Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Simpel! Begini Cara Cek Pemilik Kendaraan Melalui Plat Nomor
cek pemilik kendaraan
Otomotif

Simpel! Begini Cara Cek Pemilik Kendaraan Melalui Plat Nomor

  • 7 Jun, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 6 menit membaca

Setiap kendaraan yang dimiliki oleh seseorang pastinya sudah dilengkapi dengan plat nomor kendaraan. Fungsi dari plat nomor kendaraan hampir sama dengan KTP yaitu sebagai perangkat identifikasi untuk kendaraan bermotor. Biasanya pada plat nomor kendaraan terdiri dari rangkaian huruf dan angka tertentu yang berfungsi sebagai penanda akan suatu kendaraan dan sebagai identitas kepemilikan atas suatu kendaraan. Tahukah Pins kalau bisa lho cek pemilik kendaraan lewat plat mobil?

Dalam satu plat nomor biasanya Pins akan menemukan kode huruf pada bagian depan sebagai informasi akan daerah registrasi kendaraan tersebut. Setelah itu tertera rangkaian angka yang diakhiri dengan tiga huruf. Abjad pertama pada tiga huruf tersebut mendeskripsikan lebih lanjut dari kota mana kendaraan tersebut berasal. 

Dalam mengecek plat nomor kendaraan lebih lanjut Pins akan mendapatkan informasi tambahan mengenai kepemilikan kendaraan tersebut. Pins dapat cek pemilik kendaraan, alamat yang terdaftar untuk kendaraan tersebut, merek dan jenis kendaraan, tahun pembuatan kendaraan, bahkan warna kendaraan tersebut. 

Pengecekan plat nomor kendaraan lebih lanjut tersebut biasa digunakan untuk beberapa keperluan. Informasi detail mengenai suatu kendaraan umumnya digunakan untuk persoalan pembayaran pajak kendaraan bermotor, untuk menertibkan kendaraan yang telah melakukan pelanggaran, menelusuri kendaraan yang hilang karena dicuri, dan bisa juga untuk menelusuri masalah tabrak lari. 

Majunya teknologi saat ini ternyata lebih memudahkan Pins untuk mengecek plat nomor kendaraan. Dengan begitu Pins tidak perlu pergi jauh-jauh ke Samsat, cukup dengan smartphone Pins sudah bisa mengaksesnya dimanapun. 

Dalam mengecek informasi akan kepemilikan kendaraan dari plat nomor mungkin suatu hal yang baru bagi Pins. Namun nyatanya mengecek plat nomor kendaraan akan sangat berguna untuk keperluan tertentu. Pins dapat mengecek plat nomor kendaraan dengan mudah dengan smartphone. Simak beberapa cara mudah cek data pemilik kendaraan berikut ini. 

Baca Juga:

Akses Melalui Website Samsat

(Pixabay)

Cara cek data pemilik kendaraan dengan mudah yang pertama adalah dengan menggunakan website yang sudah disediakan oleh Samsat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Samsat sudah memiliki sistem akses plat nomor kendaraan yang berbasis internet.

    Wilayah                                          Alamat Web
Acehhttp://esamsat.acehprov.go.id/
Bantenhttp://ditlantas.banten.polri.go.id/e-samsat-nasional/
Jawa Barathttps://bapenda.jabarprov.go.id/sipolin-samsat-jabar/
Jawa Tengahhttp://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Jawa Timurhttps://esamsat.jatimprov.go.id/
Yogyakartahttp://infonjkbdiy.com/

Tabel di atas adalah contoh beberapa website Samsat dari beberapa provinsi yang Pins gunakan untuk mengecek plat nomor kendaraan. Dengan sistem berbasis internet tersebut Pins tidak perlu susah-susah ke Samsat untuk cek pemilik kendaraan melalui plat nomor. 

Baca juga:

Melalui Aplikasi Smartphone

(Pixabay)

Cara kedua untuk cek pemilik kendaraan melalui plat nomor yang cepat adalah dengan mengakses aplikasi yang tersedia pada smartphone. Dengan modal smartphone dan koneksi internet Pins sudah bisa mencari informasi data kepemilikan dari plat nomor kendaraan. Pihak kepolisian saat ini sudah memiliki beberapa aplikasi yang mendukung Pins untuk mengecek kepemilikan kendaraan. 

                Wilayah                              Nama Aplikasi
AcehPELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
JakartaCek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa BaratSAMBARA
Jawa TengahSAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timure-SMART SAMSAT JATIM
Kalimantan TengahRC POLDA KALIMANTAN TENGAH
Kalimantan Utarae-SAMSAT Kalimantan Utara
LampungInfo Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
NTBSAMSAT DELIVERY
PontianakSamsat Pontianak
Riaue-Samsat KEPRI
Sulawesi Selatane-Dempo Samsat Online Sumsel
Sulawesi UtaraInfo Pajak Kendaraan Sulut
YogyakartaPAJAK KENDARAAN YOGYAKARTA

Tabel di atas adalah beberapa aplikasi yang disediakan oleh pihak kepolisian untuk Pins dapat mengecek plat nomor kendaraan dengan mudah. Sebelum Pins memulai pengecekan plat nomor kendaraan dengan aplikasi tersebut, pastikan Pins sudah memasukkan plat nomor kendaraan yang sesuai dengan daerah registrasi kendaraan tersebut. 

Baca Juga: Fungsi Lampu Kota (Clearence Light)

Melalui SMS

(Pixabay)

Cara selanjutnya untuk mengecek plat nomor kendaraan dengan mudah adalah dengan menggunakan SMS. Cara yang satu ini mungkin sangat berguna untuk Pins yang terkendala akan akses online. Namun akses cek pemilik kendaraan dengan SMS belum tersedia untuk banyak daerah. 

Beberapa daerah yang sudah mendukung akses cek plat nomor kendaraan dengan SMS adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Meskipun masih terbatas, tentunya cara yang satu ini tetap efektif untuk membantu Pins mencari informasi plat nomor kendaraan. Berikut ini adalah daftar daerah yang sudah terintegrasi dengan SMS dan alamat yang dapat Pins tuju. 

  Wilayah                        Format SMS
DKI JakartaKETIK : METRO NopolKirim Ke : 1717​​​​​​​Contoh: METRO B3619TRI
Jawa BaratKETIK : poldajbr NopolKirim Ke : 3977Contoh: poldajbr D8899SH
Jawa TengahKETIK : JATENG NopolKirim Ke : 9600Contoh: JATENG H7689DD
Jawa TimurKETIK : JATIM NopolKirim Ke : 7070Contoh : JATIM L2434MO

Baca juga:

Datang ke Kantor Samsat

(Pixabay)

Cara berikut ini adalah cara terakhir yang dapat Pins lakukan untuk cek data pemilik kendaraan. Jika Pins tidak memungkinkan untuk mengakses secara online atau cek plat nomor online tidak kelak membuahkan hasil, Pins dapat langsung mendatangi kantor Samsat yang tersedia di setiap kota. 

Untuk mendapatkan informasi seputar plat nomor kendaraan Pins perlu membawa beberapa berkas yaitu KTP dan fotocopy, STNK asli dan fotocopy, dan BPKB asli kendaraan tersebut. Sebenarnya cara yang satu ini lebih berguna ketika Pins membeli kendaraan bekas. Dengan begitu Pins bisa mengetahui dengan jelas identitas kendaraan yang akan Pins beli. 

Itulah beberapa cara mudah untuk Pins mengetahui informasi kepemilikan kendaraan dari plat nomor. Dengan mengetahui informasi kepemilikan kendaraan dari plat nomor Pins dapat dengan mudah melacak suatu kendaraan. Terlebih jika Pins sedang melakukan penelusuran akan suatu tindak kriminal seperti pencurian kendaraan atau tabrak lari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Featured Image Source: Adobe Stock

Editor: Voni Sri


Jika kamu memiliki mobil, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya! Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.