Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Kunci Momen: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakan
Otomotif

Fungsi Kunci Momen: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakan

  • 30 Aug, 2019 oleh Omri Christian
  • 5 menit membaca

Baut atau mur harus dikencangkan sesuai dengan spesifikasinya, spesifikasi ini tergantung dari ukuran/kekuatan yang diharuskan. Sebagai contoh dalam pengencangan mur roda, ketika tidak sesuai dengan momen spesifikasi maka ada dua kemungkinan, yaitu : jika terlalu kendur maka potensi akan terlepas, ketika terlalu kencang maka bisa patah.  

Untuk mencegah kekencangan baut atau mur yang terlalu kendur atau terlalu kencang, maka bisa menggunakan kunci moment atau torsi. Ini lah pentingnya mengetahui fungsi kunci momen dan cara menggunakannya.

Baca juga: Nama Alat-Alat Bengkel Otomotif: Fungsi dan Gambarnya

Pengertian Kunci Momen

fungsi kunci momen
(Blibli)

Kunci momen merupakan alat teknik otomotif yang berfungsi untuk mengukur gaya puntir pada baut dan mur. Dengan kata lain, alat ini berfungsi agar kekencangan baut dan mur sesuai dengan spesifikasi.

Kekencangan ini berkaitan dengan seberapa kuat gaya (moment) dalam mengencangkan baut/mur. Ketika sudah mencapai moment yang diatur, maka alat ini akan berbunyi.

Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench)

fungsi kunci momen
(Monotaro)

Kunci momen (torque wrench) berfungsi untuk mengukur gaya puntir pada baut dan mur, agar mencapai kekencangan tertentu. Dengan kunci momen ini kekencangan baut/mur dapat diatur dan disesuaikan dengan spesifikasi yang terdapat pada manual book (buku manual).  

Jenis kunci ini dipasangkan dengan socket yang dapat disesuaikan berbagai macan ukuran baut. Satuan yang sering digunakan pada kunci momen ini adalah Nm, Lb dan kg-m.  

Dalam otomotif, kunci ini biasa digunakan untuk beberapa hal. Di antarannya adalah:

  1. Mengencangkan busi
  2. Mengencangkan baut kepala silinder
  3. Mengencangkan baut pada poros engkol
  4. Mengencangkan baut pada poros nok
  5. Mengencangkan baut-baut manifold
  6. dan lain-lain

Baca juga: Fungsi Kunci Pas: Spesifikasi Ukuran Kunci Pas dan Gambarnya

Bagian-Bagian Kunci Momen

Ada beberapa bagian yang bisa kamu perhatikan dalam kunci momen. Berikut adalah kontruksi atau bagian-bagian dari kunci momen :

bagian-bagian kunci momen
Bagian-bagian kunci momen

Jenis Kunci Momen

Kunci momen atau kunci torsi punya beragam jenis. Berikut ini beberapa jenis yang umum digunakan:

Deflecting Beam Torque Wrench

Jenis kunci momen ini menggunakan jarum sebagai penunjuk nilai atau besaran momen mur dan baut. Kunci momen yang satu ini pun memiliki bentuk seperti pedang dengan kunci soket di salah satu ujungnya dan jarum di ujung yang lainnya.

Dial Indicator Torque Wrench

Jenis ini menggunakan dial indicator untuk menunjukkan besaran momen pengencangannya. Tingkat ketelitiannya sendiri terbilang cukup tinggi. Ketelitian yang dicapai berkisar antara 0.01 sampai 0.001 mm. Kunci torsi jenis dial indicator biasanya dipakai pada industri otomotif.

Pneumatic Torque Wrench

Pneumatic torque wrench memanfaatkan tekanan udara untuk mengencangkan baut dan mur. Alat ini umumnya dipakai oleh baut-baut yang membutuhkan pengencangan besar.

Kunci momen ini punya getaran yang sangat sedikit dan akurasi yang sangat baik pula. Kemampuan ini berkisar antara 118 Nm sampai 47,600 Nm.

Hydraulic Torque Wrench

Hydraulic Torquw Wrench menggunakan tenaga hidrolik dalam proses pengencangan bautnya. Kunci ini memiliki bobot yang ringan dengan ukuran lebih kecil.

Click Type Torque Wrench

Jenis kunci ini menjadi salah satu kunci momen dengan keakuratan yang tinggi.  Nilai kekencangan ini bisa disesuaikan tanpa perlu melihat jarum indikatornya, melainkan melalui bunyi “klik”.

Digital Torque Wrench

Kunci ini menjadi salah satu kunci torsi yang canggih. Ini karena skala baca pada kunci telah dilakukan secara digital. Oleh karena itu, kesalahan pembacaan sangat bisa diminimalisir.

Cara Menggunakan Kunci Momen

fungsi kunci momen
(Fixcomart)

Menggunakan kunci agar fungsi kunci momen maksimal sebenarnya tidak berbeda jauh dengan penggunaan dengan kunci yang lainnya. Hal yang berbeda adalah kunci momen memiliki indikator ukur di dekat gagang pegangannya.

Agar kamu mengetahui lebih jelas, berikut ini beberapa cara menggunakan kunci momen:

Longgarkan Mur Penyetel

Pertama, longgarkan mur penyetelnya dan geser menggeser skala kekencangan mur. Geser sampai jarum terletak sampai angka yang diinginkan. 

Kunci Batas Beban

Selanjutnya, kamu harus mengunci batas beban. Penguncian ini bisa kamu lakukan dengan mengencangkan mur pengunci.

Pakai Kunci Biasa untuk Kencangkan Mur dan Baut

Kamu tetap harus memakai kunci biasa di awal pengerjaan. Apabila mur dan baut telah agak kencang, kamu bisa gunakan kunci torsi untuk lebih menguatkannya.

Pasang Kunci Soket

Sebelum memakai kunci torsi untuk mengencangkan baut dan mur, pasang dulu kunci momen yang telah disesuaikan ukurannya dengan baut atau mur ke kunci torsi.

Masukkan Mur atau Baut

Berikutnya, pasang kunci soket ke baut atau mur yang telah sesuai ukurannya. Masukkan baut atau mur ke kunci soket melalui lubang di ujung kunci torsi.

Putarkan Kunci Torsi

Terakhir, putar kunci tersebut searah dengan jarum jam sampai pada nilai kekencangan yang diinginkan. Apabila kamu menggunakan model klik, maka putarlah kunci torsi sampai ada bunyi `klik`.

Demikian, rupanya kunci momen memang merupakan peralatan terpenting dalam pekerjaan di industri otomotif. Gunakanlah kunci ini dengan benar agar lebih awet. Semoga bermanfaat!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.