Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Cerita Jagoan: Kejujuran Kunci Kesuksesan Yeyen
Cerita Jagoan: Kejujuran Kunci Kesuksesan Yeyen
Kebersihan Rumah

Cerita Jagoan: Kejujuran Kunci Kesuksesan Yeyen

  • 22 Aug, 2022 oleh Bryan Dharmanta
  • 5 menit membaca

Dalam bekerja, seringkali manusia dihadapkan pada situasi yang sulit. Banyaknya godaan dan cobaan selalu ada dan siap untuk menjatuhkan kita. Oleh karena itu, sebagai pekerja, diperlukan hati yang jujur serta integritas yang tinggi. Semua itu ada dalam Yeyen Ernawati.

Dalam edisi Cerita Jagoan kali ini, Ibu Yeyen berbagi kisah seputar pengalamannya menjadi Rekan Jasa Pinhome. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Baca juga: Cerita Jagoan: Halal dan Jujur jadi Kunci Utama Kerja Bu Risma

Piawai Menyeimbangi Keluarga dan Pekerjaan

(Oh My Baby Brain)

Perkenalkan Ibu Yeyen Ernawati. Kerap disapa Yeyen, ibu 5 anak ini berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur, dan merupakan salah satu Rekan Jasa yang sudah bergabung semenjak Pinhome didirikan.

Sebelum menjadi Rekan Jasa Pinhome, Ibu Yeyen juga terafiliasi sebagai petugas kebersihan pada penyedia jasa online. Namun, kegiatan itu harus terhenti karena pandemi. Hal ini dimanfaatkan juga oleh Ibu Yeyen untuk beristirahat sejenak untuk mengurus keluarga selama kurang lebih 1 atau 2 bulan.

Manajemen dari pihak perusahaan sebelumnya kemudian menghubungi Ibu Yeyen terkait lowongan menjadi Rekan Jasa Pinhome dan akhirnya memutuskan untuk bergabung.

Ibu Yeyen merasa dapat membagi waktu antara mengurus keluarga dan bekerja karena menjadi Rekan Jasa Pinhome tidak terlalu memakan waktu. Ditambah lagi memiliki anak kecil yang masih menyusui, Ibu Yeyen merasa cocok dengan sistem bekerja seperti ini.

Cermat Bekerja dengan Analisis Kondisi Ruang

Rekan Jasa Pinhome dipesan dengan menggunakan sistem durasi waktu, namun, seringkali karena ukuran rumah yang besar dapat membuat proses pembersihan menjadi lebih lama dari waktu yang di pesan.

Menurut protokol dan pelatihan yang didapat, memang sudah ada perkiraan alokasi waktu dalam membersihkan sebuah ruangan. “Tapi, teori dan praktik rupanya berbeda!”, ucap Ibu Yeyen.

Untuk menghindari problema seperti ini, Ibu Yeyen akan menganalisis terlebih dahulu rumah customer yang akan dikerjakannya. Mulai dari jumlah ruangan, ukuran ruangan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan Ibu Yeyen untuk mengestimasi apakah waktu yang dipesan oleh customer cukup atau tidak.

Jika dirasa waktu yang dipesan tidak cukup akibat rumah yang terlampau besar, atau permintaan customer yang terlalu mendetail, Ibu Yeyen akan menginformasikan hal ini dan menghimbau customer untuk memesan durasi yang lebih panjang agar semua bagian rumah dapat terjamah dan dibersihkan oleh Ibu Yeyen.

Kinerja Baik Banjir Favorit

Pins, apakah kamu tahu, kalau dalam aplikasi Rekan Jasa Pinhome ada fitur favorit yang memperbolehkan kamu untuk memesan Rekan Jasa tertentu? Hal ini bisa Pins terapkan jika semisalnya puas dengan kinerja daripada Rekan Jasa dan ingin memesan jasanya lagi.

Oleh karena kinerja Ibu Yeyen yang baik, seringkali banyak customer puas sehingga menjadikan Ibu Yeyen sebagai favorit. Ibu Yeyen juga tidak pernah pelit untuk berbagi ilmu bagi para customer untuk memanfaatkan fitur ini.

Kinerja baik Ibu Yeyen juga terbukti dari efisiensi dan efektivitas waktu yang beliau gunakan. Seringkali Ibu Yeyen memiliki sisa waktu, namun pekerjaan sudah selesai. Puas akan kinerja Ibu Yeyen, alhasil customer memberikan tips bagi Ibu Yeyen, dan beliau bisa pulang lebih cepat.

Kiat Membersihkan Rumah ala Ibu Yeyen

(Moving.com)

Ibu Yeyen ternyata memiliki protokol dalam membersihkan rumah. Hal ini diterapkan agar dapat membersihkan rumah dengan baik dan memanfaatkan waktu secara efisien. Kiat-kiat ini didapat oleh Ibu Yeyen dari saat masih tergabung dalam pelatihan, lho!

Menurut Ibu Yeyen, dalam membersihkan sebuah ruangan, hendaknya dimulai dari bagian atas menuju bawah. Beberapa tips yang dibagikan oleh Ibu Yeyen:

  • Pada bagian atas, bersihkan debu-debu dan kotoran seperti sarang laba-laba dan debu yang menumpuk pada atas lemari
  • Pada bagian tengah, bersihkan perabotan seperti lemari, cermin, dan meja dengan di lap
  • Pada bagian lantai, bersihkan dengan sapu dan pel

Urutan membersihkan ruangan pun tidak boleh sembarangan. Menurut Ibu Yeyen, lebih baik mulai membersihkan dari kamar-kamar. Kamar mandi sebaiknya dibersihkan paling terakhir karena merupakan bagian ruangan yang paling kotor. Hal ini dilakukan untuk mencegah kotoran tersebar ke ruangan lainnya.

Baca juga: Banting Tulang Demi Menyekolahkan Anak

Kejujuran Prinsip Utama Dalam Bekerja

“Saya itu selalu mengutamakan kejujuran. Kejujuran itu nomor satu!”

ungkap Ibu Yeyen saat ditanya mengenai prinsip kerja beliau.

Menurut Ibu Yeyen, menjadi pekerja yang baik harus diawali dengan kejujuran serta kedisiplinan. Kedua hal ini diterapkan oleh Ibu Yeyen selama beliau bekerja dengan hadir tepat waktu, mengkomunikasikan kendala yang ditemui dan menemukan solusi bersama customer, dan menjaga integritas diri.

Ibu Yeyen juga selalu cermat dalam memperhatikan waktu. Jika sudah menerima pesanan, beliau akan memperkirakan antara estimasi waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan dan waktu untuk mempersiapkan peralatan. Alhasil, Ibu Yeyen dapat datang dengan tepat waktu dengan peralatan lengkap dan tidak terburu-buru.

Bisa Beli Motor Bekas

Ibu Yeyen sudah bekerja sebagai Rekan Jasa Pinhome untuk waktu yang cukup lama. Beliau juga sudah merasakan banyak manfaat yang didapat dan berdampak pada kehidupan keluarganya.

Sebagai Ibu 5 anak, menjadi Rekan Jasa Pinhome sangat membantu meringankan beban perekonomian rumah. Ditambah lagi dengan suami yang bekerja serabutan, Ibu Yeyen dapat memberikan kontribusi dan membantu menghidupi keluarga.

Ibu Yeyen juga mengaku dapat membantu membiayai sekolah anak-anaknya yang SMP, SD, dan TK. Selain itu, beliau dapat juga membeli motor bekas untuk anaknya berangkat ke sekolah.

Pesan untuk Anak

(The List)

Sebagai seorang Ibu, besar harapan untuk anak-anaknya dapat menjadi orang-orang sukses dan memiliki hati yang baik. Beberapa prinsip kehidupan yang ditanamkan oleh Ibu Yeyen kepada anak-anaknya antara lain:

  • Selalu bersyukur dalam semua keadaan, baik itu senang dan susah.
  • Kejujuran dan kedisiplinan itu penting
  • Tidak semua yang diinginkan dapat dikabulkan. Oleh karena itu, jadilah orang yang penyabar dan teruslah berjuang agar apa yang diinginkan dapat tercapai

Nah, itulah sedikit cerita inspirasional dari Ibu Yeyen Ernawati, Rekan Jasa Pinhome dari Sidoarjo. Tetap sehat, sukses selalu, dan semoga dilancarkan rezekinya ya, bu!

Baca juga: Cerita Jagoan: Yulianti Unjuk Kegigihan Lewat Kinerja yang Profesional


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.