ini, apakah terasa ada getaran atau tidak. 

Jika masih bergetar, kompresor masih berfungsi secara normal. Bila tidak, motor kompresor berarti bermasalah dan mungkin berpengaruh terhadap lampu kulkas. 

Relay Tidak Berfungsi

Jika bola lampu dan kabel sudah diganti, lampu kulkas masih tida menyala, lihat apakah relay dalam kompresor berfungsi atau tidak. Cara memeriksa komponen ini cukup mudah, yaitu menggunakan obeng dan buka penutup di bagian samping kompresor. 

Jika sudah, lepaskan relay dari kompresor dan goyang-goyangkan alat tersebut. Bila terdegar suara aneh, relay mungkin sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru, Pins. 

Masalah Pada Papan Sirkuit (Circuit Board)

Papan sirkuit atau circuit board merupakan komponen lemari es yang terletak di panel kontrol. Komponen ini biasanya dibekali dengan sakelar buluh yang terkadang bisa gagal. 

Bila hal ini terjadi, lampu kulkas mungkin bisa mati atau tidak berfungis dengan baik. 

Tips Memilih Bohlam Lampu Kulkas

lampu kulkas mati

Seperti yang Pins tahu, lampu kulkas yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh bohlam yang rusak. Satu-satunya jalan untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti bohlam lampu lemari es. 

Jika ingin bohlam lampu awet, Pins bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini, ya. 

Perhatikan Bentuk Kaca Bohlam Lampu

Kebanyakan kulkas memiliki alas lampu berjenis A15. Selain itu, Pins perlu memperhatikan bentuk kaca bohlam lampu. Ini bertujuan agar lampu bisa dipasang di bawah penutup kulkas. 

Pahami Konsumsi Daya Listrik Bohlam

Normalnya, lampu kulkas memiliki konsumsi daya antara 10–40 watt. Sementara itu, kulkas dengan satu sumber cahaya mempunyai daya 15–40 watt. 

Bila kamu punya dua lampu kulkas, masing-masing bisa memakan daya sekitar 10–15 watt. Daya listrik lampu kulkas memang tidak begitu besar, tetapi setidaknya Pins bisa mulai menghemat dengan memilih kebutuhan yang tepat, ya. 

Bila melihat sesuatu yang tidak normal dengan kulkas kamu, Pins perlu memeriksa dan memperbaiki hal tersebut sesegera mungkin. Kulkas adalah alat elektronik yang besar dan bisa mengalami berbagai masalah seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, masalah kecil seperti lampu kulkas yang padam tidak segera diperbaiki mungkin bisa memicu masalah yang lebih besar. Akibatnya, Pins perlu merogoh kocek yang lebih dalam. 

Oleh sebab itu, Pins perlu melihat apa saja penyebab lampu kulkas mati dan hubungi profesional untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini membantu mencegah kerusakan jangka panjang yang mungkin bisa merusak kulkas sepenuhnya. 

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.