Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Niat Tulus, Motivasi Drajat Kerja dengan Maksimal
Elektronik

Niat Tulus, Motivasi Drajat Kerja dengan Maksimal

  • 15 Nov, 2022 oleh Omri Christian
  • 5 menit membaca

Mungkin masih sering ditemukan orang yang bekerja dengan setengah hati dan menganggap pekerjaan dilakukan hanya untuk menggugurkan kewajiban semata. Padahal, seharusnya dalam menunaikan pekerjaan perlu niat yang tulus dan motivasi kerja tinggi. 

Ketulusan dalam bekerja bisa dimaknai sebagai kerja dengan motivasi dan semangat, tidak mengeluh dan memberi energi positif kepada sekitar. Pelajaran ini yang disampaikan Pak Drajat agar tidak mengecewakan para customer-nya. 

Lalu, bagaimana niat tulus Pak Drajat membawa berkah yang lebih? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ema Ingin Tampil Profesional Depan Customer

Berkenalan dengan Pak Drajat

Pak Drajat Luhur atau yang akrab disapa dengan Pak Ajat merupakan seorang Rekan Jasa Pinhome di bidang service dan pasang AC. Beliau telah bergabung di Pinhome hampir tiga bulan.

Saat ini, Pak Drajat tinggal di Griya Indah Serpong, Gunung Sindur. Ketiga anaknya menjadi alasan beliau terus bekerja dengan keras.

Pengetahuannya seputar AC pertama kali didapatkan saat Pak Drajat diajak temannya untuk mengerjakan suatu project bersama. Pekerjaan ini mengharuskan beliau memperbaiki kulkas dan AC dengan target per hari minimal  memperbaiki 20 unit.

Dari titik ini, Pak Drajat memiliki motivasi dan rasa penasaran tinggi untuk menggali lebih jauh seputar kerja dan reparasi AC.

Baca juga: Yulianti Unjuk Kegigihan Lewat Kinerja yang Profesional

Cerita dalam Memberikan Layanan Terbaik

motivasi kerja
(Pricebook)

Walaupun terbilang baru, Pak Drajat mengaku sudah menikmati bekerja di Pinhome Home Service. Selain karena mendapatkan bonus, kenyamanan bekerja juga dikarenakan ia selalu mendapat customer terdekat.

Dengan jarak paling lambat sampai satu jam, ayah tiga anak ini merasa dimudahkan untuk memberikan pelayanan prima kepada semua customer.

Membagi Waktu dengan Baik

Walaupun memiliki pekerjaan yang lain, Pak Drajat bisa membagi dalam bekerja sebagai Rekan Jasa. Menurutnya, dengan rangkap pekerjaan bukan berarti Pak Drajat tidak bisa fokus mengerjakan keduanya.

Menurutnya waktu yang fleksibel ini justru menguntungkan dan membuka pintu rezeki yang lebih bagi keluarganya. Semua pekerjaan tersebut dijalani Pak Drajat untuk bisa memenuhi kebutuhan keluarga. 

Kendala yang Dihadapi

Dalam satu hari, Pak Drajat bisa mendapatkan 4 hari customer, baik di rumah maupun apartemen. Namun demikian, untuk melakukan perawatan AC di seputar Jakarta beliau mengalami kendala tersendiri.

Menurut Pak Drajat, pembuatan surat jalan agak lambat di Jakarta. Hal ini sangat berbeda dengan di tempat-tempat lain. Namun, hambatan tersebut tidak menghentikan semangat beliau dalam bekerja. Beliau menganggap sebagai risiko pekerjaan yang harus dituntaskan.

Baca juga: Mudah! Ini Cara Memasang Kipas Angin Gantung

Bekerja dengan Niat Tulus

(Climate Experts)

Bergabung sebagai Rekan Jasa Pinhome bukan pekerjaan pertama Pak Drajat. Sebelumnya, beliau pernah menjadi sales di beberapa perusahaan otomotif ternama.

Namun kemudian Pak Drajat memutuskan untuk mengganti pekerjaan. Beliau mengaku bahwa bekerja sebagai sales bisa mendatangkan uang dengan relatif mudah. Namun, baginya hal ini juga yang membuat uang tersebut lebih cepat habis.

“Menurut saya, lebih berkah agak cape, sama seperti kata orang tua”, tutur Pak Drajat.

Bagi Pak Drajat, pekerjaan lain yang dikerjakan dengan lebih kerja keras walaupun lebih sedikit hasilnya masih ada sisanya.

Niat Membantu Sesama

Selain itu, terdapat alasan khusus mengapa Pak Drajat lebih nyaman bekerja seperti sekarang ini. Bagi Pak Drajat bekerja di Pinhome Home Service adalah pekerjaan yang membantu orang banyak.

Tidak sedikit yang belum banyak mengetahui sepenuhnya mengenai AC. Oleh karena itu, Pak Drajat sangat senang bisa mengedukasi para customernya untuk memahami hal-hal seputar AC. 

Dalam mengedukasi para customer, tidak jarang Pak Drajat menggunakan perumpamaan agar lebih mudah dimengerti. Misalnya untuk kasus freon terlalu penuh, Pak Drajat mengibaratkannya seperti pelari yang membawa beban terlalu berat hingga sulit mencapai garis akhir.

Sedangkan untuk freon yang kurang, Pak Drajat mengibaratkan orang yang lari kencang namun tidak membawa barang yang seharusnya dibawa, sehingga harus kembali dan lari lagi.

Memberikan yang Terbaik

motivasi kerja
(Husky Heating)

Pak Drajat berpesan bahwa seorang Rekan Jasa harus bisa beradaptasi, cakap dalam komunikasi, serta mengerti kebutuhan customer. Tidak hanya itu, dedikasi beliau dalam pekerjaan juga tidak main-main.

Apabila waktu sedang senggang, tidak jarang Pak Drajat memberikan layanan lebih kepada customernya. Misalnya, apabila telah mencuci AC,  terkadang beliau menyediakan diri untuk membersihkan kotoran yang menempel hingga bersih. 

Pak Drajat pun tidak selalu bekerja seorang diri, tergantung jumlah unit yang sedang dikerjakan. Apabila sedang mengerjakan lebih dari tiga unit, biasanya beliau bekerja dengan temannya. Namun seperti apapun kondisinya, Pak Drajat tetap berusaha maksimal maintenance customer agar puas. 

Baca juga: Agus Selalu Mau Belajar dan Menjawab Tantangan

Pesan dan Harapan

Bagi Pak Drajat, anak-anak menjadi motivasi ia kerja dengan sungguh-sungguh. Ia ingin terus mendapatkan pekerjaan yang membawa berkah bagi dirinya dan keluarganya.

Meskipun terbilang baru, hasil dari pekerjaannya sudah lumayan membantu memenuhi kebutuhan. Dari penghasilan di Pinhome, Pak Drajat dan Istri kini berencana untuk merintis usaha peternakan ayam di rumah. Sampai saat ini, sebagian perlengkapan sudah dibeli Pak Drajat untuk bisa merealisasikan rencananya dengan isteri.

Terakhir, Pak Drajat berpesan untuk Pinhome Home Service untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Hal tersebut diperlukan agar Rekan Jasa bisa membantu lebih banyak orang lagi.


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.