Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Multimeter dan Bagian-bagian Multimeter Disertai Gambarnya
Otomotif

Fungsi Multimeter dan Bagian-bagian Multimeter Disertai Gambarnya

  • 21 Jul, 2019 oleh Pandu Pamungkas
  • 3 menit membaca

Salah satu alat ukur elektrik adalah multimeter atau avometer, dikatakan multi (banyak) karena alat ukur ini memiliki beberapa fungsi pengukuran. Beberapa fungsi multimeter seperti mengukur tegangan DC, mengukur tegangan AC, mengukur tahan, mengukur arus, mengukur kapasitor dan lain-lain.  

Ada dua jenis multimeter yang sering dipakai kebanyakan orang yaitu tipe analog dan tipe digital. Yang akan kita bahas kali ini adalah tipe analog. Berikut merupakan kegunaan multimeter dan bagian-bagian multimeter.

Pengertian Multimeter

fungsi multimeter
(Pixabay)

Multimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur beberapa macam nilai listrik, seperti tegangan, arus, dan resistansi. Multimeter biasanya digunakan oleh teknisi atau insinyur elektronik untuk mengetahui bagaimana suatu perangkat listrik atau sirkuit bekerja, atau untuk mencari masalah pada suatu perangkat atau sirkuit listrik.

Multimeter juga dapat digunakan untuk mengukur tegangan baterai, menguji sebuah fuse, atau bahkan mengukur resistansi pada suatu komponen elektronik.

Baca juga: Nama-nama Alat Bengkel Otomotif : Fungsi dan Gambarnya

Fungsi Multimeter

fungsi multimeter
(Pixabay)

Multimeter merupakan sebuah alat ukur yang memiliki banyak fungsi sekaligus (multifungsi) diantaranya adalah untuk mengukur tegangan listrik (AC dan DC), tahanan, arus listrik, dan kapasitas pada kapasitor.

Baca juga: Fungsi Cruise Control dan Cara Penggunaannya

Bagian-bagian Multimeter dan Fungsinya

fungsi multimeter
(Pixabay)

Keterangan Gambar :  

1. Jarum penunjuk meter : Berfungsi sebagai penunjuk besaran yang diukur.

2. Skala : Berfungsi sebagai skala pembacaan meter, yaitu : skala tegangan skala arus dan skala resistor.

3. Zero adjust screw : Berfungsi untuk mengatur kedudukan jarum penunjuk dengan cara memutar sekrupya ke kanan atau ke kiri dengan menggunakan oben pipih kecil.

4. Zero Ohm Adjust Knob : Berfungsi untuk mengatur jarum penunjuk pada posisi nol. Caranya, saklar pemilih diputar pada posisi (ohm), test lead + (merah) dihuungkan ke test lead – (hitam), kemudian tombol pengatur diputar ke kiri atau ke kanan sehingga jarum menunjuk pada 0 Ohm. 

5. Lubang kutub + : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (+) yang berwarna merah.

6. Positive Terminal (20 A DC Only) : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (+) yang berwarna merah ketika mengukur Arus DC dari 0-20 Ampere

7. Range Selector Switch : Berfungsi untuk memilih posisi pengukuran dan batas ukurannya. Ada 4 yaitu : DCV, DC mA, ACV, dan Ohm.

8. Lubang kutub – : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (-) yang berwarna hitam.  

Baca Juga: Cara Memeriksa Kabel Busi / Kabel Tegangan Tinggi

Cara Menggunakan Multimeter

Untuk menggunakan multimeter, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan bahwa multimeter memiliki baterai yang baru dan tersambung dengan benar.
  2. Pilih saklar untuk fungsi yang akan diukur. Misalnya, pilih saklar untuk mengukur tegangan atau arus listrik.
  3. Hubungkan kabel ukur pada multimeter ke komponen atau sirkuit yang akan diukur. Kabel merah biasanya digunakan untuk mengukur tegangan, dan kabel hitam digunakan untuk mengukur arus atau resistansi.
  4. Buka saklar pengukur pada multimeter dan hubungkan kabel ukur pada komponen atau sirkuit yang akan diukur.
  5. Baca hasil pengukuran pada skala multimeter. Pastikan untuk membaca skala dengan benar dan memperhatikan satuan yang digunakan (misalnya volt, ampere, atau ohm).

Ingatlah bahwa multimeter harus diatur dengan benar untuk mengukur nilai yang tepat. Jika tidak, hasil pengukuran mungkin tidak akurat. Selain itu, hindari menyentuh bagian dalam multimeter saat mengukur suatu komponen atau sirkuit, karena dapat menyebabkan kerusakan pada multimeter atau bahkan kecelakaan. Semoga artikel mengenai fungsi multimeter dan cara menggunakannya ini bermanfaat.

Baca juga: Dapatkan Bitcoin Senilai Rp25 ribu Gratis dari Pintu!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.