Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 11 Cara Merapikan Kabel TV di Dinding Agar Tidak Berantakan
cara merapikan kabel tv di dinding
Kebersihan Rumah

11 Cara Merapikan Kabel TV di Dinding Agar Tidak Berantakan

  • 30 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Setiap rumah pasti memiliki berbagai alat elektronik yang tersambung dengan listrik, mulai dari kipas angin, AC, hingga TV. Meski memudahkan, tidak jarang kabel-kabel membuat ruangan tampak tidak rapi, apalagi kabel TV di ruang tamu. Oleh sebab itu, kamu wajib tahu cara merapikan kabel TV di dinding agar tertata dan enak dilihat.

Bukan cuma kabel saja, terkadang perintian lainnya juga membuat ruangan tampak berantakan. Ada colokan, charger, gadget, dan sebagainya yang tak jarang ikut berserakan. Namun, bagaimana lagi? Penggunaan perangkat elektronik sudah tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita.

Yang bisa kita lakukan adalah merapikannya agar rumah tetap rapi, tampak menarik dan sedap dipandang. Berikut ini tips yang bisa kamu coba, nih!

Cara Merapikan Kabel TV di Dinding

Tempelkan Pada Dinding

Cara merapikan kabel TV di dinding yang paling sederhana adalah dengan menempelkannya di dinding. Tidak perlu repot-repot menempelkan dengan paku yang akan merusak tembok. 

Kini kamu bisa menggunakan jepit kabel yang sudah disertai perekat khusus. Alat jepit kabel ada banyak jenisnya dan bisa kamu beli di lapak online. Harganya cukup terjangkau kok dan ukurannya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Beri Hiasan Lucu

Merapikan kabel TV di dinding juga bisa jadi kesempatan untuk menghiasnya, lho. Selain membuat ruangan tampak rapi, cara ini juga bisa sekaligus membuat kabel yang tadinya semrawut menjadi bernilai estetik. Tidak harus beli, kamu bisa membuat pola sederhana sendiri kemudian menempelkannya di sepanjang kabel.

Sebagai contoh, buat pola daun dari kertas warna-warni untuk merapikan kabel TV di dinding. Tidak cuma itu, kamu bisa membuat pola-pola lain seperti bunga atau burung. Pokoknya kamu bebas berkreasi tanpa batas!

Sembunyikan Dalam Cangkang

Cara merapikan kabel TV juga bisa dengan cara menyembunyikannya dalam cangkang. Adapun cangkang yang dimaksud di sini bisa berbentuk apa saja sesuai kreasimu. Fungsinya adalah untuk menyembunyikan colokan beserta kabel-kabel yang semrawut. Tempelkan di tembok dan ruanganmu jadi rapi, deh!

Berkreasi Dengan Pola Sederhana

Cara merapikan kabel TV di dinding juga bisa jadi kesempatan untuk menunjukkan kreativitasmu. Alih-alih hanya menempelkan kabel di tembok, kamu bisa membuat pola sederhana seperti bentuk pohon, deretan gedung, dan sebagainya. Makin panjang kabelnya, kamu jadi makin bebas mengkreasikannya menjadi pola-pola yang lucu.

Buat Pola Abstrak

Cara merapikan kabel TV di dinding yang satu ini terlihat sederhana tetapi punya sentuhan seni yang menarik. Meski tidak ada keteraturan dalam pola abstrak, nyatanya kabel yang dikreasikan dengan pola ini tetap tampak menarik menghiasi dinding. Kalau kamu suka seni abstrak, bisa dicoba nih!

Tutup Dengan Pagar

Cara merapikan kabel TV di dinding yang satu ini membutuhkan sedikit usaha ekstra. Kamu akan memerlukan papan-papan kayu kecil yang dicat putih. Kemudian, pasang papan-papan tadi secara berjejeran di sepanjang tembok hingga tampak seperti pagar. Selanjutnya, tinggal menyembunyikan kabel di belakang pagar ini.

Sembunyikan di Balik Furnitur

Alternatif cara merapikan kabel TV adalah dengan menyembunyikannya di balik furnitur. Alih-alih menempelkan kabel di tembok, kamu bisa menempelkannya di sepanjang furnitur seperti meja. Voila! Kabel yang semrawut langsung “menghilang” seketika.

Kamuflase Sesuai Warna Dinding

Merapikan kabel TV di dinding juga bisa dengan menyembunyikannya di bali kamuflase. Pada dasarnya yang membuat kabel tampak mencolok adalah warnanya yang berbeda dengan sekelilingnya. Agar tampak rapi, kamu bisa menempelkan kabel di tembok kemudian mengecatnya agar sama dengan warna dinding.

Instalasi Kabel di Dalam Tembok

(iStock)

Cara menutup kabel di dinding idealnya sudah dipikirkan saat membangun rumah. Kamu bisa memasang instalasi kabel di dalam tembok untuk beberapa colokan di tempat-tempat strategis.

Dengan begitu, setiap ruangan akan tampak rapi dan tidak semrawut. Adapun untuk kabel dari unit TV ke colokan, bisa kamu sembunyikan di belakang flat TV yang terpasang di dinding.

Sembunyikan di Dalam Laci

Cara merapikan kabel TV di dinding juga bisa dengan memanfaatkan rak TV yang dilengkapi laci. Cara ini simpel sekali. kamu tinggal memasukkan colokan TV di dalam laci beserta kabelnya. Dengan adanya colokan di dalam laci, kamu juga bisa mengisi daya smartphone di dalamnya, lho.

Masukkan ke Dalam Pipa

Tips merapikan kabel TV di dinding yang terakhir adalah dengan memasukkan kabel ke dalam pipa. Pilihlah pipa dengan warna senada dengan dinding supaya tampak selaras. Jenis pipa yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan PVC yang tidak menghantarkan aliran listrik sebagai antisipasi kalau terjadi kerusakan.

Selain membuat kabel tampak rapi, memasukkan kabel ke dalam pipa juga memberi perlindungan ekstra. Ini sangat bermanfaat terutama jika di rumahmu ada tikus yang suka menggigiti kabel.

Nah, itu dia beberapa cara merapikan kabel TV di dinding yang bisa kamu coba. Semoga menginspirasi!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.