Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 8 Jenis Bahan Bakar dan Penjelasannya
jenis bahan bakar
Otomotif

8 Jenis Bahan Bakar dan Penjelasannya

  • 23 Jun, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 6 menit membaca

Apa yang kamu ketahui mengenai bensin? Jenis bahan bakar satu ini memang merupakan salah satu bahan bakar yang paling umum didengar oleh masyarakat. Bensin sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda benzine dan bahasa Jerman benzin yang memiliki arti bahan bakar kendaraan jenis minyak untuk roda empat, dua maupun tiga.

Namun, apakah kamu tahu bahwa jenis bahan bakar di muka bumi ini tidak hanya bensin? Ternyata masih banyak pula aneka bahan bakar yang perlu kamu ketahui, Pins! Simak langsung yuk dalam artikel berikut!

Baca Juga:

Penjelasan Mengenai Jenis-Jenis Bahan Bakar

jenis bahan bakar
(Freepik/wirestock)

Mesin transportasi di dunia memiliki banyak varian sesuai dengan kebutuhan. Setiap mesin pun juga memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya termasuk dengan jenis bahan bakar yang digunakan. Berikut 8 rupa bahan bakar serta penjelasan berdasarkan mesin yang digunakan.

Baca Juga:

Minyak Tanah

Selain bensin, kemungkinan besar pasti kamu pernah mendengar mengenai kerosene atau minyak tanah. Ya, minyak tanah merupakan salah satu bagian bakar untuk onderdil yang berada di area rumah tangga. Bahan bakar satu ini berasal dari minyak bumi yang berjenis cair. 

Sebut saja untuk kegiatan memasak, menyalakan lampu minyak maupun usaha kecil rumahan menggunakannya. Walaupun kini kegunaannya kian lama kian surut seiring dengan perkembangan zaman, pemanfaatan kerosene telah berkembang sebagai salah satu bahan bakar pesawat Jet.

Avtur

Nah, bahan bakar minyak bumi yang telah disebutkan sebelumnya sebagai bahan bakar pesawat jet disebut dengan Avtur. Aviation Turbin atau avtur merupakan pembaharuan kondisi minyak tanah yang dihasilkan oleh fraksi minyak bumi. Kini, kegunaannya sangat umum dipakai untuk tipe mesin turbin yang sering digunakan pada pesawat jet.

Ciri-ciri bahan bakar ini berwarna kekuningan hingga cerah. Salah satu bagian dari perlengkapan spesifikasi internasional ini, biasanya digunakan untuk pesawat tipe Jet B yang untuk menerjang cuaca dengan suhu yang rendah atau dapat dikatakan udara dingin.

Avgas

Lain hal lagi dengan Avgas atau aviation gasolin. Salah satu jenis bahan bakar yang juga merupakan hasil dari bagian minyak bumi terkecil ini, juga menjadi bahan bakar pesawat namun dengan jenis yang berbeda. Pesawat udara dengan tipe pembakaran internal combustion atau disebut dengan sistem penggunaan pembakaran dalam, menjadi salah satu syaratnya.

Avgas atau sering disebut bensol ini pun oleh orang Indonesia, sudah menjadi ciri umum bahan bakar penerbangan. Salah satu produsen bahan bakar terbesar di Indonesia Pertamina pun, telah mengeluarkan versi terbaru Avgas yang sudah tersertifikasi OSHA 29 CFR 1910.1200 dan terdaftar pada TSCA EINECS/ ELINCS dan AICS. Bahan bakar ini bisa digunakan kendaraan dengan mesin piston dan juga helikopter ringan.

Baca Juga:

Bensin

jenis bahan bakar
(Freepik/prostooleh)

Tidak lengkap pula, Pins bila tidak mengikutsertakan bensin dalam rangkaian jenis bahan bakar dunia. Bensin yang kita kenal sebagai bahan bakar umum kendaraan pribadi ini juga memiliki jenis sesuai dengan kebutuhan. Gasoline atau bensin dibedakan melalui jenis mesin kendaraan yang digunakan yaitu, mesin diesel ataupun mesin bensin. Umumnya, digunakan pada semua jenis kendaraan dengan pembakaran pengapian.

Bensin yang memang umum digunakan ini, dirancang khusus dikarenakan kandungannya yang mudah dibakar dan hasil dari pembakarannya menimbulkan zat emisi yang baik untuk lingkungan. Namun, kamu sendiri harus tetap menyesuaikan dengan jenis kendaraan apa bensin yang tepat untuk kendaraan kamu ya! Nilai mutu bensin bisa terlihat dari angka oktan atau RON (Random Octane Number) yang dapat mempengaruhi umur dari kendaraan.

Baca Juga:

Minyak Diesel

Masuk dalam sektor industri, MDF (Marine Diesel Fuel) atau minyak diesel menjadi salah satu bahan bakar yang berasal dari hasil penyulingan minyak. MDF merupakan residual fuel oil atau disebut dengan campuran destilat fraksi berat dan ringan yang kegunaannya sebagai bahan bakar untuk mesin rendah dibawah 1000 rpm. Bahan bakar berwarna hitam pada temperatur rendah ini, memiliki sulphur content dan water content yang juga sangat rendah. Hal ini membuatnya mampu mengurangi dan mencegah korosi. 

Minyak Bakar

Masih di dalam sektor industri, minyak bakar atau MFO (Marine Fuel Oil) juga merupakan salah satu pilihan bahan bakar dengan tekstur kental. Bahan bakar ini biasa digunakan pada industri besar sebagai steam power station atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap dan juga sebagai penggerak utama pada mesin kapal. Bahan bakar satu ini sebagai contoh hasil dari berbagai reaksi yang rumit. Bila dilihat dari tekstur cairannya, MFO lebih kental dibandingkan dengan minyak diesel dan memiliki residu berwarna hitam.

Minyak Solar

Berbeda lagi dengan kegunaan minyak solar, Pins! Minyak satu ini merupakan bahan bakar berbasis solar atau HSD (High RPM Diesel Engine) yang digunakan untuk kendaraan dengan kecepatan mesin di atas 1000 rpm atau disebut dengan mesin besar. Dihasilkan dari proses cracking distillate minyak pelumas bekas, bahan bakar kapal ini juga mempunyai kelebihan karena dibuat dari kandungan bahan unggulan.

Baik digunakan untuk transportasi kendaraan bermotor maupun sektor industri, minyak solar selalu memakai sistem injeksi elektrik dengan jenis pompa mekanik. Itulah mengapa banyak digunakan pada kendaraan dengan bertenaga dan berkecepatan tinggi.

Baca Juga: Sistem Pelampung Pada Sistem Kerja Karburator

Biodiesel

(Freepik/user6702303)

Terakhir adalah Biodiesel. Bahan bakar ini terbuat dari hewan dan minyak nabati. Biodiesel menjadi salah satu bahan bakar ramah lingkungan yang mendukung pengurangan gas emisi rumah kaca akibat dari suhu bumi yang terus naik. Penggunaan bahan bakar jenis Biodiesel diharapkan dapat pula mengurangi pemanasan global akibat pembakaran berlebih minyak bumi.

Untuk sifat fisiknya mirip dengan minyak solar. Itulah mengapa bahan bakar ini disarankan menjadi pengganti solar untuk mesin diesel. Bahan bakar yang memiliki mayoritas kandungan terbuat dari tumbuh-tumbuhan ini, juga berguna mengurangi pencemaran lingkungan lho!


Bagaimana, kini kamu sudah mengetahui bukan, bahwa tidak hanya bensin satu-satunya jenis bahan bakar di dunia ini? Ragam bahan bakar yang tersedia merupakan hasil bumi maka dari itu, pakailah dengan bijak sesuai kebutuhan ya! Namun, selain bahan bakar kendaraan yang perlu diperhatikan, tampilan mobil juga harus diperhatikan Pins! Layanan cuci mobil datang ke rumah dari Pinhome Home Service dapat membantu mobil kamu terlihat prima kembali. Klik disini untuk coba ya!

Featured Image Source: Freepik/lifeforstock

Baca Juga: 7 Motor Paling Irit Bensin Cocok untuk Perjalanan Jauh


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.