Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Radiator Mobil Dan Cara Kerjanya
fungsi radiator mobil
Otomotif

Fungsi Radiator Mobil Dan Cara Kerjanya

  • 30 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 6 menit membaca

Radiator mobil merupakan komponen pusat pada sistem pendinginan mobil. Dari sini kamu dapat menyimpulkan fungsi radiator mobil sebagai pengatur suhu.

Apakah kamu termasuk pengemudi yang masih bingung dengan cara kerja radiator?. Lalu apa saja sih fungsi radiator ini?. Seberapa penting alat ini berperan pada kendaraan?.

Yuk simak penjelasannya dibawah ini!.

Baca juga: Cara Kerja Radiator Motor dan Fungsinya

Fungsi Radiator Mobil

Mobil yang kamu kendarai akan menghasilkan panas yang didapat dari hasil pembakaran pada mesin. Saat mobil awal sekali dihidupkan panas belum terasa. 

Namun lama kelamaan panas akan berangsur-angsur hadir sesuai dengan lama apa tidaknya mesin mobil kamu hidupkan. Semakin lama mesin mobil hidup makan panas yang dihasilkan juga akan semakin besar. 

Keadaan ini jika didiamkan saja atau diabaikan begitu saja maka mesin dapat mengalami overheat. Overheat dapat membuat mesin menjadi rusak dan mobil tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Untuk mengatasi hal inilah dipasang radiator pada mobil. Fungsi radiator mobil ini adalah sebagai pendingin suhu dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

Radiator berfungsi mengambil atau memindahkan suhu panas dari mesin mobil ke udara. Alat ini akan mengalirkan coolant atau air ke saluran yang sudah terpasang mengelilingi mesin mobil.

Coolant inilah yang akan berperan dalam menyerap panas yang dikeluarkan oleh mesin mobil dan kembali lagi ke radiator. Pada saat coolant sudah berada lagi dalam radiator maka seketika radiator akan mendinginkan kembali coolant ini. 

Sementara suhu panas pada coolant akan dibuang ke udara.

Cara Kerja Radiator pada Mobil

Setelah mengetahui fungsi dari radiator yang ada pada mesin mobil ini. Kamu juga harus mengetahui bagaimana sistem kerja dari radiator pada mobil. Yuk simak cara kerjanya dibawah ini!.

(autoexpose)
  • Mesin mobil dihidupkan.
  • Mesin akan memberikan tenaga yang dibutuhkan agar mobil dapat berjalan dengan baik.
  • Tenaga ini didapat dari pembakaran bahan bakar bersama dengan energi dari bagian mesin yang bergerak.
  • Selanjutnya dari proses pembakaran akan menghasilkan panas dari mesin.
  • Kemudian radiator bekerja dan melepaskan coolant untuk menyerap panas yang timbul.
  • Proses ini melibatkan beberapa komponen seperti selang untuk mengalirkan coolant, thermostat dan kipas pendingin. Komponen ini bekerja sama untuk memantau suhu agar tetap berada dalam keadaan stabil.
  • Setelah coolant berhasil menyerap panas seketika ia akan kembali lagi ke radiator.
  • Radiator akan mendinginkan kembali suhu coolant. Dalam proses pendinginan kembali ini, panas akan dibuang ke udara luar oleh sirip logam tipis.
  • Proses ini akan terus terjadi dengan sistem sirkulasi seperti diatas. Proses ini dapat terus berlangsung sampai suhu mesin berada dalam keadaan stabil dan dirasa aman dari overheat.

Komponen yang Ada di Radiator Mobil

Radiator mobil adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam proses pendinginan suhu pada mesin mobil.

Kamu dapat melihat beberapa komponen yang ada di radiator mobil dengan mengecek secara langsung. Selain mengecek secara langsung kamu juga dapat melihat komponen tersebut dibawah ini.

Upper Tank

Merupakan komponen yang berfungsi sebagai penampung coolant yang dihasilkan oleh radiator saat suhu mesin tinggi. Jadi coolant yang ditampung adalah coolant yang telah menyerap panas mesin Pins. 

Sehingga coolant sudah memiliki panas dengan suhu tertentu. Bagi kamu yang masih asing dan bingung dengan upper tank, coba simak nama lain dari upper tank. Barangkali kamu malah akrab dengan nama lainnya. 

Upper tank biasa disebut juga dengan istilah reservoir tank. Wah benar Pins, jadi reservoir tank itu sama saja dengan upper tank.

Tutup Radiator

Bentuk dari alat ini seperti lingkaran yang fungsinya sesuai dengan namanya. Benar Pins!. Fungi dari tutup radiator sebagai penutup lubang radiator.

(toyotaastramotor)

Fungsi lainnya itu sebagai pengatur tekanan yang ada dalam radiator dan sebagai tempat mengisi air (coolant). Tutup radiator sudah didesain sedemikian rupa oleh para ahli agar dapat mencegah kebocoran air radiator. 

Tutup radiator juga di desain baru akan bekerja saat terjadi peningkatan tekanan dalam radiator.

Baca juga: Penyebab Air Radiator Cepat Habis dan Cara Mengetahuinya

Selang Radiator

Kegunaan dari selang radiator adalah sebagai penghubung antara radiator dengan bagian blok mesin. Selang radiator dipasang menjadi dua bagian yaitu selang atas dan selang bawah. 

Kedua selang ini memiliki fungsi yang berbeda. Selang atas fungsinya yaitu sebagai saluran untuk mengalirkan coolant panas dari penyerapan suhu mesin ke radiator. 

Sementara selang bawah memiliki fungsi mengalirkan coolant ketika proses pendinginan pada radiator ke mesin untuk proses penyerapan suhu panas.

Pompa Air

Pompa air biasa dikenal dengan sebutan water pump berperan penting dalam proses pengaliran coolant. Coolant yang dialirkan ke water jacket dapat menurunkan suhu panas mesin. Sehingga panas mesin lebih stabil. 

Komponen ini juga berperan dalam memberikan sirkulasi air dari lower tank ke radiator mesin.

Lower Tank

Kegunaan lower tank adalah sebagai tempat menampung coolant setelah proses pendinginan terjadi yang terletak di bawah radiator. Coolant yang berada dalam lower tank akan dialirkan kembali ke saluran yang terletak disekitar mesin untuk menyerap panas.  

Thermostat

Pada radiator mobil terdapat komponen yang berfungsi menjaga suhu mesin tetap normal, yaitu sekitar 80 derajat celcius. Komponen ini disebut dengan nama thermostat. Thermostat bekerja ketika suhu mesin mencapai panas tertentu.  

Thermostat akan berperan lain ketika mesin mobil tidak dalam keadaan panas. Komponen ini akan menjaga coolant tidak melakukan sirkulasi. Thermostat sendiri memiliki dua jenis, yaitu katup by pass dan tanpa katup by pass

Kipas Pendingin

Komponen yang terakhir adalah kipas pendingin pada radiator mobil. Kipas pendingin ini berfungsi untuk menurunkan suhu radiator.  Cara kerjanya dengan mengalirkan udara dari radiator. 

Udara yang dialirkan ini akan menghasilkan udara dingin yang kemudian dialirkan melalui kisi-kisi radiator. Kemudian udara akan disalurkan ke arah mesin. Terdapat dua tipe kipas pendingin, yaitu mesin dan listrik. 

Baca juga: Kenali Fungsi Water Jacket Mobil & Panduan Perawatannya

Featured Image Source: hyundai


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.