Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor
cara pasang 1 relay lampu motor
Otomotif

4 Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor

  • 28 Nov, 2022 oleh Ambar Eka
  • 5 menit membaca

Cara pasang 1 relay lampu motor dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Pemasangan harus benar agar lampu motor dapat berfungsi dengan baik.

Kamu dapat membaca artikel ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara pasang 1 relay lampu motor. Sebelum melihat cara pemasangan relay, ada baiknya kamu melihat apa saja komponen yang wajib ada. 

Kamu juga harus mengetahui apa itu relay motor dan fungsinya. Hal ini bertujuan agar kamu memahami cara kerja relay pada klakson motor. 

Pemahaman yang benar dapat membantu kamu dalam mengecek hasil pemasangan relay. apakah sudah benar dan tepat atau belum sama sekali.

Baca juga: Cara Pasang Relay Klakson Mobil dengan Benar, Tidak Sulit!

Definisi Relay

Relay termasuk alat elektronika yang terdiri dari kontak saklar dan elektromagnet. Relay dapat bekerja saat ada arus listrik. Dalam dunia otomotif biasanya relay digunakan pada klakson mobil dan motor. Selain klakson penggunaan relay juga terdapat pada lampu mobil dan lampu motor.

Fungsi Relay

Relay memiliki beberapa fungsi penting, terutama dalam penerapan di lampu motor. Fungsi relay yaitu dapat membuat arus kecil menjadi besar. Selain itu relay juga berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik pada lampu motor. 

Ketika kamu merasa cahaya dari lampu motor kurang terang atau terlalu redup. Maka kamu dapat melakukan pemasangan relay untuk menerangkan cahaya pada lampu motor yang kamu miliki. 

Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor Tahap 1

Setelah mengetahui kegunaan dari relay pada lampu motor. Saatnya kamu melihat bagaimana cara pasang 1 relay lampu motor. Yuk simak caranya dibawah ini!.

Siapkan Alat dan Komponen

Sebelum melakukan pemasangan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan komponen. Penyiapan alat meliputi semua alat yang akan digunakan dalam pemasangan relay. 

Sementara dalam penyiapan komponen kamu harus menyiapkan semua komponen yang akan digunakan. Jangan sampai ada alat dan komponen yang terlupakan. Hal ini sangat membantu kamu saat melakukan pemasangan relay. 

Cara ini dapat menjadikan pemasangan lebih efisien dan hemat waktu. Bayangkan jika belum disediakan dan didekatkan dengan tempat kerja. Kamu akan bolak-balik mencari alat dan komponen satu per satu. 

Hal ini jelas akan memperlambat pemasangan dan membuat semuanya jadi ribet. Alhasil relay belum terpasang sempurna, kamu sudah merasa kesal dan mengurungkan pemasangan relay sampai selesai. 

Oh ya Pins, pastikan semua kondisi komponen relay dalam keadaan baik dan tanpa cacat. Seperti kondisi kabel, fuse, socket dan lainnya. 

Baca juga: Lengkap! Cara Pemasangan Relay Klakson Motor

Potong Kabel Lampu

(webikeindonesia)

Setelah menyiapkan semua alat dan komponen untuk pemasangan relay, saatnya kamu memotong kabel yang terhubung dengan lampu. Ada tiga jenis kabel yang dapat kamu potong.

Kabel round (GND), kabel HI dan kabel LO. Pastikan tiga kabel ini benar-benar terpotong. Lakukanlah dengan teliti dan hati-hati. Gunakan alat pemotong yang tajam agar hasil potongan rapi dan bagus serta tidak bergerigi. 

Kamu juga harus memperhatikan kabel lain, pastikan yang terpotong hanya ketiga kabel tersebut. Untuk semakin memperjelas ketiga kabel yang telah disebutkan, semuanya terhubung ke headlamp.

Cara Pasang 1 Relay Lampu Motor Tahap 2

Sekarang saatnya kamu melanjutkan langkah pemasangan relay yang baik dan benar.

(hargamobil)

Memilih Relay yang Bagus

Maksudnya, kamu harus memilih relay yang berkualitas bagus untuk dipasang ke lampu sepeda motor. 

Jika kamu masih bingung relay yang bagaimana yang harus digunakan maka kamu dapat menggunakan 1 relay yang berkaki empat. Dimana dua kakinya akan dihubungkan dengan sumber arus dan dua kaki lagi sebagai koil.

Memasang Relay

(momotor)

Selanjutnya kamu dapat melakukan pemasangan relay. Pastikan pemasangan relay berada di jalur yang benar dan tepat. 

Kamu dapat memasangkan relay di bagian kabel sebelum saklar lampu dekat atau lampu jauh. Jadi kamu harus memasang relay di area kabel yang menghubungkan panel kiri dan kanan. 

Tepatnya di antara lampu jauh dan dekat ada terminal yang tidak digunakan. Saat mesin dinyalakan arus akan mengalir pada bagian terminal itu. Sehingga saat saklar dihidupkan maka relay akan menjadi aktif.

Kemudian kamu harus memastikan kaki-kaki relay terpasang dengan benar. Pada kaki nomor 87, kamu dapat memasangkannya dengan lampu sementara kaki nomor 30 ke accu. Selanjutnya pasangkan kaki relay bernomor 86 ke negatif atau badan motor.

Kesimpulan Pemasangan Relay Lampu Motor

Demikianlah cara pasang 1 relay lampu dengan baik dan benar serta lengkap. Kamu dapat mengikuti semua langkah-langkahnya dan pastika tidak ada yang terlewat. Jika terlewat dan tidak teliti dikhawatirkan kamu melakukan kesalahan dalam pemasangan relay.

Ingatlah untuk melakukan pekerjaan ditempat yang terang, baik menggunakan sinar lampu atau pun sinar matahari. Karena kamu akan menyambungkan kabel yang harus dilakukan dengan benar sehingga pencahayaan sangat dibutuhkan.

Pastikan komponen relay yang akan kamu gunakan dalam kondisi bagus dan tidak dijumpai kecacatan fisik. Kamu juga dapat menggunakan semua merek relay berkaki empat yang dijual disekitar tempat tinggalmu.

Tidak usah bingung dan khawatir salah memilih merek relay. Kamu dapat menanyakan dan berdiskusi kepada pemilik toko. Tanyakan dan diskusikan tentang merek relay yang bagus dan tepat untuk digunakan di sepeda motor milik kamu.

Baca juga: Fungsi, Komponen, Jenis dan Cara Kerja Relay Dalam Kelistrikan Mobil

Featured Image Source: momotor


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.