Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Kunci Shock: Jenis, Cara Menggunakan dan Kelebihannya
Otomotif

Fungsi Kunci Shock: Jenis, Cara Menggunakan dan Kelebihannya

  • 18 Aug, 2019 oleh Omri Christian
  • 4 menit membaca

Selain kunci pas, kunci ring maupun kunci kombinasi, ada jenis kunci shock yang bila secara SOP menjadi pilihan pertama yang harus dipilih ketika mengendurkan/mengencangkan mur/baut. Fungsi kunci shock ini berlaku terutama ketika tersedia ruang yang luas.  

Untuk menggunakan kunci shock, penting untuk kamu tidak menggunakan alat ini dengan sembarangan. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu fungsi kunci shock. Apa fungsi alat ini sebenarnya? Ketahui jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Daftar Ukuran Mobil Berbagai Merk, Lengkap!

Pengertian Kunci Shock

fungsi kunci shock
(Lazada)

Kunci shock atau soket memiliki bentuk silinder yang terbuat dari baja tensil tinggi dan dilapisi nikel. Alat ini dapat diganti-ganti stang (batang) shock, selain itu juga bisa diperpanjang dengan menambah sambungan shock. 

Secara sekilas, kunci socket memiliki dua ujung. Satu ujung mempunyai dudukan segi empat dan sebagai tempat untuk stang sock atau sambungan sock. Sementara ujung lainnya memiliki dimensi hexagonal (seperti kunci ring yang berjumlah 12 sudut), ada juga yang segi 6.

Fungsi Kunci Shock

Kelengkapan kunci sock
Gambar kelengkapan kunci socket

Fungsi kunci sock adalah untuk melepas/memasang baut dan mur, dan merupakan pilihan pertama yang harus dipilih karena akan pas pada kepala baut/mur sehingga meminimalisir terjadinya kepala baut gundul atau tergelincir saat pelepasan/pengencangan.

Kunci sock juga merupakan kunci yang sangat efektif, karena disertai dengan kelengkapan tambahan yang dapat disambungkan dengan ujung penggerak sehingga ketika melepas/mengencangkan baut/mur dapat dilakukan dalam waktu yang efisien.

Dalam satu set kunci sock terdiri dari berbagai macam ukuran, setang dansambungan. Ada setang sock yang mirip kunci T, ada juga setang sock yang bernama rachet untuk mempercepat proses pelepasan maupun pengencangan. Setang sock juga dapat disambung dengan pipa, untuk memperbesar momen.

Baca juga: Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Fungsi Kunci Shock Berdasarkan Jenisnya

fungsi kunci shock
(Blibli)

Kunci shock memiliki setidaknya memiliki tiga jenis. Beberapa di antaranya adalah: 

Berdasarkan Panjang Pendek Tabung Kunci Shock

Kunci shock berdasarkan ukuran terbagi menjadi ukuran standar (pendek), semi-deep (sedang), dan deep (dalam atau panjang). Ukuran pendek biasanya digunakan untuk mengencangkan baut atau mur dengan momen pengencangan yang besar.

Kunci shock panjang digunakan untuk mengencangkan baut dengan momen mengencangkan yang sedang. Sedangkan, kunci shock panjang biasanya digunakan untuk mur atau baut yang menonjol ke atas.

Berdasarkan Jumlah Titik Lubang Kunci Shock

Kunci shock juga terbagi menjadi kunci 6pt (hexagon), 8 pt (double square) dan 12pt(double hexagon). Untuk 6pt dipakai pada momen pengencangan yang besar. Sedangkan 12pt digunakan untuk sudut geser yang lebih kecil,

Berdasarkan Ukuran Drive Hole Kunci Shock

Kunci shock berdasarkan ukuran setidaknya dibagi menjadi 4 macam yaitu 1/4 inch (0.6 cm), 3/8 inch (0.9 cm), 1/2 inch (1.3 cm), dan 3/4 inch (1.9 cm). Masing-masing ukuran ini digunakan untuk alat pelengkap yang digunakan dalam mengendurkan dan mengencangkan mur atau baut.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Kelebihan Kunci Shock

Alat ini memeiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunci sock memiliki jumlah sisi yang sama dengan sisi pada kepala baut/mur, khususnya untuk kunci sock segi 6. Sehingga akan pas dan meminimalisir terjadi kerusakan pada kepala baut/mur dan tergelincir saat pelepasan maupun pengencangan.
  2. Kunci sock dapat lebih flexible dan memiliki gaya yang lebih besar, karena dengan kunci sock kita bisa memilih setang yang digunakan, sambungan dan ratchet yang mempercepat pelepasan/pengencangan.
  3. Untuk melepas baut/mur yang sulit dijangkau dengan kunci pas atau mur, seperti baut manifold, baut kepala silinder dan lain-lain.

Cara Menggunakan Kunci Shock

fungsi kunci shock
(Qhomemart)

Untuk menggunakan kunci shock kita perlu menggunakan beberapa alat tambahan seperti ratchet, T-sliding bar, atau dengan kunci momen. Pada ujung alat-alat tersebut terdapat dudukan berbentuk kubus (kotak) untuk memasang kunci shock. Biasanya pada dudukan tersebut terdapat sebuah bola besi berpegas yang berfungsi untuk mencengkram kunci shock agar tidak mudah terlepas dari dudukannya.

Umumnya, kunci shock digunakan dengan beberapa alat lain agar tidak sulit terlepas. Alat tersebut adalah ratchet, T-sliding bar dan kunci momen. 

Setelah memasangkan kunci shock pada alat-alat tersebut, kamu hanya perlu memasang kunci shock pada baut atau mur yang akan dikendurkan atau dikencangkan. Pastikan ukuran kunci shock yang sama dengan ukuran kepala baut atau mur. Putar alat ke kanan untuk mengencangkan dan ke arah sebaliknya untuk mengendurkan.

Sekian informasi mengenai fungsi kunci shock, jenis, dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Nama alat-alat bengkel otomotif, fungsi dan gambarnya


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.