Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Fungsi Rocker Arm & Cara Kerjanya
Otomotif

4 Fungsi Rocker Arm & Cara Kerjanya

  • 5 Dec, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Fungsi rocker arm yang utama adalah mengatur sistem mekanisme katup yang dibutuhkan dalam pembakaran. Tidak semua mobil memiliki rocker arm sebab komponennya hanya ada pada mesin OHV (Overhead Valve) dan OHC (Overhead Camshaft).

Rocker arm sering disebut dengan pelatuk katup atau templar roller. Posisinya berada di penggalan kepala silinder dan terpasang pada shaft. Adapun informasi lebih lanjut terkait fungsi rocker arm dan bagaimana cara kerjanya bisa disimak di bawah ini!

Mengenal Rocker Arm

3 fungsi Rocker arm
Suzuki Indonesia

Rocker arm memiliki sekrup penyetel dan mur pengunci guna menyetel celah katup. celah ini harus disesuaikan dengan nilai spesifikasinya. Bila terlalu besar atau kecil akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Mesin  OHV dalam mengatur celah katup menggunakan sistem hidrolis. sementara mesin OHC memakai katup last adjuster. Kedua mesin ini memakai pelatuk katup guna membuka celah hisap dan katup buang.

Rocker arm yang terletak antara camshaft dan katup akan disebut dengan rocker arm shaft. Pelatuk katup dibuat presisi agar pasokan bahan bakar bisa masuk mengalir dari karburator ke ruang bakar lebih berdaya guna.

Baca juga:

4 Fungsi Rocker Arm

teknisi mencoba fungsi Rocker arm
Daihatsu

Sebelum memahami fungsi rocker arm perlu diketahui bahwa bentuk komponen ini berbeda-beda. Ada yang menggunakan roller pada salah satu ujungnya. Kadang ada pula yang dibentuk seperti ganjalan sepatu.

Kecocokan bentuk rocker arm sendiri tergantung atas model sistem valve train sehingga tak sama setiap mesin kendaraan. Fungsi rocker arm secara umum bisa Pins simak sebagai berikut:

Menyetel Celah Katup

Dilihat dari letaknya, fungsi rocker arm yang utama adalah menyetel celah katup. bagian celah katup yang perlu dikontrol adalah shaft dengan katupnya. Pengendalian dari celah ini dilakukan secara otomatis bukan melalui sistem kemudi.

Komponennya menyesuaikan nilai yakni ketika klep mesin mobil belum disetting dengan baik. Bagian ujung pada area templar akan menyesuaikan bukaan katup yang terjadi. Tujuannya adalah bukaan terbentuk semakin besar atau kecil dengan begitu fungsi hisap dapat berjalan lancar.

Buka Tutup Katup Buang

Mobil yang memiliki mesin OHC dan OHV akan memiliki komponen exhaust valve. Exhaust valve bekerja dengan menyesuaikan kondisi pelatuk katup secara maksimal. 

Jadi, ketika pelatuk katup akan membantu membuka exhaust valve guna mengeluarkan hasil pembakaran dari mesin kendaraan. Usai katup buang terbuka maka hasil pembakaran akan menuju komponen lain yang disebut dengan exhaust manifold.

Proses menutup dan terbukanya katup tergantung dari beberapa faktor lain. Faktor lain disini bisa dari komposisi tak atau stroke engine. Pada mobil biasanya ada dua atau empat tak untuk komposisi stroke engine.

Penghubung Katup & Camshaft

Selain sebagai intake/exhaust valve, rocker arm juga menjadi penghubung antara camshaft dan katup. cara kerjanya adalah memakai gaya gesek dari camshaft dan katup agar sirkulasi udara lebih stabil sehingga mesin mobil menjadi ringan.

Membantu Proses Pembuangan & Pembakaran

Mesin dapat bekerja dengan baik jika proses pembakarannya lancar. Tenaga yang dihasilkan berasal dari bahan bakar dan komponen penggerak mesin. Untuk memperlancar proses tersebut perlu sirkulasi pada bagian katup buang atau hisap.

Pembukaan katup hisap dan buang tidak berlebihan serta terbuka pada posisi tepat. Dengan begitu tidak akan banyak endapan kotoran di bagian mesin. Pembakaran yang sulit akan menyebabkan mesin sulit bekerja sehingga kendaraan mudah mogok.

Baca juga:

Komponen & Cara Kerja Rocker Arm

gambaran close up fungsi Rocker arm
Suzuki Indonesia

Penting menjaga kebersihan dan kinerja komponen rocker arm agar mesin bisa berjalan dengan stabil. Adapun komponen dan cara kerja rocker arm bisa Pins simak sebagai berikut:

Katup

Valve adalah fungsi penting dalam pintu masuk dan keluarnya udara dalam proses pembakaran. Dari katup bisa diatur gas sisa pembuangan atau bahan bakar yang perlu dikeluarkan.

katup yang berguna untuk keluar masuk bahan bakar disebut dengan katup hisap. Untuk katup yang berguna sebagai keluar masuk gas buang disebut sebagai katup buang.

Push Rod

Komponen ini berguna sebagai penyalur gerakan dari valve lifter ke rocker arm agar menimbulkan gerakan naik turun. Pemakaian push rod berguna untuk mekanisme katup jenis overhead valve.

Camshaft

Ada pula komponen camshaft yakni sebagai penutup dan pembuka katup dengan waktu. Cara kerja camshaft terbagi atas dua jenis yakni saat posisi camshaft menekan. Ketika penekanan dilakukan maka bagian poros nok akan bersinggungan dengan rocker arm.

Dampaknya bagian ini akan membuka katup pada posisi yang tepat. Cara kerja kedua saat camshaft  tidak ditekan sehingga poros nok berhenti menekan sisi rocker arm dan valve agar katup tertutup

Secara umum cara kerja pelatuk klep ini digerakan oleh poros bubungan agar mampu menekan klep secara sempurna. Pergerakannya terjadi akibat gesekan atau benturan antara permukaan poros bubungan dengan permukaan pelatuk klep.

Pengaruh celah katup dalam kinerja mesin adalah tenaga mesin bisa berkurang, penggerak katup berisik bahkan bisa patah. Inilah mengapa celah katup harus diatur dalam posisi yang tepat.

Fungsi rocker arm cukup krusial dalam sistem mekanisme katup. Perannya terkait mengatur celah atas katup buang dan katup hisap.

Baca juga:

Source Feature Image: Wikimedia Commons


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah