Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Klep Motor, Komponen & Biaya Setel Ulangnya
Otomotif

Fungsi Klep Motor, Komponen & Biaya Setel Ulangnya

  • 28 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Klep merupakan katup untuk mengatur hasil bakaran dengan cara menutup, membuka, membesarkan atau mengecilkan arusnya. Fungsi klep motor ini penting khususnya pada motor 4-tak.

Klep juga biasa disebut dengan valve dan motor 2-tak biasanya memakai membran reed valve sebagai pengganti klep. Fungsi klep motor sangat penting sehingga harus benar-benar teliti dalam menyetelnya agar tidak menurunkan performa mesin.

Komponen Klep Motor

gambaran Fungsi klep motor
Suzuki Indonesia

Letak klep sendiri berada di kepala silinder mesin motor. Komponen dari klep sendiri bisa Pins simak sebagai berikut:

Batang Klep

Batang klep bisa langsung dikenali dari bentuknya yang lebih panjang dari komponen lainnya. Materialnya terdiri atas besi silver dengan warna bening ataupun transparan.

Pegas

Klep perlu ditahan agar tidak tertutup saat sedang tidak tertekan atau free. Untuk menahan klep tersebut digunakan komponen pegas ini.

Daun Klep

Komponen ini seperti melingkar dan menyatu pada bagian batang klepnya. Daun klep ini berfungsi untuk membantu permukaan gesek bisa melekat pada klep dengan rapat.

Retainer

Retainer diletakan dalam daun katup yang fungsinya sebagai pengunci retainer cap. Komponen ini perlu dikunci agar tetap menempel pada batang katup.

Retainer Cap

Bagian yang melekat pada permukaan gesek ini memiliki fungsi sebagai dudukan untuk batang klep. Dengan begitu batang klep bisa berdiri tegak di atas katup.

Permukaan Gesek

Peran dari permukaan gesek tak kalah penting dari komponen klep lainnya. Permukaan gesek berfungsi untuk menentukan apakah ada kebocoran pada katup atau tidak. Ukuran ini penting agar menghindari kebocoran saat berkendara.

Baca juga:

Fungsi Klep Motor

Fungsi klep motor paling utama adalah sebagai pengaman mesin kendaraan. Tidak semua motor menggunakannya namun bisa menjadi acuan performa kendaraan. Adapun fungsi klep motor sendiri terbagi menjadi tiga hal yakni:

Sebagai Sekat

Motor memiliki proses pembakaran dan klep berfungsi sebagai pembatas antara pintu terbakar dan udara. Klep mengatur sirkulasi udara agar tidak ada zat campuran lainnya pada mesin motor.

Apabila motor menimbulkan kepulan asap maka pertanda adanya pemborosan pembakaran. Kepulan asap menunjukan buangan dari hasil proses pembakaran itu sendiri.

Mengeluarkan Sisa Pembakaran

Dalam proses pembuangan maka akan melewati komponen klep. Klep mengeluarkan zat buangan hasil proses pembakaran dari ruang bakar. Zat buangan ini bisa berupa limbah atau zat sisa pembakaran.

Memasukan Material Pembakaran

Selain bertugas sebagai pemisah dan mengeluarkan zat sisa pembakaran, klep memiliki tugas memasukan material pembakaran. Bahan yang dibakar akan di kirim ke ruang bakar oleh klep.

Setelah itu klep akan mengunci material di ruang bakar agar mencegah kebocoran saat proses pembakaran tersebut. Baru sisa zat pembakaran pada akhirnya akan dibuang kembali oleh klep.

Baca juga:

Kapan Sebaiknya Klep Disetel Ulang?

mekanik mengecek Fungsi klep motor
Pexels

Ada beberapa tanda yang bisa Pins waspadai untuk melakukan penggantian klep yakni sebagai berikut:

Mesin Mudah Panas

Umumnya ketika mesin digunakan maka akan ada peningkatan suhu. Kondisi mesin panas sebenarnya alami namun bisa prosesnya terjadi dalam durasi singkat perlu diwaspadai.

Ini bisa jadi pertanda bahwa klep tidak bekerja sebagaimana mestinya. Apabila klep tidak bekerja normal maka pengaruhnya bisa dilihat dari mesin motor yang mudah sekali panas.

Tarikan Lebih Berat

Selain itu bila Pins merasa tarikan lebih berat daripada biasanya maka pertanda klep perlu disetel ulang. Klep yang tidak stabil menyebabkan tarikan mesin terasa berat. Ini juga bisa menyebabkan masalah lain pada komponen di sekitar klep.

Muncul Suara Aneh Pada Mesin

Penggunaan motor dalam jangka panjang juga bisa menurunkan kemampuan klep. Apabila klep mengeluarkan suara ngelitik maka perlu berhati-hati dan pantau terus. Apakah suara ini sifatnya hanya sementara atau berkelanjutan terus-menerus.

Suara menggelitik bisa muncul saat klep mulai melebar. Tandanya timbul erosi pada permukaan gesek dan retainer cap.

Biaya Setel Klep Motor

Pexels

Pada dasarnya biaya setel klep motor tidak mahal yakni mulai dari Rp30.000 untuk motor matic. Setel ulang klep pada motor sport jauh lebih mahal khususnya kapasitas 250 cc ke atas berkisar Rp75.000-Rp150.000.

Saat servis berkala kerenggangan klep juga ikut dicek oleh teknisi. Umumnya setel ulang dilakukan saat motor sudah menempuh jarak 6.000-10.000 km. Setel ulang klep juga tergantung pada masing-masing merk kendaraan namun patokan maksimalnya 1 tahun pemakaian.

Tips Merawat Klep Motor

Sebaiknya setel klep motor dilakukan di bengkel resmi jika tidak memiliki kemampuan dibidang otomotif agar terpasang dengan benar. Dengan begitu fungsi klep motor dapat bekerja seperti seharusnya. 

Untuk perawatan klep motor bisa dimulai dengan memperhatikan jarak baut pelatuk klep. Ukuran klep memang berbeda satu dengan lainnya namun harus saling sesuai antara satu dengan lainnya.

Atur jarak baut klep sebagaimana mestinya agar saling terkait dengan benar. Ikuti anjuran pabrik dalam hal servis agar pengecekan klep secara berkala bisa dilakukan.

Fungsi klep motor sangat penting dalam proses pembakaran. Tidak hanya sebagai sekat namun juga mengatur material pembakaran. Klep sendiri hanya terdapat pada motor 4-tak dan biaya setelnya cukup terjangkau.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.