Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Fungsi Compound Mobil
fungsi compound mobil
Otomotif

4 Fungsi Compound Mobil

  • 30 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Dalam perawatan mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan compound mobil. Mulai dari fungsi compound mobil sampai cara menggunakannya tentu sudah banyak yang tahu.

Meskipun terkesan penggunaanya mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Penggunaan compound mobil harus menggunakan teknik yang benar. Sehingga dapat bekerja sesuai fungsinya.

Baca juga: Yuk, Kenali 38 Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Definisi Compound Mobil

Compound mobil adalah benda yang bersifat abrasif dan digunakan pada perawatan body mobil. 

Maksud dari abrasif adalah alat yang relatif keras dan digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Alat ini mempermudah pekerjaan dalam hal menghaluskan, mengasah dan memotong permukaan suatu benda.

Compound mobil memiliki beberapa fungsi dan kegunaan dalam bidang otomotif. Terutama pengaplikasiannya pada mobil. Adapun beberapa fungsi compound mobil adalah sebagai berikut.

Fungsi Compound Mobil Dalam Menyamarkan Goresan Body Mobil

(lifepal)

Kamu pernah mengalami body mobil yang tergores dan seperti baret-baret. Baik baret dalam atau pun baret yang cenderung tipis. Adanya baret atau goresan ini akan sangat mengganggu mata saat memandang body mobil.

Namun jika kamu memutuskan untuk melakukan pengecatan pada body mobil maka uang yang dikeluarkan cukup besar. Karna pengecatan body mobil memang memakan biaya yang lumayan besar.

Nah Pins, compound mobil adalah solusi terbaik yang dapat kamu pilih dan lebih hemat biaya. Fungsi utama dari compound adalah untuk menyamarkan goresan pada body mobil sampai goresan tidak terlihat lagi. 

Ketika menggunakan compound maka kamu tidak perlu repot untuk mengecat body mobil lagi. Seketika lecet pada body mobil kamu dapat tersamarkan bahkan sampai hilang dan tak terlihat lagi.

Dapat Menghilangkan Percikan Aspal

Fungsi compound mobil berikutnya dapat kamu gunakan untuk menghilangkan percikan aspal yang lengket di badan mobil. 

Percikan aspal membuat badan mobil terlihat tidak menarik. Selain itu percikan aspal ini biasanya tidak bisa dihilangkan hanya dengan sabun biasa.

Kamu dapat menghilangkannya dengan menggunakan compound mobil. Penggunaan compound mobil terbilang efisien karena selain membersihkan percikan. Cat yang terdapat pada badan mobil pun tetap terjaga dan tidak rusak.

Alhasil mobil kamu akan terlihat kinclong seperti baru lagi Pins.

Menjadikan Badan Mobil Kinclong

Badan mobil yang kinclong dan bersih bukan hanya diinginkan pemilik kendaraan saja. Namun setiap orang yang melihat kendaraan juga menginginkan hal seperti itu.

Meskipun mobil kamu tidak mengalami baret dan goresan. Kamu tetap dapat menggunakan compound mobil ini. Salah satu fungsi compound mobil adalah membuat permukaan kendaraan menjadi licin.

Pengaplikasian compound dapat kamu lakukan setelah mobil dicuci bersih. Aplikasikan dengan benar dan dapatkan hasil mobil yang kinclong Pins.

Untuk Menghilangkan Jamur

Perawatan mobil yang kurang maksimal dapat menyebabkan jamur tumbuh pada permukaan badan mobil. Hal ini akan sangat mengganggu sekaligus menyebalkan Pins.

Kamu tidak dapat menghilangkan jamur ini hanya dengan menggunakan sabun dan penggosok biasa. Terlebih jika salah menggunakan penggosok bukan saja jamur yang hilang namun cat pada badan mobil jadi rusak.

Penggunaan compound mobil dapat kamu aplikasikan untuk membuang jamur ini. Sifat compound mobil yang abrasif dapat membantu menghilangkan jamur tanpa sisa. selain jamur juga dapat digunakan pada noda yang membandel.

Baca juga: 6 Alat Cuci Mobil Terbaik Rumahan yang Super Berguna

Cara Menggunakan Compound Mobil Tahap Awal

(pixabay)

Kamu perlu memperhatikan langkah-langkah penggunaan compound mobil. Hal ini bertujuan agar kamu melakukan tindakan yang benar dan tidak merusak badan mobil. Yuk perhatikan cara menggunakan compound mobil berikut ini!.

Lakukan Pengamatan Badan Mobil

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengamati badan mobil. Apakah terdapat baret atau goresan yang akan diaplikasikan compound. Pastikanlah goresan yang ada tidak terlalu dalam.

Lakukanlah pengecekan dan pencarian goresan ini secara menyeluruh. Jangan lewatkan satu bagian pun. Setelah melakukan pengecekan dana sudah tahu bagian mana saja yang mengalami goresan.

Langkah selanjutnya, kamu harus membersihkan bagian yang terdapat goresan atau baret menggunakan air bersih. Kamu tidak perlu membersihkan semua badan mobil. Cukuplah membersihkan semua bagian yang terkena baret saja.

Cara membersihkannya yaitu basahilah kain dengan air bersih. Kemudian usap bagian baret menggunakan kain basah tadi. Selanjutnya keringkanlah dengan kain bersih. Hal ini untuk memastikan debu hilang dari permukaan yang mengalami baret.

Oleskan Compound Halus

Saatnya kamu menggunakan compound halus untuk menutupi baret. Compound halus sangat direkomendasikan penggunaannya untuk orang awam. Karena sifat abrasifnya yang tidak terlalu kuat.

Lakukan pemolesan compound dengan cara manual. Kamu harus meratakan terlebih dahulu compound halus pada area yang tergores menggunakan jari tangan.

Selanjutnya gerakan tangan secara memutar dan gosok perlahan sambil ditekan-tekan. Lakukan terus sampai goresan menghilang dan tidak terlihat lagi. Kamu dapat mengulangi langkah ini sampai hasil sesuai yang diinginkan.

Bagi kamu yang memilih menggunakan alat poles dibandingkan jari tangan. Sebaiknya lakukan dengan teliti dan perlahan.

Cara Menggunakan Compound Mobil Tahap Akhir

Tahap akhir disebut juga sebagai tahap finishing. Selanjutnya kamu harus melakukan beberapa hal di tahap akhir ini.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membersihkan sisa compound dengan menggunakan air. Setelah kamu membersihkannya dengan air maka kamu harus melihat dan mengecek apakah baret sudah hilang.

Jika baret belum hilang maka kamu harus mengulangi pemolesan compound lagi. Namun jika baret sudah menghilang saatnya kamu mengeringkannya dengan kain bersih dan bertekstur halus.

Tambahkanlah juga pengkilap badan mobil untuk membantu menyamarkan bekas compound. Selesai!. Kamu sudah berhasil mengaplikasikan compound sesuai langkah-langkah diatas.

Nah Pins yang tidak mau ribet dan khawatir tidak dapat mengaplikasikan compound dengan benar. Kamu dapat menempuh jalan ke tenaga profesional. Datangilah bengkel yang menyediakan jasa pengolesan compound.

Cara ini lebih sedikit resikonya dan kamu harus siap mengeluarkan uang untuk membayar jasa. Jelasnya biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibanding kamu membeli compound dan mengaplikasikannya sendiri.

Baca juga: 5 Ciri Alternator Mobil Beserta Fungsinya

Featured Image Source: bukalapak


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.