Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 5 Penyebab Kompresor Ac Mobil Mati Tapi Kipas Hidup
kompresor ac mobil mati tapi kipas hidup
Otomotif

5 Penyebab Kompresor Ac Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

  • 28 Jun, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Sering terjadi kerusakan umum kompresor AC mobil mati tapi kipas hidup? Normalnya, ketika kipas hidup, kinerja kompresor AC juga simultan bekerja. Padahal, kompresor AC mobil berguna untuk menyalakan freon agar sistem pendinginan AC berjalan dan bersirkulasi. Sebenarnya mirip dengan AC rumahan, bedanya AC mobil tidak memiliki unit outdoor

Seringnya kompresor AC tidak bekerja sehingga membuat suasana kabin mobil tidak nyaman karena pendinginan tidak menyala, tapi kipas bisa tetap hidup sehingga yang terasa hanya angin saja. Nah, memperhatikan komponen AC mobil juga dapat membantu mengatasi hal tersebut, Pins! Simak lebih lanjut yuk!

Baca Juga:

Penyebab Kompresor Ac Mobil Mati Tapi Kipas Hidup

kompresor ac mobil mati tapi kipas hidup
(Pexels/Kaboompics)

Jadi, apa kamu sering mengalami AC tidak bisa dinyalakan, mati secara tiba-tiba, AC hidup-mati dengan sendirinya, atau bahkan AC mati total? Bisa jadi karena kompresor AC mobilnya mati tapi kipas masih bisa tetap hidup dan faktor pemicunya, bisa jadi karena hal-hal di bawah ini.

Baca Juga:

V Belt AC Putus

V Belt atau yang sering disebut Fan Belt adalah komponen yang sama dan sangat penting dalam penyalur kompresor AC ke pendinginan. Fungsinya sendiri adalah menghubungkan pulley AC dan pulley crankshaft yang ada di mesin.

Cara kerjanya, putaran V Belt digunakan oleh puller kompresor untuk memutar pompa ketika mesin hidup. Tapi jika V Belt terputus, kompresor AC sudah pasti mati atau tidak berputar namun kipas masih tetap bisa menyala.

Pengecekan V Belt juga harus dilakukan berkala untuk menghindari keausan dan kerusakan. Namun jika memang telah putus atau rusak, solusi pertama dan terakhir memang harus menggantinya dengan yang baru.

Magnetic Clutch Terputus

Selain V Belt, Magnetic Clutch juga sebaiknya dicek karena komponen ini memiliki sekring yang menyalurkan listrik. Sekring magnetic clutch ini kerap terputus biasanya karena beban listrik yang terlalu besar melaluinya.

Posisi sekring magnetic clutch umumnya ada di dalam kotak atau box di dalam ruang mesin kendaraan. Jika sudah terputus, sama seperti V Belt, harus diganti dengan yang baru

Sekring & Relay AC Terputus

Sekring dan relay AC juga adalah komponen penting yang bisa menyebabkan AC serta kompresor mati jika terputus. Untuk sekring, tentu saja biasanya rusak karena ada masalah korsleting yang menyebabkan AC kehilangan tenaga untuk mengaktifkan putaran.

Sementara untuk relay AC, berguna untuk memompa arus listrik ke magnetic clutch. Jika relay AC putus, suplai arus listrik tidak bekerja dan menyebabkan AC mati total meski kipas masih bisa menyala. Itulah salah satu penyebab kompresor ac mobil mati tapi kipas hidup.

Baca Juga: Siklus Pendinginan Sistem AC Mobil

Suhu AC dan Tekanan Sensor Bermasalah

Perlu diketahui pula, AC memiliki sensor yang jika tekanan freonnya terlalu tinggi, bisa berdampak matinya magnetic clutch pula. Normalnya, pulley kompresor akan menyala berbarengan dengan AC yang menyala.

Namun jika sensornya bermasalah, magnetic clutch juga bisa mati seperti masalah di atas yang mengakibatkan AC tidak bekerja dengan baik. Untuk urusan yang satu ini, disarankan menyerahkan solusinya di bengkel profesional atau bengkel bawaan dan yang disarankan oleh merk atau pabrikan mobil itu sendiri. Teknisinya juga sebaiknya yang berpengalaman dalam perbaikan AC mobil.

Masalah Pada Oli dan Freon

Untuk freon tentu memiliki efek terdekat dengan matinya kompresor AC karena masih dalam lingkup sistem yang sama. Diakrenakan freon bekerja sebagai sirkulasi, jika freon kurang atau bocor akan membuat AC tidak dingin dan kompresor mati.

Namun bagaimana dengan oli? Ternyata oli yang kurang atau bahkan habis juga membuat kinerja kompresor AC bermasalah. Apalagi jika ada kebocoran pada bagian AC dan oli menipis, tidak ada daya yang masuk sehingga kompresor juga akan terganggu sistemnya.

Baca Juga:

Bagaimana Menjaga Kompresor AC agar Tidak Mudah Rusak?

(Quora)

Selain masalah di atas, ada baiknya kebersihan di setiap komponen mobil juga diperhatikan. Meski sulit dan bersifat sangat detail, komponen-komponen dalam mobil memiliki peran penting dalam kesinambungan tenaga, daya dan kinerja mesin atau komponen satu dengan yang lainnya.

Contohnya, jika evaporator kotor, kompresor juga tidak bekerja dengan baik karena evaporator memiliki fungsi penyaring udara ketika berhembus. Hal ini biasanya karena udara yang dikeluarkan ke kabin mobil melalui evaporator ditahan oleh debu dan kotoran sehingga sirkulasi udara tidak baik.

Selain evaporator, ada juga komponen cooling fan yang memiliki fungsi membuang panas yang dihasilkan oleh kondensor. Tentu kabin dalam mobil yang tadinya dingin akan berkurang dinginnya, bahkan menjadi panas. Jika hal ini didiamkan, AC mobil bisa overheating sehingga bisa merembet ke masalah komponen lain yang lebih parah.

Nah, jika AC mobil mengalami kendala dan dideteksi karena hal-hal di atas, harus cepat dilakukan tindakan dan bawa mobil ke bengkel yang sebaiknya profesional. Tidak hanya sekedar mengganti komponen yang rusak dengan yang baru, tapi teknisi seharusnya bisa menganalisa masalah lanjutan yang bisa terjadi ataupun tindakan pencegahan agar tidak berkembang ke masalah lainnya yang awalnya karena kompresor AC bermasalah.

Umumnya, masalah komponen-komponen di atas tidak bisa hanya sekedar disesuaikan atau dibersihkan melainkan langsung diganti baru. Selain itu, pilih juga bengkel yang memang menyediakan perlengkapan dan peralatan yang memadai selama proses perbaikan dilakukan. Hal tersebut dikarenakan, komponen resmi dan kualitas yang baik juga pasti mempengaruhi kinerjanya nanti ya, Pins. Selamat mencoba!

Nah, bila sudah memperbaiki komponen yang menyebabkan kompresor ac mobil mati tapi kipas hidup, kini saatnya membuat tampilan luar mobil milik kamu mempesona. Layanan cuci mobil dari Pinhome Home Service bisa membantu kamu mewujudkannya. Gunakan aplikasi Pinhome dan klik disini untuk memesannya ya!

Featured Image Source: Freepik/diana.grytsku


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.