Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Fungsi Speedometer Mobil dan Bagiannya
fungsi speedometer
Otomotif

4 Fungsi Speedometer Mobil dan Bagiannya

  • 29 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Fungsi speedometer pada kendaraan terkesan remeh namun sangat berperan penting dalam keselamatan pengemudi. Pengemudi dapat melihat indikator mesin dan jarak tempuh kendaraan pada speedometer.

Kamu harus merawat dan mengecek terus kondisi speedometer mobil untuk menjaga kinerjanya tetap dalam kondisi baik. Pastikan fungsinya untuk cek mesin, lihat kondisi bahan bakar, cek radiator sampai suhu mesin dalam keadan bagus.

Baca juga: 11 Arti Lampu Indikator Pada Mobil yang Wajib Dipahami

Fungsi Speedometer Mobil

Terdapat beberapa fungsi dari speedometer mobil yang dapat kamu lihat berikut ini.

  • Kamu dapat mengetahui informasi kecepatan mobil saat dikendarai melalui speedometer. Kamu dapat mengatur kecepatan mobil dengan tepat menyesuaikan kondisi di sekitar jalan.
  • Berfungsi memberikan informasi temperatur udara dalam mobil. Sehingga kamu dapat memutuskan menghidupkan ac pada suhu yang tepat.
  • Membantu kamu memantau kapasitas atau volume bahan bakar mobil. Hal ini berguna agar kamu dapat mengatur bahan bakar lebih hemat. Terutama saat digunakan serta menjaga tidak kehabisan bensin di tengah jalan.
  • Membantu kamu melihat jarak tempuh dalam satuan kilometer ketika menempuh perjalanan menuju tujuan.Terutama saat sedang melakukan perjalanan jauh. Kamu dapat mengetahui sudah berapa jauh jarak yang ditempuh mobil dalam km.
  • Fungsi selanjutnya adalah dapat menunjukkan posisi gigi transmisi dan kondisi lampu mobil apakah sedang menyala atau mati. Baik lampu utama ataupun lampu sein.

Setelah mengetahui apa saja fungsi dari speedometer mobil. Hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah tentang bagian dari speedometer.

Bagian Speedometer pada Mobil

Speedometer pada mobil memiliki beberapa bagian sebagai berikut.

Dudukan Speedometer

Dudukan pada speedometer berfungsi sebagai tempat menempelkan alat ini. Selanjutnya juga menjadi tempat untuk memasangkan kaca pelindung speedometer. Dudukan speedometer ini berperan penting untuk menjaga kestabilan posisi speedometer.

Jarum dan Angka

Kamu tentu pernah melihat bagian jarum dan angka pada speedometer Pins. Kedua bagian ini memberikan tampilan penentu kecepatan laju dari kendaraan. Selain itu  juga membantu pengemudi menunjukkan kondisi bahan bakar mobil, apakah bensin tercukupi atau harus diisi.

Pelindung speedometer

Bagian pelindung pada alat speedometer juga sangat penting. Pelindung yang terbuat dari kaca akan menjaga alat ini dari kotoran, debu atau cipratan zat yang bisa merusak speedometer. 

Roda penggerak

Bagian roda penggerak berfungsi sebagai penggerak jarum penunjuk angka di speedometer. Jadi saat roda penggerak ini tidak dapat berfungsi semestinya maka jarum penunjuk tidak akan bergerak menunjukkan indikasi yang semestinya.

Kamu harus merawat dan menjaga bagian-bagian dari speedometer untuk terus dalam keadaan baik Pins. Sehingga fungsinya dapat terus digunakan.

Baca juga: Fungsi Lampu Instrumen Panel (lampu meter)

Cara Kerja Speedometer pada Mobil

Terdapat dua jenis speedometer pada mobil yaitu speedometer digital dan speedometer analog. Kedua jenis ini memiliki cara kerjanya masing-masing. Berikut cara kerjad dari masing-masing speedometer tersebut.

Speedometer Digital

(gridoto)

Jenis speedometer ini terbilang baru ditemukan jika dibandingkan dengan speedometer jenis analog. Speedometer digital sebagai salah satu bukti dari kemajuan teknologi yang ada pada zaman sekarang.

Biasanya kamu akan menemukan pemasangan speedometer digital pada mobil-mobil keluaran baru. Mobil-mobil modern yang mengusung kemajuan teknologi untuk memanjakan pengemudinya.

Cara kerja yang dipakai oleh speedometer digital adalah menggunakan magnetik dan pulser pada roda. Dimana putaran roda depan pada sistem gir memutar kawat kopel yang dihubungkan ke komponen cluster mobil. 

Pada cluster tersebut terdapat kawat speedo yang memutarkan roda berlubang. Dalam roda berlubang kamu dapat menemukan optocoupler. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan sinyal logic 1 yang nantinya dapat mengkalkulasi angka. 

Kalkulasi angka ini nantinya akan ditampilkan melalui LCD speedometer. Kelebihan pada speedometer digital yaitu akan memberikan angka yang lebih akurat dibandingkan speedometer analog. 

Speedometer Analog

Teknologi speedometer analog merupakan teknologi pertama kali yang diterapkan pada mobil. Umumnya mobil-mobil keluaran lamalah yang memakai teknologi ini. 

(autoexpose)

Cara kerja speedometer analog yaitu menggunakan mekanisme roda bergigi yang dihubungkan dengan poros roda. Terdapat jarum yang digunakan sebagai penunjuk kecepatan dan angka. Angka dimulai dari 0 sampai kecepatan maksimum untuk memberitahu kecepatan mobil Anda. Jarum dapat bekerja dan dioperasikan melalui kabel yang tersambung ke komponen penting lainnya.

Cara Memperbaiki Speedometer yang Rusak

Kamu dapat memperbaiki sendiri speedometer yang rusak dengan syarat telah mengetahui penyebab dari kerusakan. Beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki speedometer yang rusak.

  • Ceklah penyebab speedometer tidak berfungsi dengan baik.
  • Setelah kamu berhasil mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mulai memperbaikinya.
  • Saat terjadi kerusakan pada bagian panelnya. Kamu harus mengganti komponen secara keseluruhan.
  • Kamu dapat mengganti kabel dengan yang baru jika speedometer mati dikarenakan masalah kelistrikan.

Pins Kamu sudah mengetahui fungsi speedometer yang ada pada mobil. Selain itu kamu juga sudah paham apa saja bagian dari speedometer. Untuk menjaga speedometer tetap dalam keadaan baik, kamu harus menjaganya dengan baik pula.

Perawatan yang rutin dan tepat dapat menghindarkan speedometer dari mati total atau sekedar error saja.Kamu dapat melakukan perawatan ringan dan berdampak besar seperti mengecek arus tegangan aki. 

Khusus untuk speedometer analog, kamu dapat merawatnya dengan memberikan pelumas secara rutin. Pelumas diaplikasikan pada bagian pengaturan gigi.

Baca juga: Buruan Service Lampu Mobil Jika Kamu Temukan 4 Masalah Ini

Featured Image Source: duitpintar


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.