Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Girun, Teknisi AC Andal dan Berpengalaman
jasa cuci ac
Elektronik

Girun, Teknisi AC Andal dan Berpengalaman

  • 30 Aug, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Berpengalaman saat mengerjakan sesuatu memang bisa menghasilkan kinerja yang lebih andal. Hal ini pun terwujud melalui kinerja Girun Sunaryo, Rekan Jasa Pinhome Cuci AC yang telah memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun. 

Melalui pengalamannya tersebut, Pak Girun sudah melewati pahit manisnya dunia servis AC sejak lama. Penasaran bagaimana sepak terjang Rekan Jasa Pinhome (RJP) satu ini? Simak Cerita Jagoan selengkapnya di sini!

Bekerja dari 1980-an

Girun Sunaryo merupakan Rekan Jasa Pinhome Cuci AC berdomisili di Jakarta Barat, tepatnya di daerah Jembatan Besi. Pria berusia paruh baya ini sudah mengemban tugas sebagai teknisi AC sejak tahun 1980-an. 

Meski sudah bekerja lebih dari 30 tahun, Pak Girun belum menemukan hal-hal yang menurutnya aneh dan unik dari pelanggan. Menurutnya, semua layanan dan pelanggan memiliki keluhan dan pengalaman yang mirip. 

Ia juga mengakui bahwa lama bekerja sebagai teknisi AC sejak lama tidak banyak mengalami perubahan. Walau begitu, Pak Girun sudah ‘mencicipi’ berbagai macam aplikasi jasa hingga membuka usaha cuci AC secara mandiri. 

Selain itu, puluhan tahun pengalaman ini ia jadikan sebagai cara untuk mengetahui bagaimana menghadapi teknologi AC yang berubah seiring waktu. 

Baca Juga: Cerita Jagoan – Niat Bekerja Dengan Hati Untuk Menyekolahkan 5 Anak

Patuh akan SOP

biaya service dan cuci ac
(Freepik)

Walau sudah lama bekerja sebagai teknisi jasa cuci AC, Pak Girun tetap patuh akan SOP pekerjaan yang dimiliki. Pria yang sudah dua tahun menjadi RJP ini biasanya mendapat pelanggan di sekitaran Jembatan Besi hingga Cengkareng. 

Wilayah terjauh yang pernah ia datangi untuk mencuci AC adalah Tanjung Priok. Sayangnya, ia memilih untuk tidak mengambil terlalu banyak pesanan di daerah sana karena harus berjibaku dengan truk-truk besar. 

Ia pun tidak memilih-milih mana pesanan yang diambil, entah itu cuci AC di rumah maupun apartemen. 

Pertama-tama, Pak Girun akan koordinasi terlebih dulu dengan pelanggan. Bila semuanya sudah terkonfirmasi, seperti alamat rumah dan pesanan yang diambil, ia akan memencet tombol siap kerja. 

Setelah itu, Pak Girun akan menjalankan prosedur cuci AC sesuai kendala yang dihadapi pelanggan. 

Sebagai contoh, kebanyakan pelanggan mengeluhkan AC bocor atau AC berisik. Solusinya, ia akan menyemprotkan lubang-lubang air atau mencuci sesuai prosedur yang ada. 

Selalu Kasih Tips Perawatan AC ke Pelanggan

Mengingat pengalaman bekerja pak Girun sudah cukup lama, ia tentu mempunyai banyak tips untuk para pelanggan. Pada saat mencuci AC tidak lupa ia berikan beberapa saran kepada mereka agar AC lebih tahan lama. 

Misalnya, pelanggan sebaiknya servis dan cuci AC secara rutin. Pak Girun juga mewanti-wanti untuk tidak membiarkan filter AC tertutup kotoran. Pasalnya, filter yang kotor bisa menyebabkan watt tinggi. 

Akibatnya, AC bekerja lebih keras, tetapi suhu dingin tidak tercapi. Alih-alih dapat ruangan yang dingin, pelanggan malah boncos karena harus membayar tagihan listrik lebih mahal karena AC kotor.

Jika semuanya plong dan bersih hingga ke dalam karena servis rutin, AC akan bekerja dengan baik menghasilkan suhu dingin yang diinginkan. 

Berpesan Agar RJP Lain Berhati-hati saat Bekerja

Tidak hanya pelanggan, Pak Girun mengingatkan para RJP lainnya untuk selalu mengecek kondisi AC sebelum dicuci. Ini bertujuan agar Rekan Jasa tidak disalahkan ketika AC tiba-tiba tidak berfungsi karena suatu lain hal. 

Selebihnya, para RJP tidak perlu khawatir karena hampir semua merk AC memiliki perawatan yang mirip. 

Hanya saja, beberapa AC buatan Tiongkok memiliki skrup yang banyak, sementara merk AC seperti Daikin atau Panasonic terdiri dari dua sekrup. Jadi, mereka perlu waktu lebih lama untuk mencuci AC dengan skrup yang banyak.

Baca Juga: Cerita Jagoan – Kejujuran Kunci Kesuksesan Yeyen

Berharap Layanan Pinhome Home Service Lebih Lengkap

cara memesan jasa cuci ac pinhome home service

Sebagai seorang RJP yang sudah bekerja lebih dari puluhan tahun, Pak Girun berharap layanan servis AC di PHS lebih lengkap. Pasalnya, beberapa pelanggan meminta solusi atas keluhan yang tidak ada daftar harganya di aplikasi. 

Menurutnya, hal ini terkadang membuat para pelanggan bingung berapa harga tepat dari servis tersebut. Dengan ada daftar harga yang sudah pasti, tentu akan memudahkan para pelanggan dan RJP. 

Bekerja untuk Keluarga 

Sama seperti RJP lainnya, Pak Girun bekerja untuk keluarga. Salah satu hal terbesar yang memotivasi dirinya untuk tetap bertahan di dunia jasa cuci AC adalah keluarga. 

Pria yang sudah dikaruniai satu orang putra ini berharap ia bisa terus menerus menghasilkan uang untuk menghidup keluarganya. Dengan begitu, mereka bisa bertahan dari penghasilan Pak Girun. 

Nah, itu tadi Cerita Jagoan dari Pak Girun yang mengandalkan pengalaman kerjanya selama puluhan tahun di dunia jasa cuci AC. Pengalaman tersebut dijadikan pelajaran olehnya agar bisa mengikuti dan memenuhi kepuasan pelanggan. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.