Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Jangan Sampai Keliru, Ini Dia Kode Sparepart Yamaha Original
Otomotif

Jangan Sampai Keliru, Ini Dia Kode Sparepart Yamaha Original

  • 25 Jan, 2023 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Pamor motor dari produsen Yamaha memang cukup tinggi beberapa tahun belakangan ini. Apalagi setelah hadirnya Nmax yang cukup booming di pasaran. Sebagai pengguna motor dari pabrikan ini Pins wajib tahu kode sparepart Yamaha original.

Dengan begitu bisa terhindari dari penipuan sparepart palsu yang marak beredar. Apalagi sparepart motor Yamaha sebenarnya memiliki ciri tertentu sebagai penanda keaslian produknya.

Kode Sparepart Yamaha Original

(Gridoto)

Kode sparepart Yamaha original adalah kode yang dikeluarkan oleh YGP yakni singkatan dari Yamaha Genuine Parts. YGP merupakan suku cadang asli dari pabrikan Yamaha. 

Suku cadang yang disediakannya antara lain filter oli, saringan udara, gear, rantai set, drive belts dan v-belt. Keunggulan dari Yamaha Genuine Parts selain merupakan produk 100% Yamaha adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki keandalan tinggi karena hanya tersedia dari pabrikan, diproduksi serta diperiksa dengan standar kualitas produk Yamaha. Yamaha Genuine Parts melalui tahapan evaluasi dan kualitas kontrol yang ketat
  2. Produknya mampu mengoptimalkan performa karena dirancang oleh development engineer Yamaha yang paham betul seluk beluk tiap motor Yamaha. Setiap suku cadangnya disetel dengan cermat guna memaksimalkan potensi setiap model serta melalui evaluasi sensorik oleh test rider berpengalaman
  3. Yamaha Genuine Parts mengirimkan produknya ke dealer Yamaha yang ada di seluruh dunia melalui jaringan terpusat di Global Parts Center di Jepang. Dealer Yamaha memegang teknisi YTA bersertifikat dengan suku cadang yang mampu meningkatkan performa kendaraan

Baca juga:

Perbedaan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

(Pexels)

Untuk menghindari produk Yamaha yang palsu di pasaran pabrikan telah melengkapi suku cadangnya dengan penanda. Baik dalam bentuk kode sparepart Yamaha original dalam bentuk angka yang bisa dicek dalam katalognya. Adapun perbedaannya lainnya bisa pula Pins simak dalam poin berikut:

Tulisan Genuine

Setiap sparepart Yamaha memiliki ciri khas atas keoriginalistasnya yaknya tulisan Genuine. Tulisan ini dirancang khusus agar tidak bisa dipalsukan oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

Ketika tulisan Genuine disorot dengan senter ultraviolet (UV) maka akan menyala seperti pada uang kertas. Pada suku cadang palsu tulisan ini tidak akan menyala saat disorot lampu.

Ada Kode Tiap Suku Cadang

Setiap sparepart memiliki kode tertentu yang bisa dicek dalam katalog Yamaha. Kode ini berbeda satu dengan lainnya sehingga tidak mudah untuk dipalsukan begitu saja. Anda juga bisa mengecek kode ini secara mandiri lewat ponsel.

Harga Kompetitif

Harga yang ditawarkan pada suku cadang palsu relatif lebih rendah daripada aslinya. Suku cadang asli memiliki harga yang seragam dari dealer manapun Pins membelinya. Oleh karena itu jangan mudah tergiur akan harga yang murah karena mampu merugikan Pins di kemudian hari.

Cara Cek Kode Sparepart Yamaha Original 

(Pexels)

Untuk mengecek kode sparepart Yamaha original sebenarnya sudah disediakan aplikasi khusus. Pins bisa menginstal aplikasi ini di ponsel dan mengecek kode suku cadang serta mendapatkan informasi lengkap terkait komponen yang dicari.

  1. Pertama-tama unduh dulu aplikasi YAMAHA PartsCatalogue IDN di Google Playstore. Setelah itu instal aplikasi dan klik icon aplikasi pada layar ponsel
  2. Setelah masuk ke beranda Pins bisa diarahkan ke menu sepeda motor untuk melakukan pencarian berdasarkan kapasitas mesin, nama model dan tahun model kendaraan bermotor tersebut
  3. Setelah itu tinggal tekan model yang sesuai untuk melihat informasi kendaraan bermotor. Untuk menu suku cadang juga disediakan gambar komponen secara mendetail
  4. Setiap part akan dilengkapi nomor dan untuk mengetahui komponen tersebut tinggal klik saja bagian yang dicari
  5. Nantinya akan muncul nama park beserta kode nomor suku cadang termasuk harga ecerannya

Baca juga:

Cara Pesan Sparepart Yamaha

(Pexels)

Untuk memesan sparepart Yamaha kini semakin mudah. Selain dari bengkel asli Pins juga bisa membelinya melalui toko online resmi Yamaha. Yamaha Genuine Parts telah hadir diberbagai e-commerce sejak 2021 silam.

Pins bisa memesan lewat official store di Lazada, Bukalapak, JD.ID, Shopee, Tokopedia, Blibli bahkan Monotaro. Adapula pemesanan suku cadang lewat ponsel dengan mengikuti langkah di bawah ini!

  1. Unduh aplikasi dan instal YPEC IDN di Google Playstore maupun App store
  2. Gunakan kolom pencarian suku cadang untuk menemukan sparepart yang Pins butuhkan
  3. Setelah itu klik sparepart tersebut kemudian cek harga lalu ikuti instruksi pembayarannya. Sertakan alamat lengkap serta nomor ponsel untuk memudahkan kurir mengantar pesanan hingga ke tujuan

Baca juga:

Kesimpulan

Pemesanan suku cadang Yamaha bisa dilakukan lewat dealer, bengkel resmi, official store toko hingga aplikasi khusus. Dalam mengecek setiap keaslian suku cadangnya bisa memasukan kode sparepart ke aplikasi YAMAHA PartsCatalogue IDN.

Aplikasi ini bisa Pins unduh lewat Google Playstore atau App store. Suku cadang Yamaha memiliki merek Yamaha Genuine Parts yang setiap produknya dilengkapi tulisan Genuine.

Genuine ini ketika disorot lampu UV akan menyala sehingga digunakan pula sebagai penanda produk asli. Harganya juga kompetitif dan memiliki proses pembuatan dan evaluasi khusus.

Selain mengecek kode sparepart Yamaha original, jangan lupa untuk melihat tulisan Genuine di bawah sorot lampu UV. Beli produk Yamaha di toko dan bengkel resmi untuk menghindari penipuan suku cadang.

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah