Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 12 Jenis-Jenis Tang Sebagai Alat Bengkel Otomotif
Otomotif

12 Jenis-Jenis Tang Sebagai Alat Bengkel Otomotif

  • 7 Aug, 2019 oleh Omri Christian
  • 4 menit membaca

Salah satu alat bengkel yang sering digunakan adalah tang, atau kalau dalam bahasa inggris dikenal dengan “Pliers“. Jenis-jenis tang pun terbilang cukup banyak. Beberapa macam tang yang paling umum digunakan misalnya tang kombinasi, tang potong, tang lancip, tang snapring dan tang betet.

Lalu, apa jenis tang lainnya? Simak jawabannya di bawah ini ya Pins.

Baca juga: Perkiraan 11 Biaya Service Mobil Honda di Bengkel Resmi

Jenis-Jenis Tang

Selain macam tang di atas, masih terdapat macam-macam tang yang lain yang mungkin kita masih belum familiar, maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya share tentang jenis-jenis tang yang merupakan alat-alat bengkel otomotif.

Tang Kombinasi (Combination Pilers)

jenis-jenis tang
(bisaotomotif)

Sesuai dengan namanya tang ini memiliki berbagai kombinasi fungsi (multi fungsi), seperti digunakan untuk menjepit sesuatu benda seperti pelat atau batang yang relatif kecil dan juga berfungsi untuk memotong kabel atau kawat berdiameter kecil.  

Tang Potong

jenis-jenis tang
(bisaotomotif)

Digunakan untuk memotong kawat atau membuka selabung kabel. Fungsi lainnya adalah berfungsi untuk mengeluarkan pen koter (spopen).  

Tang Lancip (Tang Long Nose)

jenis-jenis tang
(bisaotomotif)

Tang lancip berfungsi untuk memegang atau menjepit komponen yang posisinya sulit dijangkau (lubang kecil/dalam) oleh tang kombinasi.  

Tang Betet (vice grip)

jenis-jenis tang
(bisaotomotif)

Vice grip berfungsi untuk memegang atau menjepit benda kerja dan dapat untuk memegang kuat pada mur/kepala baut yang sudah tidak dapat diputar oleh kunci pas, ring atau kunci shock.

Baca juga: Intip Kisaran Harga Service Motor Honda Sebelum ke Bengkel

Tang Pembuka Snapring

jenis-jenis tang
(bisaotomotif)

Berfungsi untuk memasang dan melepas circlip/snapring eksternal. Terdapat dua macam tang circlip yaitu tang snapring inside (dalam) dan tang snapring outside (luar).  

Tongue and Groove Pilers

(Sloanrepair)

Tang ini digunakan untuk menjepit benda dengan diameter yang relatif besar, digunakan juga untuk melepas klem pada selang.

Baca juga: 20 Jenis Jenis Motor Yamaha Terbaru dan Terlaris

Tang Pengupas Kabel

Tang pengupas kabel
(bisaotomotif)

Berfungsi untuk mengupas kabel, dan untuk memasang kabel pada skun kabel.

Tang Paku Keling

(Lazada)

Jenis tang yang satu ini seringkali juga disebut dengan tang rivet. Gaganya yang panjang dengan ujung tang berbentuk silinder membuat tang ini cocok untuk memasang paku keling. Selain itu terdapat lubang pada tang ini yang memiliki fungsi menjadi tempat paku keling atau rivet.

Tang Slip Joint

(Tokopedia)

Slip joint menjadi tang dengan kelebihan bentuk dan ukuran rahangnya yang bisa diperbesar. Tang yang satu ini umumnya dipakai untuk memutar baut dan mur.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Tang Air

(Lazada)

Tang burung atau yang sering juga disebut dengan tang air merupakan jenis tang yang lazim digunakan untuk memutar dan menjepit benda ukuran besar. Contohnya seperti pipa berdiameter besar atau clamp pada selang radiator.

Tang Catut

(Lazada)

Jenis tang yang satu ini memiliki nama lain tang kakatua dan tang geget. Ini karena memang bentuk rahangnya mirip seperti gagang burung tua.

Pins dapat menggunakan tang yang satu ini untuk memtong benda, seperti kawa, tembaga dan lainnya. Bukan hanya itu, tang ini umumnya juga digunakan untuk mencabut paku yang menempel.

Tang Sambung Slip

(Tukang)

Tang ini merupakan tang penjepit dan akan membantu kamu menjepit berbagai benda dengan diameter kecil. Oleh karena bentuk rahangnya yang bisa diperbesar, kamu dapat menggunakan tang yang satu ini untuk perbaikan-perbaikan tertentu.

Nah itu adalah beberapa jenis-jenis tang yang sering digunakan pada bengkel-bengkel motor maupun mobil, apakah kamu mengetahui contoh-contoh tang yang lain?

Baca juga: Intip Perbandingan Biaya Ganti Oli Mobil di Rumah VS di Bengkel


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.