Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 6 Fungsi Kunci T Yang Perlu Kamu Ketahui
Otomotif

6 Fungsi Kunci T Yang Perlu Kamu Ketahui

  • 30 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Fungsi kunci T banyak sekali dan memiliki beragam jenis tidak hanya sebagai hand tool otomotif namun berguna pada rumah tangga. Bentuk kunci ini seperti huruf T dan memiliki nama lain yakni kunci shock T handle.

Fungsi kunci T utamanya adalah sebagai keperluan teknis motor digunakan pada pemasangan baut. Bentuk kunci T untuk motor dan mobil memiliki perbedaan ukuran. Penjelasan lengkap terkait fungsi kunci T ini bisa disimak dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Kunci T

gambaran fungsi kunci T
Blibli

Bentuk kunci T mudah dikenali apalagi sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya dalam dunia otomotif saja melainkan kerajinan kayu, bangunan dan rumah tangga.

Ada berbagai ukuran yang tersedia mulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm hingga 19 mm. Range harganya terjangkau yakni mulai dari Rp35.000 hingga Rp60.000.

Kunci T memiliki lima jenis lapisan finishing diantaranya adalah chrome plated, satin finish, polish finish with black side, nickel satin finish, dan black finish. Kualitas lapisan yang paling unggul ialah satin finish dan chrome plated sehingga harganya jauh lebih mahal dibandingkan yang lain. 

Bahan chrome lebih tahan terhadap korosi dan mampu memberikan torsi lebih besar. Di pasaran juga memiliki kunci T yang bahannya besi campuran dengan harga lebih murah.

Baca juga:

Jenis Kunci T

pilihan jenis dan fungsi kunci T
Blibli

Sebelum memahami fungsi kunci T kenali dulu jenisnya mulai dari untuk motor, mobil dan rumah tangga. Meskipun sama-sama berfungsi melonggarkan baut namun model kunci ini juga berbeda.

Kunci T Motor

Kunci T pada motor memiliki finishing warna hitam yang mengkilap. Bengkel motor biasanya selalu memiliki kunci T8 dan T10. kunci ini berguna untuk mengencangkan baut body maupun cover CVT.

Diameter dan panjang gagangnya lebih besar dibandingkan dengan kunci T mobil. Torsi yang dimilikinya sangat pas untuk keperluan bongkar pasang mesin industri.

Kunci T Mobil

Kunci T mobil mempunyai torsi lebih besar dari sepeda motor. Bentuknya juga berbeda dengan kunci T sepeda motor. Keunggulan kunci T mobil adalah modelnya dapat diubah pada bagian handle. Pins bisa menambah panjang handle guna memberikan torsi lebih besar.

Kunci T Rumah Tangga

Kunci T rumah tangga memiliki torsi lebih kecil sebab digunakan untuk memasang baut pada meja, kursi ataupun alat rumah tangga lainnya. Dimensi atau ukuran kunci T rumah tangga lebih kecil dibandingkan untuk mobil dan sepeda motor.

Baca juga:

6 Fungsi Kunci T

laki-laki sedang menggunakan fungsi kunci T pada motornya
Pexels

Inti dari fungsi kunci T adalah melonggarkan baut berjenis hexagonal bolt atau yang memiliki kepala berbentuk segi enam. Fungsinya bisa Pins simak selengkapnya di bawah ini!

Mengencangkan Busi

Beberapa jenis busi memiliki ukuran hingga 17 mm yang bisa dibuka dengan kunci T dengan ukuran yang sama. Kunci T mempunyai torsi lebih besar sehingga mudah mengencangkan busi.

Kunci T bisa digunakan membuka busi bila ada cukup ruang untuk bagian handle. Dalam mengencangkan atau membuka busi harus hati-hati sebab bisa menyebabkan ulir mesin menjadi slek.

Membuka Baut Slek

Fungsi kunci T lainnya adalah mampu membuka baut yang mulai slek. Jika menggunakan kunci pas atau kunci ring akan beresiko kepala baut bertambah dol atau slek.

Saat baut mulai slek maka kunci ring tidak sanggup lagi membukanya. Berbeda dengan kunci T yang masih bisa melonggarkan baut dengan baik.

Mengencangkan & Membuka Baut Di Celah Sempit

Baut yang menjorok misalnya pada blok kopling atau CVT akan sulit dibuka dengan kunci pas atau kunci ring. Baut yang menjorok ke dalam ini membuat sudut kunci pas atau kunci ring tidak optimal bekerja.

Jika memakai kunci T mudah karena mampu mencapai celah sempit. Asal ada ruang cukup bagi handle kunci T maka baut bisa dikencangkan atau dibuka secara vertikal maupun horizontal.

Mencegah Slek Pada Mur

Kepala baut bisa slek atau semakin dol karena pemakaian kunci yang tidak tepat.  Kunci T memiliki bentuk dan ukuran yang ringkas sehingga mampu mencegah baut slek.

Kunci T membantu mencegah terjadinya slek pada mur saat proses pengenduran atau pengencangan. Bagian gagang bisa dipegang dengan kedua tangan sehingga seimbang posisinya.

Sementara kunci ring atau kunci pas hanya memiliki satu gagang saja. Potensi untuk menghasilkan torsi tidak seimbang akan jauh lebih besar dibandingkan kunci T.

Membuka & Mengencangkan Baut Pada Torsi

Kunci T juga berguna untuk keperluan membuka dan mengencangkan baut yang memiliki karakter di torsi. Misalnya saja baut dan mur pada as roda hingga blok mesin. Kunci T mampu membuka baut dengan mudah asal ukuran gagang tersebut cukup besar.

Melonggarkan Baut Di Blok Mesin

Manfaat lainnya adalah mampu melonggarkan baut di blok mesin. Blok mesin motor memiliki banyak bagian dan biasanya menyisakan ruang kecil. Lokasi baut tersebut kebanyakan hanya bisa dijangkau dengan kunci T.

Fungsi kunci T utamanya adalah melonggarkan dan mengencangkan baut. Kunci T yang bagus adalah yang memiliki lapisan chrome sebab tahan akan korosi.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.