Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok Rusak
Otomotif

Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok Rusak

  • 30 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Motor memiliki banyak komponen mesin salah satunya adalah kiprok. Fungsi kiprok motor berkaitan erat dengan arus daya listrik. Kiprok juga sering disebut sebagai rectifier regulator.

Kiprok memiliki beberapa komponen elektrik seperti dioda, transistor, resistor, IC dan lainnya. Fungsi kiprok motor bekerja dengan baik jika dilakukan perawatan dan pemeriksaan kondisinya secara berkala. 

Fungsi Kiprok Motor

fungsi kiprok motor lengkap dengan kabelnya
Astra Motor

Fungsi kiprok motor yang utama adalah menstabilkan arus listrik dari spul yang kemudian diteruskan ke aki. Dampak jika fungsi kiprok motor tidak bekerja dengan baik adalah sistem kelistrikannya akan abnormal.

Apabila arus listrik terlalu besar ke aki maka kondisinya akan over change. Jika arusnya terlalu kecil akan menyebabkan aki mudah tekor. Tegangan dan aliran harus dipastikan mengalir ke aki dalam kondisi jumlah seimbang.

Fungsi kiprok motor lainnya adalah mengubah arus listrik bolak-balik (AC/Alternating Current) menjadi arus listrik yang searah (DC/Directing current)

Jika tipe motornya berupa jenis motor dengan lampu depan maka fungsi kiprok motor sebagai penstabil arus ke lampu. Arus yang masuk dengan berlebihan akan diatur otomatis.

Apabila RPM sangat tinggi namun lampu redup atau bohlam malah putus maka ada kemungkinan ada kerusakan pada kiprok. Kiprok berfungsi sebagai penstabil arus yang dihasilkan dari spul. Ketika kiprok bermasalah maka pengaruhnya juga pada starter elektrik hingga spul.

Baca juga:

Gejala Kiprok Motor Rusak

wanita sedang berkendara mengecek fungsi kiprok motor
Pixabay

Setelah memahami fungsi kiprok motor, ada baiknya Pins mengetahui gejala kerusakannya. Dengan begitu motor bisa segera tertangani dengan tepat dan cepat.

Aki Tekor

Aki yang tekor merupakan salah satu tanda bahwa ada masalah pada kiprok motor. Gejala aki tekor bisa Pins ketahui ketika tanpa menjalankan motor yakni input listrik tidak menutup kelistrikan motor dengan sempurna.

Ketika aki bekerja dengan baik maka tegangan baterai stabil pada angka 12 volt. Saat aki tekor, listrik dalam baterai akan cepat terkuras yang menyebabkan aki drop. Saat mencoba untuk membunyikan klakson maka suaranya seperti sember.

Tanda lainnya adalah starter motor mati ketika kendaraan dalam posisi menyala. Tak perlu langsung mengganti aki namun cek dahulu keadaan kiprok apakah rusak atau tidak.

Lampu Redup

Tanda lainnya dari kiprok rusak ialah lampu yang meredup. Sepeda motor pada RPM tinggi akan membuat lampu menyala dengan terang. Bila keadaannya sebaliknya maka ada masalah pada kiprok.

Gejala ini tidak berbahaya namun cukup mengganggu sehingga perlu segera diatasi. Selain itu lampu yang sering putus juga pertanda adanya masalah pada kiprok. Hal ini terjadi karena kiprok tidak mampu membatasi tegangan yang mengalir ke lampu.

Tegangan yang melebihi kemampuan menerima aliran 12 volt menyebabkan lampu sering putus. Kondisi ini akan terus terjadi meskipun sudah ganti bohlam lampu motor.

Solusinya cek kiprok apakah memiliki tegangan normal yakni di kisaran 12-14 volt. Untuk mencegah kiprok aus maka berkendaralah dengan kecepatan standar.   

Motor Mogok

Kiprok yang rusak menyebabkan komponen untuk suplai kelistrikan tidak bekerja. Akibatnya motor bisa tiba-tiba mogok dan lampu speedometer mati karena kurangnya tegangan aki.

Overcharging

Gejala lainnya dari kiprok rusak adalah kiprok mati atau mulai melemah. Bagian regulator juga mengalami overcharging yakni kondisi dimana kiprok tak mampu mengatur besar rectifier (arus) listrik dari alternator. 

Hal ini juga berpengaruh pada suara motor yang dihasilkan jadi brebet saat riding. Kondisi ini bukan karena bensin mau habis atau karburator maupun injektor kotor melainkan tegangan kiprok yang belum stabil.

Baca juga:

Dampak Kiprok Rusak

komponen dan fungsi kiprok motor
Sparckmoto

Kiprok yang rusak menyebabkan motor bisa mati secara spontan. Hal ini disebabkan oleh pasokan listrik tidak dapat mengalir masuk ke komponen listrik yang seharusnya. 

Mula-mula motor hanya mogok namun jika kerusakannya semakin parah, lama-lama motor tidak bisa menyala sama sekali. Kiprok yang memiliki masalah tidak terlalu parah akan menyebabkan lampu redup saja.

Dengan mengetahui kerusakan dini, komponen bermasalah bisa ditangani sedini mungkin. Biaya servis bisa diminimalisir dan mencegah terjadinya resiko kecelakaan di kemudian hari.

Perawatan Kiprok Motor

Dalam perawatan kiprok motor bisa dimulai dengan rutin mengecek sistem kelistrikannya. Pemeriksaan ini bisa mencegah terjadinya komplikasi pada komponen mesin lebih parah.

Cek tegangan listrik motor harus dalam kondisi normal dengan memanfaatkan kabel ground menempel pada body motor. Cek umur baterai karena umumnya hanya bertahan kurang dari dua tahun saja.

Apabila baterai soak, jangan dipaksakan menghidupkan kendaraan karena akan merusak komponen lainnya. Dalam memastikan kiprok berfungsi normal ada beberapa cara yang bisa Pins lakukan.

Pasang kiprok motor bila terasa panas maka dipastikan adanya kerusakan. Apabila terasa dingin juga pertanda bahwa komponen tidak bekerja sebagaimana mestinya. Kiprok yang normal akan terasa hangat saat dipegang.

Komponen ini berkaitan erat dengan sistem kelistrikan pada sepeda motor. Gejala komponen ini bermasalah bisa ditandai dengan lampu redup, aki tekor hingga motor tiba-tiba mogok.

Hal ini terjadi karena fungsi kiprok motor tidak berjalan sebagaimana mestinya. Cek kondisi motor secara berkala khususnya umur baterai dan kiprok. Lakukan servis berkala atau penggantian kiprok pada bengkel resmi.

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.