Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Cara Mengusir Semut di Meja Makan dengan Cepat
cara mengusir semut di meja makan
Kebersihan Rumah

8 Cara Mengusir Semut di Meja Makan dengan Cepat

  • 12 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Kehadiran semut di meja makan pasti sangat mengganggu. Namun, tenang saja, ada cara mengusir semut di meja makan yang ampuh.

Semut-semut mengerubungi meja makan tidak selalu karena makanan manis, lho. Tak jarang semut juga mengerubungi sayur, lauk, bahkan nasi.

Baca Juga:

Cara Mengusir Semut di Meja Makan

Mau tahu cara mengatasinya dengan mudah tapi ampuh? Yuk, simak tips berikut ini.

Gunakan Kapur Antiserangga

cara mengusir semut di meja makan kapur antiserangga
(ChilaExpress)

Cara mengusir semut di meja makan yang paling mudah adalah dengan menggunakan kapur antiserangga. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di warung atau swalayan terdekat.

Harganya pun terjangkau dan penggunaannya sangat mudah. Dengan menggoreskan kapur antiserangga, semut-semut yang melewatinya akan mati. Tidak hanya semut, kapur antiserangga juga efektif menghalau hewan pengganggu lain, seperti kecoak.

Namun, yang perlu Pins perhatikan adalah tempat penggunaannya. Kapur antiserangga mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya jika tertelan.

Jadi, sebaiknya tidak menggunakan kapur ini di atas meja yang dekat dengan makanan. Alih-alih menggoreskan kapur pada permukaan meja, Pins bisa menggunakannya pada kaki meja.

Dengan begitu, semut yang berusaha naik ke atas meja akan mati jatuh sebelum sampai ke makanan.

Taruh Mangkuk Berisi Air di Kaki Meja

(Little Things)

Kalau ingin menghindari penggunaan bahan kimia, kamu bisa mencoba cara mengusir semut di meja makan yang satu ini. Kamu akan memerlukan empat buah mangkuk atau piring untuk diletakkan di masing-masing kaki meja.

Selanjutnya, tuangkan air pada setiap mangkuk hingga terendam sekitar 1 cm. Pastikan sisi terluar kaki meja tidak menyentuh tepi mangkuk, ya.

Dengan adanya air ini, semut tidak akan bisa naik ke atas meja makan. Namun, Pins juga harus memastikan tepian meja tidak menempel pada dinding atau benda lain. Ini supaya semut tidak bisa memanjat ke atas meja lewat tembok atau benda lain.

Kelebihan cara ini adalah efektif untuk menghalau semut secara aman tanpa menggunakan bahan kimia. Namun, cara ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu tahu.

Jika meja makan terbuat dari bahan kayu, bagian yang terendam air bisa cepat rusak. Karena bagian ini lembap, kaki meja juga berisiko mudah berjamur. Untuk mencegah risiko ini, Pins harus mengganti air setiap hari.

Pakai Jeruk Nipis

cara mengusir semut di meja makan dengan jeruk nipis
(Freepik)

Cara mengusir semut yang aman bukan hanya dengan menempatkan mangkuk berisi air di kaki meja makan. Jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghalau semut dengan ampuh.

Pada dasarnya, semut tidak menyukai zat asam yang sangat kuat pada jeruk nipis. Kalau tidak ada jeruk nipis, kamu juga bisa menggantinya dengan lemon atau belimbing wuluh.

Caranya adalah dengan mengoleskan jeruk nipis pada kaki-kaki meja. Jadi, belah dulu buah jeruk nipis menjadi dua, kemudian gosokkan daging buahnya melingkari setiap kaki meja.

Pins juga bisa menggosokkan jeruk nipis pada permukaan meja, tetapi kamu harus memperhatikan material dari meja itu sendiri. Jika meja terbuat dari kayu berpelitur, cairan asam dari jeruk nipis bisa merusak lapisannya.

Baca Juga:

Taburkan Boraks

(Youtube)

Punya boraks tidak terpakai di rumah? Coba gunakan untuk membuat jebakan semut.

Selama ini boraks atau borix acid punya reputasi miring sebagai pengawet makanan yang berbahaya. Padahal, jika digunakan dengan benar, boraks memiliki kegunaan banyak sekali.

Selain untuk menghalau semut, boraks juga sangat ampuh sebagai bahan pembersih noda membandel. Misalnya, mengangkat noda kerak di lantai kamar mandi atau menghilangkan noda kerak panci gosong.

Untuk membuat jebakan semut dengan boraks, campurkan boraks dan gula dengan perbandingan 1:1.  Kemudian, tambahkan sedikit air hingga teksturnya kental seperti sirop.

Adanya gula bertujuan untuk menarik perhatian semut agar memakan jebakan, sedangkan boraks berfungsi sebagai racun. Semut yang memakan boraks pun akan mati keracunan.

Cara penggunaannya, Pins tinggal mengoleskan larutan boraks dan gula tadi pada wadah. Tidak harus piring atau mangkuk, kamu bisa menggunakan kertas atau kardus bekas.

Selanjutnya, letakkan larutan tadi di bawah meja untuk menarik perhatian semut. Cara ini juga bisa membasmi semut dalam jumlah banyak lho. Seandainya ada semut yang membawa larutan tadi ke sarangnya, maka semut-semut di dalam sarang akan mati keracunan.

Tuang Minyak Tanah Atau Minyak Kayu Putih

cara mengusir semut di meja makan dengan minyak kayu putih
(Atsiri Jamalindo Jaya)

Minyak tanah dan minyak kayu putih sama-sama memiliki aroma yang kuat. Aroma khas inilah yang tidak disukai oleh semut.

Namun, minyak tanah sekarang ini sulit untuk diperoleh karena sudah jarang dijual. Lagi pula, aroma minyak tanah sangat tajam dan bisa mengganggu kegiatan bersantap di meja makan.

Itu sebabnya, Pins lebih disarankan memakai minyak kayu putih sebagai cara mengusir semut dari meja makan. Selain aromanya lebih enak, minyak kayu putih mudah dibeli di warung terdekat.

Caranya cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih pada setiap kaki meja makan. Semut-semut pun akan segera menjauhi meja makan.

Kalau tidak ada minyak kayu putih, kamu bisa menggantinya dengan minyak telon.

Gunakan Cuka Putih

(Apartment Therapy)

Selain untuk campuran masakan, cuka putih juga punya banyak manfaat lain. Salah satunya untuk mengusir semut, sebab kandungan asamnya tidak disukai semut.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Campurkan cuka putih dengan air bersih, kemudian masukkan ke dalam botol spray. Kamu bisa menggunakan botol spray bekas parfum ataupun bekas pengharum pakaian.

Kemudian, semprotkan pada kaki-kaki meja. Semut-semut yang mendekat pun akan menjauh seketika begitu terpapar cairan cuka yang asam.

Selain ampuh sebagai cara mengusir semut dari meja makan, kamu bisa menggunakan cuka sebagai bahan pembersih. Mulai dari membersihkan noda pada pakaian hingga membersihkan lantai kamar mandi, kamu bisa menggunakan cuka putih.

Semprotkan Larutan Sabun Cuci Piring

cara mengusir semut di meja makan dengan sabun cuci piring
(Bon Apetit)

Untuk mengatasi semut yang kerap mengerubungi makanan di meja makan, kamu bisa menyemprotkan larutan sabun cuci piring pada kaki meja makan. Kandungan pada sabun cuci piring bersifat beracun bagi semut, sehingga semut akan menghindar.

Namun, larutkan dulu sabun cuci dengan air kemudian masukkan ke dalam botol spray.

Nah, itulah beberapa cara mengusir semut di meja makan. Ada baiknya cara-cara di atas dibarengi dengan menjaga kebersihan di dalam rumah supaya semut tidak berdatangan lagi. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Featured Image Source: Gopests.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga berbagai pilihan rumah di Kota Depok dengan penawaran terbaik.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.