Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ketahui Pengertian dan Fungsi Kondensor Mobil Ini!
fungsi kondensor
Otomotif

Ketahui Pengertian dan Fungsi Kondensor Mobil Ini!

  • 7 Apr, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Pins tahu tidak kalau ada banyak komponen AC mobil yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kondensor. Kondensor memainkan fungsi penting dalam mendinginkan mobil, Pins. 

Komponen AC ini bekerja sebagai penukar panas yang digunakan untuk mengubah gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi. Cairan ini kemudian dialirkan ke receiver dryer hingga berlanjut ke katup ekspansi. 

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini, yuk!

Baca Juga:

Apa Itu Kondensor Mobil?

Fungsi Kondensor
(Blibli)

Kondensor adalah radiator pada mobil yang ditempatkan di antara kisi-kisi mobil dan radiator pendingin mesin. Ini mengubah zat pendingin berbentuk gas yang melepaskan panas menjadi ke bentuk cair. 

Sementara itu, refrigeran cair akan mengalir ke evaporator dalam dashboard, yaitu tempat AC bekerja mendinginkan mobil. Bila kurang dingin, mungkin ada masalah pada kondensor AC atau kipas pendingin yang tidak berfungsi. 

Baca juga:

Fungsi Kondensor Mobil

(Pexels)

Seperti yang dijelaskan, fungsi kondensor mobil menurunkan suhu refrigeran pada saat proses kondensasi. Bila suhu panas berhasil turun, ini akan membentuk cairan dingin yang dikeluarkan melalui lubang AC mobil. 

Sederhananya, kondensor menyerap panas pada freon yang sudah dikompresi oleh kompresor. Komponen AC mobil ini nantinya mengubah freon yang berbentuk gas menjadi cair. 

Letak kondensor biasanya berada di bagian depan radiator mobil. Pada posisi ini memang memungkinkan kotoran yang masuk ke dalam mobil lebih banyak. Akibatnya, kondensor menjadi kotor dan bisa menghambat proses pengembunan bila dibiarkan. 

Mengingat fungsi kondensor penting, kamu perlu merawat bagian mobil ini dengan hati-hati. Ini bertujuan mencegah terjadinya kebocoran kondensor yang bisa menyebabkan AC tidak berfungsi dengan baik

Akibatnya, kabin mobil mungkin akan terasa panas, terutama ketika berkendara pada kecepatan rendah atau berhenti total. 

Baca Juga: Siklus Pendinginan Sistem AC Mobil

Penyebab Kerusakan Kondensor Mobil

Fungsi Kondensor
(Pexels)

Bila kondensor rusak, tentu sensasi dingin dari AC ke kabin mobil akan berkurang drastis. Alhasil, fungsi kondensor tidak berjalan dengan baik, bukan? 

Sebelum mencoba memperbaikinya, Pins perlu paham dulu apa sih penyebab kerusakan kondensor pada mobil. Ini bertujuan agar mobil kamu mendapatkan penanganan yang tepat dan mencegah masalah yang sama terjadi di kemudian hari. 

Jarang Dibersihkan

Salah satu penyebab kebocoran kondensor yang paling sering diabaikan adalah adanya debu dan kerikil. Penumpukan kotoran dan debu ini bisa memantul dan mengenai kondensor AC hingga menyebabkan kebocoran. 

Putaran Kipas yang Melemah

Selain debu dan kerikil, fungsi kondensor mobil tidak berjalan maksimal bisa disebabkan oleh putaran kipas yang melemah. Perputaran kipas yang melemah dapat terjadi akibat penggunaan yang terlalu sering. 

Sementara itu, terlalu banyak freon yang digunakan bisa memicu tekanan berlebih sehingga suhu ruangan akan lebih tinggi. Akibatnya, kondensor akan lebih hangat daripada biasanya. 

Motor Kipas yang Rusak

Kondisi motor kipas yang sudah lemak atau bahkan rusak juga membuat kondensor menjadi panas. Ini terjadi akibat kurangnya hembusan atau hisapan udara. 

Alhasil, fungsi kondensor mobil untuk membuang panas dari mesin AC tidak berjalan dengan baik. Hal tersebut menyebabkan sistem AC menjadi rusak dan kabin mobil terasa panas saat dikendarai. 

Kondensor memang menjadi kompoenn AC mobil yang rawan rusak. Selain AC mobil, masalah pada kondensor bisa terjadi akibat mesin mobil yang kepanasan saat AC menyala. Jika AC dimatikan, panas mesin akan kembali normal. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Aki Mobil yang Bagus dan Cara Tepat Memilihnya

Ciri-ciri Kondensor Mobil Tidak Berfungsi 

Fungsi Kondensor
(Pexels)

Mengetahui apa saja penyebab kondensor mobil tidak berfungsi dengan baik ternyata tidak cukup. Kamu juga patut memahami bagaimana ciri-ciri kondensor yang mengalami kerusakan. 

Pertama-tama, udara yang keluar akan lebih hangat daripada biasanya atau jendela mobil akan berkabut. Jika refrigeran bocor, AC tidak bisa mengeluarkan banyak udara dingin, itupun bila benar-benar ada. 

Pins sebenarnya bisa mendeteksi kebocoran dengan menambahkan pewarna ultraviole ke refrigeran. 

Selain itu, periksa apakah ada penumpukan kotoran pada bagian dengan kondensor karena ini bisa mengurangi output AC. Bila ada, bersihkan kondensor untuk mengembalikan fungsi yang seharusnya bekerja.  

Cara Mencegah Fungsi Kondensor Rusak

(Pexels)

Umumnya, cara mencegah kerusakan fungsi kondensor AC mobil bisa dilakukan dengan rutin servis mobil. Melakukan pengecekan rutin setiap 3-6 bulan sekali bertujuan merawat mobil secara keseluruhan, termasuk menjaga performa kondensor. 

Pins juga bisa memastikan kondensor bersih dari debu dan kotoran dengan mencucinya menggunakan air. Pada saat menyemprotkan kondensor, kontrol tekanan air dengan baik. 

Usahakan agar tidak terlalu keras sehingga sirip kondensor tidak mudah penyok, Pins. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir debu dan kotoran lainnya menumpuk di kondensor dan mengganggu kinerja AC. 

Perlukah Rutin Mengganti Kondensor AC Mobil?

Sama seperti komponen AC mobil pada umumnya, kondensor biasanya tidak membutuhkan servis berkala selama menghasilkan udara dingin. Namun, beberapa ahli merekomendasikan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi tanda-tanda kerusakan sejak dini. 

Hal ini juga bertujuan melihat adanya karat dan membersihkan bagian eksternal dan internal jika diperlukan untuk menjaga kinerja AC. Penggantian kondensor mungkin akan diperlukan bila sudah tersumbat atau berkarat. 

Nah, itu tadi informasi seputar fungsi kondensor beserta hal yang bisa menyebabkan kerusakan dan cara merawatnya. Dengan begitu, kamu bisa merawat mobil dengan maksimal sehingga tahan lama dan pengalaman berkendara pun lebih nyaman. 

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.