Pinhome Home Service

Beranda Artikel Relaksasi Coba Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung Ini!
titik refleksi kaki untuk asam lambung
Relaksasi

Coba Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung Ini!

  • 10 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Penyakit asam lambung bisa sangat mengganggu karena rasa nyeri di perut disertai dengan mual dan kembung. Meskipun bisa diatasi dengan konsumsi makanan atau minuman sehat hasilnya belum tentu optimal. Namun, pijat titik refleksi kaki untuk asam lambung bisa membantumu mengurangi rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik.

Di samping nyeri perut, naiknya asam lambung biasanya diikuti dengan rasa terbakar di dada. Pada kasus yang lebih parah, kenaikan asam lambung bisa berubah menjadi GERD yang bisa muncul 2 kali dalam seminggu.

Tentu ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kabar baiknya, pijat titik refleksi kaki untuk asam lambung bisa membantu meredakan gejala asam lambung.

Penyebab Asam Lambung

Penyakit ini bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun, risiko asam lambung lebih tinggi pada lansia, penderita obesitas, dan perokok.

Memiliki kebiasaan berbaring setelah makan juga bisa menaikkan asam lambung. Di samping itu, penyebab asam lambung termasuk kebiasaan minum kopi, alkohol, dan minuman bersoda.

Tak lupa, makan tidak teratur dan makan kekenyangan juga bisa menyebabkan asam lambung naik, lho. Jadi, makanlah secara teratur dan sewajarnya saja, ya.

Baca juga: 11 Rekomendasi Alat Pijat Terbaik dari Mulai Wajah Hingga Kaki

Gejala Asam Lambung Naik

Sebelumnya disebutkan bahwa asam lambung naik disertai rasa terbakar di dada. Gejala awal naiknya asam lambung juga biasanya disertai keluhan gangguan pencernaan lain, seperti mual, muntah, bersendawa, dan maag.

Kamu juga mungkin merasakan asam di mulut karena asam lambung yang naik. Kendati tidak mematikan seperti serangan jantung, asam lambung juga perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Jika mengalami gejala seperti di atas, cobalah meredakan dengan pijat titik refleksi kaki untuk asam lambung.

Baca juga: Yuk Coba 3 Titik Refleksi Betis Pegal

Titik Refleksi Kaki untuk Asam Lambung

titik refleksi kaki untuk asam lambung
(Grid Health)

Pijat refleksi merupakan pengobatan China yang sudah lama dipraktikkan untuk membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Pijat refleksi berfokus pada area pijatan di telapak kaki dan telapak tangan.

Dalam pijat refleksi, area tertentu di telapak tangan dan kaki dipercaya terhubung dengan organ tubuh bagian dalam. Karenanya, memijat area ini dapat meredakan rasa sakit pada organ tertentu.

Titik refleksi kaki untuk asam lambung berada di bagian bawah tengah bonggol telapak kaki. Titik inilah yang terhubung dengan lambung sehingga memijatnya dapat membantu meredakan asam lambung.

Kamu bisa memijat area ini kapan saja setiap hari, atau pada saat-saat tertentu ketika asam lambung naik. Biasanya asam lambung naik setelah makan atau setelah minum kopi/minuman bersoda.

Baca juga: Titik Pijatan untuk Sakit Ulu Hati dan Asam Lambung

Titik Akupresur untuk Asam Lambung

Jika titik refleksi hanya berfokus pada tangan dan kaki, berbeda halnya dengan titik akupresur. Dalam ilmu akupresur, terdapat lebih dari 400 titik yang tersebar di seluruh tubuh dan terhubung dengan organ-organ vital.

Sama seperti titik refleksi kaki untuk asam lambung, dalam akupresur juga ada beberapa titik yang fungsinya sama. Berikut ini beberapa titik akupresur yang bisa kamu pijat untuk membantu meredakan asam lambung.

SP 4

titik refleksi kaki untuk asam lambung
(Peak Massager)

Mirip seperti titik refleksi kaki untuk asam lambung, titik ini terletak di lengkung kedua telapak kaki, sekitar 3 cm di atas tumit. Pijatan pada titik ini dapat membantu mengurangi gejala sakit maag, nyeri dada, sakit perut, gejala GERD, dan gangguan pencernaan lainnya.

Gunakan dua jari untuk memberikan tekanan kuat pada titik SP 4 selama 1 menit. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian atau bersamaan.

LV 3

Acupressure Point: Great Surge (Lv3, Liver 3, Tai Chong)
(Acupressure Wellness)

Disebut juga Liver 3, titik ini terhubung dengan hati dan dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Keluhan kesehatan seperti muntah, mual, dan dada sesak yang merupakan gejala asam lambung bisa diatasi dengan pijatan pada LV 3.

Tidak hanya itu, pijatan pada titik ini dipercaya efektif membantu mengatasi diare, sembelit, gangguan penglihatan, pusing, insomnia, keluhan menstruasi dan fungsi hati.

Dekat dengan titik refleksi kaki untuk asam lambung, titik LV 3 berada di antara ibu jari dan jari kedua. Tekan titik ini dengan kuat selama 1 menit pada kedua kaki secara bergantian atau bersamaan.

Baca juga: 7 Titik Syaraf untuk Alat Vital Atasi Impotensi

P6

titik refleksi kaki untuk asam lambung
(Smart Parenting)

Pijatan pada titik ini dapat merangsang saraf yang terhubung langsung dengan pencernaan. Titik akupresur asam lambung P6 atau Perikardium-6 terletak sekitar 6 cm di bawah garis pergelangan tangan.

Memijat titik ini bisa membantu meredakan mual, sakit kepala, dan peradangan organ dalam. Tidak hanya itu, akupresur pada P6 juga membantu meredakan sesak dada, asma, gejala malaria, pusing, cegukan, muntah, dan epilepsi.

Teknik akupresurnya adalah dengan menekan titik P6 menggunakan dua atau tiga jari secara kuat. Namun, jangan terlalu kuat hingga menimbulkan rasa sakit.

CV 6

Inspire Body Mist - Angie Savva Acupuncture
(Angle Savva Acupuncture)

Akupresur titik CV 6 dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, efek lambung, dll. Titik ini bisa kamu temukan sekitar 3 cm di bawah pusar.

Karena titik tersebut berada di area sensitif, hindari menekan terlalu kuat. Gunakan telapak tangan untuk membuat gerakan melingkar.

Lakukan pijatan selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam. Lakukan ini tiga kali dalam sehari untuk membantu meredakan asam lambung.

Akupresur CV 6 juga diketahui dapat membantu mengatasi gangguan menstruasi, sakit perut, lemah syahwat, asma, dll.

CV 12

titik refleksi kaki untuk asam lambung
(MOdern Reflexology)

Titik ini berada di bawah tulang dada, tepat di tengah garis yang menghubungkan tulang dada dan pusar. Pijatan pada titik CV 12 membantu mengatasi masalah berat seperti gastroenteritis, perdarahan menstruasi, diare, dan tukak lambung.

Selain itu, memijat CV 12 juga dapat membantu meredakan sembelit, muntah, kehilangan nafsu makan, kontraksi otot perut dan kejang.

Teknik memijatnya adalah dengan menekan lembut dan perlahan sembari menarik napas dalam-dalam.

Itulah titik refleksi kaki untuk asam lambung dan beberapa titik akupresur untuk membantu meredakan asam lambung. Perlu dicatat, akupresur tidak disarankan bagi wanita hamil penderita diabetes, dan anak-anak.

Ada baiknya juga untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan akupresur atau pijat refleksi, terutama kalau kamu mengidap penyakit tertentu.

Yang tak kalah penting, pengobatan asam lambung harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup. Jaga berat badan, jangan langsung berbaring setelah makan, dan hindari minuman beralkohol, berkafeina, dan minuman bersoda.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R