Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)
fungsi lampu kota
Otomotif

Fungsi Lampu kota (Clearance light atau Tail Light)

  • 1 Dec, 2015 oleh Budi Santoso
  • 3 menit membaca

Pada sistem penerangan terdapat berbagai macam lampu, seperti lampu kepala, ampu jarak, lampu rem, lambu tanda belok, lampu plat nomor, lampu ruangan dan lain sebagainya. Termasuk lampu kota yang tak kalah penting fungsinya.

Lampu jarak dong? Ya, lampu kota hanya dikenal di Indonesia, sedangkaan nama internasionalnya adalah tail light dan clearance light. Clearance light dalam bahasa indonesia mempunyai arti lampu jarak. Sedangkan tail light mempunyai arti lampu ekor atau lampu belakang.

Dari namanya sebenarnya kita sudah bisa mengetahui kegunaannya, oke biar lebih jelas berikut ini menjelaskan tentang fungsi lampu kota, atau lampu jarak atau lampu belakang.  

Baca Juga:

Fungsi Lampu Kota

(Everypixel)

Lampu kota adalah lampu kecil yang biasanya dihidupkan di dalam kota. Bahkan sepeda motor wajib menghidupkan lampu kota ini. Lampu ini mempunyai kegunaan untuk memberikan isyarat adanya serta lebarnya suatu kendaraan.

Isyarat ini diberikan kepada pengemudi lain bahwa ada kendaraan dengan lebar sekian, ini akan sangat berguna ketika di malam hari. Karena memberitahukan lebar kendaraan, maka disebut dengan lampu jarak (clearance light).

Maka dari itu, biasanya truk-truk pembawa muatan biasanya melengkapi kendaraannya dengan banyak lampu kota. Tujuannya adalah memberikan isyarat kepada pengemudi lainnya bahwa ada truk atau kendaraan dengan lebar sekian mau lewat.

Mengapa disebut dengan tail light atau lampu belakang, hal ini dikarenakan lampu kota juga terdapat di belakang. Yaitu menjadi satu kotak dengan lampu rem. 

Fungsinya sama yaitu sebagai isyarat jarak atau lebar kendaraan kepada pengendara lain. Hanya beda namanya saja, yang depan disebut dengan clearance light, sedangkan bagian belakang disebut dengan tail light.

Cara menghidupkan lampu kota ini cukup mudah, yaitu cukup memutar head light switch satu kali saja. Maka bila masih normal, lampu kota akan hidup. Selain itu juga lampu yang hidup ketika lampu kota dihidupkan antara lain lampu plat nomor dan lampu dashbord.

Baca Juga:

Featured Image Source: Archiproducts

Editor: Voni Sri


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.