Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Lampu Rem (Brake Light)
Otomotif

Fungsi Lampu Rem (Brake Light)

  • 1 Dec, 2015 oleh Budi Santoso
  • 2 menit membaca

Fungsi Lampu Rem (Brake Light) – Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi lampu kota, dan juga fungsi dan macam lampu kepala (head light).

Sekarang kita akan membahas tentang fungsi lampu rem (brake light), yang merupakan salah satu dari beberapa lampu yang terdapat pada kendaraan atau mobil.  

Lampu rem ini terletak di bagian belakang, di bagian depan tidak terdapat lampu rem. Baik di motor maupun di mobil pasti terdapat lampu rem, kecuali sudah dilepas. Ha ha.    

Sesuai dengan namnya, lampu rem ini berfungsi sebaga tanda atau isyarat kepada pengemudi atau pengendara di belakangnya bahwa mobil tersebut melakukan pengereman atau memperlambat laju kendaraan.  

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang diakibatkan karena pengemudi dibelakangnya tidak siap mobil didepannya melakukan perlambatan lajunya. Atau dapat juga dikatakan untuk mencegah terjadinya tubrukan antara mobil yang di depan dengan yang dibelakannya saat mobil yang di depan melakukan pengereman.

Lampu rem ini akan hidup ketika pedal rem diinjak, dan ketika pedal rem tidak diinjak maka lampu rem tidak menyala.  

Bolamp lampu rem ini menjadi satu dengan lampu kota, sehingga bolampnya disebut bolamp 2 filamen. Umumnya lampu rem ketika menyala akan lebih terang, dibandingkan dengan lampu kota.

Jadi ketika lampu kota sudah hidup, kemudian pedal remnya diinjak maka lampu belakang tempat lampu kota dan lampu rem akan menyala lebih terang. Yang membuat lampu rem lebih terang adalah karena daya dari lampu rem lebih besar, dibandingkan dengan daya pada lampu kota.

Baca Juga: Fungsi Lampu Kota (Clearence Light)