Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi, Cara Menggunakan dan Merawatnya
Fungsi kunci pas
Otomotif

Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi, Cara Menggunakan dan Merawatnya

  • 8 Aug, 2019 oleh Omri Christian
  • 5 menit membaca

Kunci pas adalah salah satu macam alat bantu tangan yang fungsi kunci pas untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya atau kepala baut/mur yang telah dilonggarkan dengan kunci ring, atau baut/mur yang sulit dijangkau jika menggunakan kunci ring.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan berbagai pekerjaan di bengkel otomotif terutapa pada perbaikan kendaraan bermotor pasti dibutuhkan alat-alat bantu kerja, umumnya alat bantu kerja ini terbagi menjadi dua yaitu alat bantu tangan dan alat mesin.

Alat bantu tangan berarti pengoperasiannya menggunakan tenaga tangan (manual), sementara alat bantu mesin berarti sumber tenaganya menggunakan mesin seperti gerinda, bur, impac wrench, hidrolic dll.  

Alat bantu tangan dalam alat-alat bengkel jumlahnya sangat banyak, beberapa yang paling familier mungkin seperti kunci ring, kunci shock, kunci pas, kunci T dan lain-lain.  

Sesuai dengan judul artikel ini, kunci yang akan kita bahas adalah “kunci pas”, yaitu terkait dengan fungsi kunci pas, spesifikasi ukuran kunci pas dan gambar kunci pas.   

Baca Juga:

Pengertian Kunci Pas

(Pinterest)

Kunci pas adalah alat yang memiliki dua ujung dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, alat ini bisa berguna untuk melakukan dua fungsi sekaligus.

Ukuran kunci pas sendiri bervariasi. Mulai dari kunci yang berukuran 4 hingga 80 mm. Semua ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan perbaikan otomatif.

Kunci pas ini pada dasarnya memang gabungan dari shank kunci pas dan ring. Alat ini memungkinkan kamu untuk melepas baut dan mur tanpa menggunakan bantuan alat lain.

Fungsi Kunci Pas

(Auto2000)

Fungsi utama kunci pas adalah untuk mengencangkan dan melepas baut atau mur yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya, atau sudah dilonggarkan dengan kunci shock/kunci ring sebelumnya. Kunci pas juga berfungsi untuk mengencangkan dan melepas baut/mur yang tidak terjangkau atau posisinya susah bila menggunakan kunci ring maupun kunci shock.

Mengapa kunci pas digunakan pada mur/baut yang sudah longgar? Kunci pas hanya menyentuh sebagian sisi dari kepala baut/mur, sehingga jika digunakan untuk melepas/mengencangkan mur/baut yang belum longgar akan berpotensi merusak kepala baut atau murnya.   

Kontruksi Kunci Pas

(Moladin)

Kunci pas dibuat dari bahan baja tensil tinggi sehingga memiliki ketahanan dan kekuatan menerima beban (tidak mudah penyok). Pada kunci pas terdapat tanka (shank) dengan kepala yang masing-masing membentuk sudut 15 derajat terhadap tangkainya.  

Alat ini umumnya memiliki dua kepala (dua ujung) yang memiliki ukuran yang berbeda, seperti 6 mm dan 7 mm, 8 mm dan 9 mm dan seterusnya. Ukuran kunci biasanya menunjukkan lebar dari mulut kunci yang dibuat sama dengan ukuran kepala baut/mur.   

Cara Menggunakan Kunci Pas

Untuk menggunakan kunci pas sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyesuikan kunci dengan ukuran baut. Apabila tidak cocok, tentunya Pins akan kesulitan memutar baut atau mur.

Setelah menemukan ukuran yang tepat, kamu tinggal menyesuaikan posisi kunci tepat dengan baut. Pastikan kamu meletakannya secara lurus dan tidak miring.

Selanjutnya Pins tinggal memutar kunci dengan tidak perlu menggunakan banyak gaya. Gerakan menarik lebih daripada karena mendororng karena membuat kunci pas lebih awet.

Baca juga:

Spesifikasi Ukuran Kunci Pas

(BP Guide)

Satuan ukuran kunci pas terdiri dari mm (metric) dan inch. Untuk ukuran mm tersedia ukuran 4 mm hingga 80 mm. Ukuran metric ini yang paling sering dan umum digunakan di bengkel-bengkel otomotif.  

Walaupun yang terkecil adalah 4 mm, namun biasanya di bengkel hanya disediakan ukuran 6 mm atau 7 mm. Karena pada bengkel mobil, mur/baut ukuran kecil seperti 4 mm jarang ditemui.

Di bengkel biasanya tersedia kunci pas dari ukuran 6 mm sampai 36 mm, kecuali ukuran 31, 33 dan 35 tidak tersedia.  

Cara Merawat Kunci Pas Ring

Kunci pas juga sangat mungkin mengalami kerusakan. Oleh karena itu. Penting untuk kamu bisa merawat alat ini dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, beberapa diantaranya adalah:

Segera Bersihkan Setelah Digunakan

Kamu harus langsung membersihkan kunci pas agar tidak ada kotoran menempel. Oli atau bahan bakar yang menempel bisa merusak kunci.

Simpan di Tempat yang Sesuai

Simpan kunci pas di toolbox atau di dinding. Meletakkannya secara sembarangan membuat alat ini lebih mudah rusak. Misalnya, penyimpanan di tempat yang basah akan membuat alat ini berkarat.

Jangan Gabung Penyimpanan dengan Alat Lain

Sebaiknya kamu tidak menggabungkan kunci pas dengan alat lain yang berkarat dan kotor. Besar kemungkinan kunci pas akan ikut berkarat bila digabungkan dengan alat-alat tersebut

Demikian infromasi mengenai fungsi kunci pas, spesifikasi ukuran kunci pas, cara menggunakan serta merawat kunci pas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Futuready.com


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.