Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Kunci Motor Hilang? Jangan Khawatir, Lakukan Beberapa Hal Berikut
kunci motor hilang
Otomotif

Kunci Motor Hilang? Jangan Khawatir, Lakukan Beberapa Hal Berikut

  • 27 Dec, 2021 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Sudah seharusnya setiap orang yang punya kendaraan menyimpan kunci cadangan. Namun, ada kalanya kunci cadangan motor pun ikut hilang bagai ditelan bumi ketika kamu sedang membutuhkannya. 

Bagi Pins yang kehilangan kunci motor dan tidak bisa dipakai karena stang motor terkunci, tidak perlu mendapatkan kunci baru. Pasalnya, memesan kunci baru di ahli kunci tidak selalu mudah karena tegantung pada jenis motor dan kunci yang dimiliki. 

Baca Juga:

Tips saat Kunci Motor Hilang

Bila kamu tidak punya kunci yang bisa dipakai untuk membuka stang motor, ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Beberapa cara membuka kunci motor yang hilang ini mungkin membutuhkan kesabaran ekstra, tapi tidak ada salahnya mencoba. 

Jangan panik

Bila kunci motor kamu hilang, jangan panik. Ingat, kunci motor mungkin ada di mana saja. Pertama-tama, pikirkan dahulu kira-kira di mana terakhir kali Pins menaruhnya. 

Semakin awal kamu mencari, semakin besar kemungkinan untuk menemukan kunci tersebut. Bila kamu telah memeriksa semua tempat dan masih tidak menemukannya, tidak perlu khawatir. 

Ada berbagai cara yang bisa kamu coba untuk membuka kunci motor dengan stang yang terkunci. 

Pakai kunci cadangan

kunci motor hilang
(Pexels)

Berkat perkembangan teknologi saat ini, banyak sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan remot kontak atau Fob. Bila kunci motor yang dilengkapi fob hilang, motor tidak akan bisa menyala. 

Sementara itu, melepaskan fob membutuhkan pemasangan ulang kabel ke motor. Jadi, fob yang salah tempat mungkin membutuhkan derek agar bisa kembali kamu kendarai. 

Maka dari itu, usahakan Pins memberikan kunci fob cadangan kepada anggota rumah atau teman yang dapat dipercaya. Bila tidak memungkinkan, simpan di saku jaket yang jarang kamu tinggalkan ketika mengendarai motor. 

Walaupun demikian, tidak semua sepeda motor dilengkapi dengan remot kontak. Jika sepeda motor kamu belum memiliki fitur ini, ini akan jauh lebih sederhana untuk mengatasi masalah kunci yang hilang. 

Baca Juga:

Memanggil jasa tukang kunci

(Pexels)

Jika punya motor tanpa remot kontak, alias konvensional, kamu akan lebih mudah mendapatkan kunci yang baru. Umumnya, tukang kunci menggunakan kode silinder pengapian motor untuk membuat kunci baru. 

Pins juga masih memiliki opsi untuk memesan ulang kunci dari dealer lokal. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan VIN motor kamu. Untungnya, kunci motor konvensional yang paling mudah diganti dibandingkan yang dilengkapi dengan fob. 

Memakai smart keys

kunci motor hilang
(Pexels)

Smart keys merupakan jenis kunci yang hanya digunakan pada merk motor tertentu. Terlepas dari itu, kamu pasti tidak ingin smart keys ini hilang ketika kunci motor utama tidak ditemukan. 

Bagaimana tidak, ini menjadi satu-satunya kunci yang dapat memprogram ulang ECU motor. Artinya, kehilangan smart keys membuat Pins harus membayar ECU dan kunci baru. 

Baca Juga: Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Membongkar kunci sendiri

(Pexels)

Pada beberapa kasus, kunci motor yang hilang bisa diatasi dengan membongkar tempat untuk mencolokkan kunci di rumah. Cara ini bisa dilakukan jika Pins sangat terburu-buru dan tidak sempat memanggil tukang kunci ke rumah. 

Perlu diingat bahwa membongkar kunci sendiri sangat berisiko, ya. Pertama-tama, cobalah memotong kabel yang mengarah ke kunci. Lalu, sambungkan kedua kabel yang dipotong dan motor mungkin akan menyala. 

Jika urusan penting kamu sudah selesai, segera bawa motor ke dealer terdekat untuk dibuatkan kunci duplikat, ya. 

Cara mencegah kunci motor hilang

Kesulitan saat kunci motor hilang sebenernya dicegah, tetapi memang cukup sulit. Pasalnya, bentuk kunci motor cukup kecil sehingga rentan terselip di mana-mana. 

Untungnya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencegah terjadinya kehilangan kunci motor. 

Baca Juga:

Letakkan kunci di tempat yang mudah terlihat

kunci motor hilang
(Pexels)

Salah satu cara mencegah kunci motor hilang adalah meletakkannya di tempat yang mudah terlihat. Ini bisa berupa keranjang, pengait, rak, atau tempat yang menurut Pins tidak akan mengganggu kunci ketika barang lain ditaruh. 

Membiasakan diri seperti ini juga membantu kamu mengetahui dengan tepat di mana kunci motor disimpan.

Menjaga rumah tetap rapi 

(Pexels)

Langkah kedua yang perlu dilakukan agar kunci motor mudah ditemukan yaitu menjaga rumah tetap rapi. Barang-barang yang berantakan dan tidak terorganisir menciptakan lebih banyak ‘tempat persembunyian untuk kunci motor kamu. 

Sementara itu, rumah yang teratur memudahkan Pins menemukan barang-barang yang salah tempat, seperti kunci motor kamu. 

Buat catatan

Bagi Pins yang pelupa, mungkin sebaiknya buat catatan ketika harus meletakkan kunci motor di tempat yang tidak seharusnya. Sebagai contoh, kamu bisa tulis di kertas jika kunci motor diletakkan di meja samping tempat tidur. 

Cara ini memudahkan alam bawah sadar kamu untuk mengingat di mana terakhir kunci motor disimpan. 

Baca Juga:

Pakai gantungan kunci

kunci motor hilang
(Pexels)

Kunci motor yang hilang sebenarnya akan lebih mudah ditemukan dengan gantungan kunci yang besar pula. Beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan gantungan kunci, tetapi cara ini cukup ampuh untuk mencegah kehilangan kunci, lho

Gunakan pelacak bluetooth

Mencegah kunci yang hilang bisa dilakukan dengan menaruh pelacak bluetooth di bagian kunci yang tidak terlihat. Ukurannya pun tidak begitu besar dan Pins hanya tinggal mengunduh aplikasi yang nantinya terhubung dengan bluetooth kamu. 

Jika Pins kehilangan kunci, tinggal lihat aplikasi tersebut dan memantau di mana lokasi yang tepat kunci motor berada. 

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.