Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Fungsi Crankcase Motor & Penyebabnya Rawan Jebol
Otomotif

Fungsi Crankcase Motor & Penyebabnya Rawan Jebol

  • 29 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Crankcase motor lebih dikenal dengan sebutan bak engkol. Disebut bak karena sebagai wadah komponen motor mulai dari generator, gigi transmisi, poros engkol, pompa oli, kopling, bantalan peluru dan lainnya.

Crankcase motor memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung pabrikannya. Kenali lebih dalam fungsi crankcase dan penyebabnya rawan jebol khususnya pada motor matic di bawah ini!

Apa Itu Crankcase Sepeda Motor?

Crankcase berada di bagian bawah blok silinder yang dibautkan menjadi satu blok. Bahannya terbuat dari campuran logam yang dicor atau sering disebut dengan die casting

Selain memakai campuran logam ada pula yang terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit logam pada bagian bawah silinder mesin. Material bak engkol memiliki daya tahan tinggi dan meningkatkan efisiensi kerja setiap komponen yang ada di dalamnya.

Bak engkol menyimpan komponen berdaya energi listrik yang dibutuhkan motor. Generator yang berada di bak berfungsi sebagai pembangkit daya tenaga listrik motor.

Spul memproduksi daya listrik dengan tegangan arus bolak balik lalu melalui kiprok agar arusnya menjadi searah. Pompa oli yang ada di bak penampungan memberikan tekanan sehingga oli dapat bersirkulasi ke komponen mesin lainnya.

Baca juga:

Komponen Crankcase Motor

Crankcase motor Honda
Honda Cengkareng

Apabila crankcase motor dibongkar maka bisa menjadi 6 bagian utama. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Left Crank Case

Left crankcase berada di bagian pedal transmisi atau sisi kiri bak engkol. Bagian ini terdiri atas pump assy oil, rotor pump oil inner, rotor pump oil outer, gasket, pivot oil pump, screen oil pump dan screw.

Right Crankcase

Area ini berada ketika Pins sedang bermain pedal rem atau crankcase kanan.

Left Cover Crankcase

Crankcase juga memiliki cover yang melindungi beberapa komponen motor. Dalam cover-nya terdiri atas generator atau magnet dan spull. Bila bagian generator dibongkar terdapat komponen starting yakni:

Plate, Oil Separate

  • Guide stater chain
  • Protector stater chain
  • Chain starting (Daido)
  • Chain starting (Tsubakimoto)
  • Plate, starting sprocket setting
  • Outer, starting clutch
  • Plate, starting clutch side
  • Circlip internal
  • Spring, starting clutch roller
  • Cap, starting clutch roller spring
  • Bearing, needle
  • Roller
  • Oil Seal
  • O-ring
  • Screw dan bolt

Right Cover Crankcase

Bagian cover sebelah kanan juga memiliki beberapa komponen yaitu gaset, gauge, lever component, plate, boss, roller, bolt, pin, oil seal, nut, E-ring dan lainnya.

Clutch Primer

Clutch atau kopling bisa ditemukan jika Pins melepas component cover di sebelah kanan ini. Komponen ini juga disebut dengan one way clutch.

Clutch Sekunder

Komponen ini disebut dengan clutch sekunder karena memiliki pertemuan di bagian sistem pemindah tenaga.

Fungsi Crankcase Motor

crankcase motor bagian depan
Pexels

Fungsi crankcase umumnya memiliki 4 manfaat yang sebagian besar terkait dengan oli mesin yakni:

Pelindung Komponen Mesin

Crankcase merupakan pelindung komponen mesin dari benturan atau goresan dari luar. Komponen dalam crankcase sangat penting untuk kinerja mesin dan setiap bagiannya saling terhubung satu dengan lainnya.

Penampung Oli Mesin

Fungsi utamanya yang lain adalah sebagai penampung oli mesin. Satu motor bisa menampung 3-6 liter oli mesin. Adanya crankcase akan mampu menampung berbagai kotoran yang dihasilkan dari gesekan komponen mesin yang terbawa oli.

Fungsi oli sendiri adalah sebagai pelumas komponen mesin motor. Berkat pelumas ini setiap engine dapat bekerja dengan baik.

Mencegah Oli Tumpah

Saat kendaraan bergoyang atau bergetar maka fungsi crankcase mencegah oli agar tidak tumpah akibat kondisi jalan. Saat motor miring jika tidak ada separator bisa menyebabkan pompa oli tidak mampu menyalurkan oli mesin.

Berkat adanya crankcase permukaan oli tetap stabil. Walaupun medan jalan tidak mulus namun sistem pelumasan tetap akan bekerja dengan baik.

Tempat Menguras Oli

Crankcase juga digunakan sebagai tempat menguras oli sebab motor perlu melakukan pergantian pelumas secara berkala. Bagian dari crankcase yang bisa untuk tempat menguras oli adalah drain plug.

Baca juga:

Penyebab Crankcase Motor Rawan Jebol

Crankcase motor bagian samping
Pexels

Crankcase yang jebol bisa membuat komponen mesin di dalamnya rusak. Penyebabnya bisa karena pemasangan aksesoris yang tidak tepat. Motor matic memiliki posisi mesin yang rendah sehingga pengguna harus ekstra berhati-hati.

Saat berada di jalanan rusak sebaiknya kurangi kecepatan agar crankcase tidak terbentur. Pemasangan peninggi shockbreaker belakang juga rentan membuat crankcase patah.

Gejala water hammer yakni mesin yang kemasukan air banjir mampu menyebabkan crankcase jebol. Begitu pula jika Pins tidak rutin mengganti oli mesin motor akan membahayakan crankcase.

Crankcase yang rusak bisa diidentifikasi dari kebocoran oli mesin. Penggantian crankcase bisa pula dilakukan di bengkel resmi.

Syarat Ganti Crankcase Dari Bengkel Resmi

Untuk membeli crankcase sebelah kiri yang tercetak nomor mesin perlu syarat khusus. Diantaranya adalah bukti kepemilikan seperti fotokopi KTP, STNK dengan pajak hidup serta BPKB saat pemesanan.

Syarat ini nanti akan dikirimkan bengkel ke pabrik agar proses mencetak nomor mesin bisa dilakukan. Crankcase lama akan dihancurkan agar tidak disalahgunakan. Nomor mesin akan sama dengan yang terdahulu sehingga tak perlu ganti identitas.

Crankcase motor merupakan bagian penting yang melindungi komponen mesin. Crankcase disebut pula sebagai carter dan membantu kinerja oli mesin.

Baca juga:

Source Feature Image:Wikimedia Commons


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.