Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Kerja dan Fungsi Quick Shifter Motor
fungsi quick shifter motor
Otomotif

Cara Kerja dan Fungsi Quick Shifter Motor

  • 29 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Teknologi quick shifter pada motor dibuat dengan fungsi yang sangat berperan penting bagi pengemudi. Fungsi quick shifter motor untuk meringankan dan mempermudah perpindahan gear pada motor balap dan moge.

Pemindahan gear yang terasa berat dapat membuat pengemudi menjadi cepat lelah dan sulit mendapatkan kecepatan yang tinggi dan stabil. Dengan adanya teknologi ini menjadikan pengemudi tidak perlu menarik tuas kopling untuk memindahkan gigi.

Baca juga: U-Go Motor Listrik Honda Harga dan Spesifikasinya

Kelebihan dan Fungsi Quick Shifter Motor

Quick shifter motor lahir dari latar belakang kesulitan pengendara saat memindahkan gear. Pada awalnya perpindahan ini terasa berat dan mempersulit pengendara. Hingga hadirlah teknologi quick shifter sebagai solusinya.

Fungsi teknologi ini sesuai dengan tujuan diciptakannya. Dimana fungsi utama dan sekaligus menjadi kelebihannya juga yaitu mempercepat proses perpindahan gear. Perpindahan gear yang mudah ini hanya untuk meningkatkan, bukan menurunkan gigi. 

Fungsi selanjutnya yaitu pengendara tidak perlu lagi menurunkan gas pada saat pindah gigi. Cukuplah tarik tuas persneling saja maka perpindahan gigi akan langsung terjadi. 

Kelebihan dari fungsi ini untuk mempercepat sekaligus akselerasi pada motor menjadi lebih cepat. Makanya teknologi ini biasa digunakan pada motor-motor balap. 

Karena motor balap sangat mengandalkan kecepatan di setiap detiknya untuk mendapatkan kemenangan. Lalu apakah teknologi ini dapat diaplikasikan pada motor biasa?. Jawabannya adalah Bisa.

Namun harus dengan catatan yaitu proses pemasangan hanya dilakukan oleh profesional. jadi bengkel tempat kamu memasang quick shifter juga harus bengkel yang profesional.

Jika tidak maka kesalahan pemasangan akan mengancam rusaknya gearbox kendaraan kamu.

Cara Kerja Quick Shifter

(gridoto)

Prinsip kerja dari teknologi ini adalah dengan memutuskan aliran listrik. Sehingga mesin kendaraan akan mengalami mati dalam waktu hanya sepersekian detik. Hal inilah yang menyebabkan gigi bisa langsung pindah dengan sangat cepat. 

Secara langsung, quick shifter akan mematikan mesin dan menghentikan suplai bahan bakar. Proses ini tujuannya adalah menurunkan gas. setelah gas turun barulah setelah itu kampas kopling akan pindah dengan aman. 

Saat gas secara otomatis turun maka pengendara baru bisa mengoper gear. Ada beberapa sensor yang digunakan agar sistem dapat bekerja yaitu komputer yang terhubung ke ECU.

Biasa disebut juga otak motor dengan sistem pengabutan injeksi. Quick shifter hanya bekerja jika kecepatan di atas 3.000 rpm. Alasan utama inilah yang membuatnya hanya dipasang pada kendaraan diatas 650 cc.

Tahapan penggunaan kendaraan yang benar harus diperhatikan. Supaya komponen ini bisa bekerja dengan baik dan benar. 

Cara yang benar yaitu ketika tangan kamu masih memutar gas. Kamu bisa menginjak tuas perseneling sehingga transmisi akan pindah dengan mulus ke gigi yang lebih tinggi.

Selain itu, hal yang perlu diingat terus adalah cara kerja dari komponen ini hanya bisa dilakukan untuk menaikan gigi saja. Karena masih banyak yang salah mengira fungsinya bisa untuk naik dan turun gigi. 

Jadi saat kamu ingin menurunkan gigi tetap harus menarik tuas kopling. Untuk motor balap dan moge biasanya sudah dilengkapi pabrik dengan quick shifter.

Baca juga: 7 Cara Mengendarai Motor kopling Untuk Pemula

Syarat Motor yang Bisa Memakai Quick Shifter

(moladin)

Tidak semua jenis motor dapat menggunakan teknologi quick shifter. Hanya motor-motor yang memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkanlah yang bisa memakai teknologi ini. Yuk lihat apa saja syaratnya!.

  • Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh motor yang akan dipasang quick shifter adalah motor yang sudah injeksi. 
  • Selanjutnya untuk motor yang menggunakan karburator tidak dapat dipasang teknologi quick shifter ini. Karena memiliki tegangan yang berbeda.
  • Motor injeksi yang dapat dipasang teknologi satu ini harus memiliki silinder maksimal sebanyak 2 silinder.
  • Format mesin yang dimiliki harus berbeda seperti inline atau v-twin.
  • Sudah menggunakan komponen yang dilengkapi fitur splashproof.

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya kenapa sih motor dengan karburator tidak bisa di pasang quick shifter. Jawabannya adalah kendala pada tegangan. 

Tegangan yang dimiliki oleh quick shifter adalah tegangan tinggi yaitu sampai 12 volt. Jika kamu nekat tetap memasangnya maka kendaraan motor kamu akan mengalami konslet.

Jadi pins tetaplah memperhatikan syarat-syarat diatas guna memastikan keamanan kamu saat berkendara. Memang fungsi quick shifter motor sangat menggiurkan terutama jika digunakan saat melakukan touring

Jangan hanya menilai kesenangan sementara dan mengakibatkan kerusakan motor dan menjadikan kamu dalam bahaya.

Kamu juga harus menyiapkan uang yang banyak untuk memasang teknologi ini. karena Teknologi ini dijual dengan harga yang lumayan tinggi dan menguras kantong.

Dampak Negatif Pindah Gigi Tanpa Menarik Tuas Kopling

Seperti yang kamu ketahui, kelebihan penggunaan teknologi yang satu ini agar tidak repot menarik tuas kopling saat melakukan pindah gigi. Lalu adakah dampak negatif yang dapat terjadi?

Ternyata Pins tetap ada dampak negatif yang terjadi pada komponen mesin. Efek yang akan kamu rasakan seperti motor terasa tersendat. Atau sering dikenal juga dengan perpindahan gigi tidak mulus.

Untuk jangka panjang dapat terjadi kerusakan pada komponen gear rasio. Sehingga kamu lebih baik tetap melakukan penarikan tuas kopling saat melakukan pindah gigi. Hal ini agar komponen gear rasio dapat lebih awet dan berfungsi lama.

Baca juga: Fungsi Crankcase Motor & Penyebabnya Rawan Jebol

Featured Image Source: trialgameasphalt


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.