Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 5 Fungsi Gasket
fungsi gasket
Otomotif

5 Fungsi Gasket

  • 2 Dec, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Fungsi gasket pada mesin termasuk sebagai komponen penting yang memang harus ada. Jangan sampai mesin kendaraan kamu tidak terdapat gasket di dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang fatal.

Apakah kamu sudah paham apa itu gasket?. Bagaimana cara kerjanya dan apa fungsinya?. Untuk lebih lanjut, yuk simak artikel ini sampai habis!.

Baca juga: Fungsi Kepala Silinder (Cylinder Head) dan Bagian-bagiannya

Pengertian Gasket

Gasket adalah salah satu komponen yang ada pada mesin terutama pada rakitan yang jadi satu. Gasket merupakan sekat yang menghubungkan dua komponen yang ingin disatukan.

Biasanya gasket dapat dilepas pasang dan digunakan sebagai pencegah kebocoran pada bagian yang disambungkan. Dua komponen yang disatukan menggunakan gasket dapat dirapatkan, ditempel dan direkatkan pada gasket.

Karena berfungsi sebagai penyambung dan penahan bocor, bahan pembuat gasket harus memiliki standar tertentu. Seperti standar tahan panas dan tahan tekanan tinggi. Hal ini harus dipenuhi demi gasket yang dapat berfungsi secara baaik dan maksimal.

Fungsi Gasket

Gasket memiliki beberapa manfaat yang sangat penting pada komponen-komponen mesin. Baik itu pada kompresi, air pendingin dan gas pembakaran oli. Gasket juga digunakan pada flange.

Fungsi gasket pada flange adalah untuk menyambung pipa-pipa dan sambungan lainnya. Namun masih banyak lagi fungsi gasket yang dapat kita lihat di bawah ini.

Mencegah Kebocoran

Fungsi utama gasket adalah sebagai pencegah kebocoran zat cair yang digunakan dalam komponen mesin. Contohnya adalah gasket yang dipasang sebagai penyekat antara head cylinder dan cylinder block

Tujuan dipasangnya gasket agar oli tidak bocor atau pun merembes. Hal ini akan menjaga oli agar tidak masuk ke saluran radiator atau sebaliknya agar tidak merembes ke ruang bakar. 

Menyalurkan Panas

Fungsi gasket yang selanjutnya adalah menyalurkan panas dari blok silinder ke blok silinder head. Karena logam dinilai lebih baik dalam menghantarkan atau menyalurkan panas. Biasanya gasket penyalur panas ini terbuat dari paking logam.

Menjaga Kerapatan

Kamu dapat melihat fungsi dari gasket yang selanjutnya yaitu menjaga kerapatan. Kerapatan yang dijaga adalah kebutuhan kerapatan dari fluida yang digunakan pada komponen mesin saat terjadi proses kompresi.

Tujuan lainnya agar ruang bakar dapat tertutup dengan sempurna supaya kompresi dapat terjadi secara maksimum di ruang bakar .

Menahan Tekanan

Gasket berperan penting dalam menahan tekanan yang dihasilkan saat proses mesin sedang bekerja. Misalnya fungsi gasket dalam menahan tekanan agar tidak menyebar dari silinder head ke celah blok. 

Menyambungkan Dua Komponen Mesin

Mesin yang ingin disambungkan dapat kamu satukan menggunakan gasket. Misalnya untuk menyambungkan silinder head dengan silinder blok.

Cara Kerja Gasket

(droto)

Setelah mengetahui apa saja fungsi gasket. Sekarang saatnya kamu harus mengetahui bagaimana cara kerja gasket ini. 

Jadi gasket difungsikan sebagai pencegah kebocoran dan sebagai sekat namun juga sekalian sebagai penyambung dua komponen agar menjadi satu.

Cara kerjanya yaitu dua komponen yang akan disatukan dapat direkatkan, ditempel atau pun di tekan permukaannya ke gasket. Ketika dua komponen ini sudah terpasang dengan gasket. Secara otomatis gasket sudah dapat berperan menjalankan semua fungsinya. 

Gasket sudah menyambungkan kedua komponen, sudah dapat mencegah kebocoran, menahan tekanan dan lainnya.

Manfaat Gasket

Adapun manfaat dari pengaplikasian gasket dapat kamu lihat dibawah ini.

  • Dapat membantu pencapaian tenaga maksimal pembakaran.
  • Menjaga fungsi sistem pelumasan agar tidak terkendala.
  • Mencegah karat pada bagian-bagian mesin. Hal ini disebabkan gasket dapat mencegah kebocoran pada air pendingin agar tidak masuk dalam mesin dan bercampur dengan oli.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Macam-macam Gasket

(cvprimasteel)

Gasket memiliki macam variasi berdasarkan bahan pembuatnya. Yuk simak dibawah ini!.

Gasket Logam

Pada gasket tipe ini, bahan pembuat gasket berasal dari logam. Logam yang digunakan pun beragam seperti penggunaan nikel, baja, tembaga, aluminium, monel, kuningan, timah atau perpaduannya. Tipe gasket ini biasanya memiliki pegas yang berfungsi sebagai perapat.

Gasket Kertas

Dibuat dari material kertas dan memiliki harga paling murah. Ketahanan tekanan gasket tipe ini sampai 120 Psi dan temperatur sampai 120 derajat celcius.

Gasket Gabus

Pengaplikasian gasket jenis ini pada beban yang rendah dan permukaan benda yang tidak rata. Untuk ketahanan temperatur dan tekanan, jenis ini lebih rendah dibanding jenis kertas. 

Gasket berbahan gabus hanya tahan sampai suhu 50 derajat celcius dan tekanan sampai 50 Psi. Kamu dapat mempertimbangkan kelebihan dari gasket ini seperti tahan terhadap cairan pelarut dan minyak.

Hanya saja gasket berbahan gabus tidak tahan terhadap air, sehingga kamu harus benar-benar mempertimbangkan penggunaan gasket tipe ini.

Gasket Karet

Penggunaan gasket dengan bahan karet lebih fleksibel karena bahannya yang serbaguna. Bahan ini dapat digunakan sebagai sambungan untuk mengalirkan air yang dingin, dan disisi lain juga tahan panas. 

Tentu saja kamu harus memperhatikan kecocokan karet, karena sangat berpengaruh pada jenis ini.

Gasket karet ini sangat cocok untuk dipasang diantara dua mesin karena posisi karet akan menjadi tertekan di antara dua benda. Kemudian bisa mengisi celah yang sangat kecil dan akan membentuk seal.

Gasket Polytetrafluoroethylene atau PTFE

Bahan gasket yang satu ini adalah jenis multifungsi. Karena bentuknya yang dibuat seperti tali lunak sehingga gasket dapat digunakan menjadi seal datar dan seal melingkar. Ketahanan bahan pada suhu sampai 190-250 derajat celcius

Baca juga: 38 Nama Komponen Mesin Mobil: Fungsi dan Gambarnya

Featured Image Source: gridoto


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.