Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik 9 Cara Memasang Bracket TV Sendiri yang Mudah untuk Diikuti
cara pasang bracket tv
Elektronik

9 Cara Memasang Bracket TV Sendiri yang Mudah untuk Diikuti

  • 15 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Mempelajari cara memasang bracket TV di dinding memberikan kamu akses untuk lebih mudah mengatur posisi menonton yang paling pas. Selain itu, kamu tidak perlu repot memanggil orang lain demi pengalaman menonton yang lebih ergonomis dan estetik. 

Terlebih lagi, pemasangan bracket TV sendiri jauh lebih murah. Hanya saja, Pins mungkin perlu memperhatikan dengan benar langkah-langkah pemasangannya agar tidak menyesal nantinya. 

Baca Juga:

Cara Pasang Bracket TV Sendiri

Inilah beberapa langkah dan cara pasang bracket TV sendiri di rumah tanpa perlu menggunakan jasa tukang!

Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasang bracket TV ke dinding, persiapkan dulu yuk hal-hal yang nantinya mempermudah prosesnya. Berikut ini alat yang patut kamu siapkan dulu. 

  • Meteran
  • Bor Listrik
  • Obeng
  • Kunci inggris
  • Pensil
  • Bracket TV

Baca Juga: 13 Rekomendasi Smart TV 32 Inch Terbaik di Indonesia

Temukan Posisi TV yang Tepat

Setelah menyiapkan alat yang dibutuhkan, cara pasang bracket TV tidak akan lengkap tanpa menentukan posisi TV yang diinginkan. Pins bisa mulai menemukan dinding yang tepat dengan lokasi yang cukup sentral. 

Pastikan pula dinding tempat menaruh televisi dekat dengan akses ke stopkontak yang dibutuhkan untuk sambungan kabel apa pun. Usahakan menempelkan TV pada ketinggian yang tepat dengan bagian layar kurang lebih setinggi mata. 

Pertimbangkan posisi bracket TV. Beberapa TV memasang bracket di tengah sasis, sedangkan lainnya dipasang di bagian bawah. Jadi, rencanakan dengan tepat posisi dudukan TV dengan benar, ya. 

Tandai Posisi Sekrup di Dinding

Jika sudah, tandai secara spesifik di mana kamu akan memasang bracket dan sekrup ke dinding. Idealnya, Pins bisa menggunakan pensil untuk menandai lokasi tersebut. 

Cobalah membuat empat tanda di dinding menggunakan pensil. Buat sesuai dengan lubang pada bagian bracket sehingga tidak salah melubangi nantinya. 

Buatlah empat tanda di dinding menggunakan pensil, sesuai dengan lubang pada bagian bracket, pastikan tanda memang pas.

Lubangi Dinding yang Sudah Ditandai

Selanjutnya, Pins bisa melubangi dinding yang sudah ditandai dengan bor listrik. Lakukan cara pasang bracket ini dengan hati-hati, ya. 

Pada saat melubanginya, sesuaikan ukuran lubang dengan besaran baut bracket TV dan jangan sampai kebesaran. Ini bertujuan agar bau bisa mencengkram dinding dengan baik. 

Baca Juga: 5 Cara Pasang Antena TV di Rumah

Masukkan Fischer Sebelum Pasang Bracket TV

Jika dinding sudah dilubangi dengan bor, masukkan fischer (sekrup) sebelum pelat bracket TV dipasang. Dengan begitu, baut bisa terpasang dengan kuat. 

Jangan lupa pasang piringan bracket dan kencangkan baut dengan kunci inggris guna mencegah TV jatuh mendadak. 

Pasang Tiang Bracket

Jika piringan bracket sudah terpasang, Pins bisa meletakkan tiang di belakang TV dan pastikan bagian ini terpasang dengan kuat. Perhatikan pula apakah tiang terpasang sejajar dengan lubang TV dan kencangkan dengan obeng. 

Cara pasang bracket TV ini bertujuan agar barang elektronik tersebut bisa ditopang dengan kuat pada bagian pelat bracket. 

Tempel TV ke Dinding

Setelah Pins sudah memastikan tiang bracket terpasang dengan baik, pasang TV pada piringan bracket yang sudah menempel di dinding. Lihat lagi apakah posisi TV LED miring atau tidak. 

Jika sudah pas, kunci baut bracket pada bagian bawah agar TV tidak jatuh. 

Rapikan Kabel

Jika TV sudah terpasang sempurna, pasang kabel yang kamu butuhkan, entah itu Wi-Fi atau satelit. Usahakan kamu merapikan kabel agar tidak berantakan dengan memanfaatkan kabel ties kecil. 

Pastikan pula kabel TV terpasang dengan benar agar bisa menayangkan gambar dengan baik, Pins. 

Nyalakan Kembali TV

Terakhir, Pins sudah bisa menyambungkan kembali daya ke TV dan perangkat lain yang mungkin perlu dicolokkan. 

Setelah selesai, kamu bisa bersantai dan menikmati TV yang sudah dipasang di dinding, deh

Itu tadi beberapa cara memasang bracket TV yang mudah kamu ikuti di rumah. Tanpa perlu bantuan orang lain, Pins sudah bisa menikmati tayangan dengan posisi yang diinginkan. 

Keunggulan Memasang TV di Dinding

Setelah mengetahui bagaimana cara memasang TV di dinding sendiri, pahami dulu mengapa banyak orang kini beralih ke metode ini, Pins. 

Menghemat Ruang

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memasang TV di dinding adalah menghemat ruang karena tidak butuh meja tambahan. Keunggulan ini sangat terasa bagi kamu yang punya rumah minimalis dan tidak punya ruang TV khusus. 

Mudah Mengatur Desain Interior

Menerapkan cara memasang bracket TV ternyata memberikan kebebasan untuk mendesain ruangan tersebut sesuka kamu. Pasalnya, Pins tidak perlu lagi memastikan kalau meja harus pas dengan dinding tertentu atau perabotan lainnya. 

Mengedepankan Konsep Terbuka

Terbuka dan lapang menjadi kunci utama ketika memiliki ruang tamu. Sementara itu, menempelkan TV di dinding ternyata membantu kamu mendapatkan konsep terbuka tersebut. 

Tidak heran bila banyak TV yang tertempel di dinding cenderung dijumpai di rumah minimalis dengan desain yang clean

Lebih Aman

Bila tidak dipasang dengan benar ke dinding, TV memang menjadi ancaman yang serius ketika gempa bumi terjadi. Namun, metode pemasangan yang benar bisa mengurangi risiko anak atau hewan peliharaan mengacaukajn kabel atau menjatuhkan TV. 

Cara memasang bracket TV sendiri memang terdengar mudah. Namun, Pins harus melakukan hal ini dengan hati-hati. Sembarangan memasang TV ke dinding justru bisa menimbulkan bahaya yang tidak terbayangkan. 

Bila kamu tidak yakin, sebaiknya panggil jasa pasang TV untuk lebih amannya. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi TV Box Terbaik


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.