Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 3 Fungsi Tang Kombinasi dan Jenis Tang
fungsi tang kombinasi
Otomotif

3 Fungsi Tang Kombinasi dan Jenis Tang

  • 29 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Tang kombinasi merupakan salah satu alat yang dioperasikan menggunakan tangan. Fungsi tang kombinasi berperan penting dalam dunia otomotif. Terutama untuk pemasangan beberapa perlengkapan mobil dan motor. 

Bahkan saat melakukan perawatan mobil dan motor, tang kombinasi juga sering dipakai. Fungsinya yang serbaguna dan praktis menjadikan alat ini harus ada dalam dunia otomotif.

Baca juga: 29+ Macam SST (Special Service Tools) dan Fungsinya

Fungsi Tang Kombinasi

Tang kombinasi memiliki banyak fungsi atau sering disebut dengan multifungsi. Yuk simak beberapa fungsi yang dimiliki oleh tang kombinasi!.

Alat Darurat

Tang kombinasi harus ada di kendaraan yang kamu miliki. Pasalnya tang ini dapat menjadi alat darurat saat kamu membutuhkannya. Misal kamu ingin memotong kabel dan tidak memiliki alat pemotong terutama tang potong atau pun pisau. 

Kamu dapat menggunakan tang kombinasi untuk memotong kabel tersebut. Pastikanlah kondisi dari tang yang kamu punya selalu dalam keadaan baik dan tidak berkarat. Karena tang yang berkarat tidak dapat bekerja secara efisien terutama dalam hal potong memotong.

Hand Tool atau Alat Tangan

Tang yang diaplikasikan menggunakan tangan ini memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi-fungsi tersebut seperti yang ada di bawah ini.

  • Digunakan sebagai pengungkit untuk membuka penutup benda seperti kepala aki mobil.
  • Dapat digunakan sebagai penyambung kabel.
  • Kamu dapat menjadikannya penahan bahan kerja. Misalnya baut, paku dan mur saat dilakukan proses pengencangan.
  • Sebagai penjepit pada benda yang tidak dapat kamu sentuh secara langsung menggunakan tangan Pins. Seperti material bersuhu tinggi yang dapat membuat tangan melepuh dan mengalami luka bakar.
  • Bisa digunakan sebagai pemotong kabel ataupun kawat yang ada pada kendaraan.

Alat Serbaguna

Sesuai dengan nama yang disematkan pada tang satu ini. Tang kombinasi dapat kamu gunakan sebagai alat serbaguna dalam membantu pekerjaan yang dilakukan. Inilh alasan kuat kenapa tang ini harus kamu miliki Pins.

Baca juga: 15 Barang Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Disiapkan

Jenis-jenis Tang I

(buyam)

Kamu dapat melihat beberapa jenis tang yang ada dan sudah beredar di pasaran pada artikel ini. Yuk simak!.

Tang Kombinasi

(auto2000)

Memiliki bentuk kepala yang lancip dan terdapat gerigi di kedua penjepit kepala. Sementara bagian badan terbuat dari baja yang dilapisi dengan karet untuk memudahkan penggunaan. Tang jenis ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti memotong kabel listrik, melilit kabel dan mengupas kabel.

Tang Potong

Termasuk kedalam jenis tang yang sering digunakan di bidang kelistrikan. Biasanya penggunaan tang ini untuk memotong kabel dan mengupas kulit kabel tersebut. Memiliki bagian ujung yang tajam di kepala penjepit. 

(ceklist)

Terbuat dari baja sehingga tang tidak mudah patah. Tang dapat digunakan juga untuk memotong kabel yang berdiameter tebal.

Snap Ring

Penggunaan tang dengan jenis snap ring diaplikasikan untuk membuka SPY atau ring pengunci. Untuk modelnya sendiri terdapat dua bentuk yang dibedakan dari bentuk bagian kepala. 

Pertama bagian kepala dengan ujung tang berbentuk lurus. Sementara model kedua memiliki bentuk kepala yang runcing dan tajam serta berbelok ke bawah.

Crimping

Biasa digunakan untuk arus lemah pada bidang kelistrikan. Misalnya pada pekerjaan telepon dan jaringan internet. 

(auto2000)

Penggunaan tang sebagai alat yang menyambungkan kabel telepon dan kabel internet ke konektor. Contohnya konektor RG45. Tang juga dapat digunakan sebagai alat pengupas dan pemotong kabel telepon dan juga kabel internet.

Jenis-jenis Tang II

Tang Cucut

(productnation)

Memiliki bentuk kepala seperti mulut ikan cucut. Tang ini biasa digunakan sebagai penjepit kabel listrik. Tang juga bisa digunakan sebagai alat pemotong kabel.

Rivet

Jenis tang satu ini banyak digunakan pada bidang mebel. Misalnya pada pembuatan rak dan lemari yang menggunakan bahan material stainless atau seng. 

(bukalapak)

Penggunaanya untuk menembakan dan menancapkan paku rivet ke bidang yang diinginkan.

Press Skun

(bukalapak)

Digunakan untuk menyambungkan kabel dengan skun kabel. Cara kerjanya dengan di tekan atau dijepit.

Buaya

Seketika kamu tentu membayangkan seekor buaya saat mendengar nama tang yang satu ini. Tenang Pins tang tidak berbentuk sama persis seperti buaya. Hanya bagian kepalanya saja yang mirip dengan moncong buaya.

(auto2000)

Fungsi dari tang buaya adalah untuk menjepit benda yang berbentuk bulat seperti kepala baut dan mur. Untuk mulut tang dapat kamu atur besar kecilnya dengan memutar setelan yang ada di belakang.

Jenis-jenis Tang III

Krone

(olx)

Berfungsi sebagai penghubung kabel telepon pada terminal LSA.

Kakak Tua

Wah namanya seperti burung kakak tua Pins. Kegunaan dari tang jenis ini adalah untuk memotong kawat dan juga mencabut paku. 

(sgala)

Disebut tang kakak tua karena kepalanya mirip dengan paruh burung kakak tua.

Skun Hidrolik

Tang yang digunakan dalam bidang kelistrikan ini memiliki perbedaan dengan tang press skun. Alat ini digunakan khusus untuk memasang skun kabel yang berdiameter besar. Contohnya pada panel dengan tegangan tinggi. 

Kamu dapat menggunakannya dengan cara dipompa dalam proses press skun.

Ampere

(hargaper)

Tang yang digunakan untuk membaca beban listrik yang terpakai atau pun besaran arus yang mengalir.

Slip Joint

(blibli)

Mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan tang kombinasi. Perbedaannya terletak dari fungsi tang ini yang tidak dapat digunakan untuk memotong. Kegunaannya hanya sebagai pemegang atau penjepit objek kerja.

Sekarang kamu sudah tahu Pins fungsi dari tang kombinasi. Bahkan bukan hanya tang kombinasi namun ada juga jenis yang lainnya. Ternyata banyak juga jenis-jenis tang yang ada Pins. Kamu dapat membeli dan memiliki jenis tang sesuai dengan kegunaannya. 

Baca juga:10 Mobil Tercepat di Dunia yang Super Keren 

Featured Image Source:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.