Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar, Dijamin Ampuh!
cara mengusir nyamuk di kamar
Kebersihan Rumah

10 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar, Dijamin Ampuh!

  • 30 Mar, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 6 menit membaca

Bagi Pins yang tinggal di daerah dengan populasi nyamuk yang merajalela tentu merasakan perjuangan dalam membasmi nyamuk, bukan? Bagaimana tidak, serangga ini bisa menularkan penyakit yang berbahaya. Itu sebabnya, penting untuk menerapkan cara mengusir nyamuk di kamar yang paling efektif. 

Menghilangkan nyamuk di luar rumah memang jadi cara terbaik untuk mengatasi akar masalahnya. Namun, membasmi nyamuk di kamar dan ruangan lain di dalam rumah pun tidak kalah penting. 

Kabar baiknya, ada begitu banyak cara yang bisa Pins coba untuk menghilangkan nyamuk di rumah. Simak cara-caranya di bawah ini, yuk!

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Beli alat pengusir serangga 

Salah satu cara yang paling mudah mengusir nyamuk di dalam kamar adalah membeli alat pengusir serangga. Alat pengusir serangga yang dilengkapi dengan tenaga ultrasonik ini memang sudah ada sejak lama, tetapi ukurannya kini jauh lebih kecil. 

Alat ini diklaim ampuh membasmi nyamuk karena mengeluarkan frekuensi radio yang tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk. Frekuensi ini tidak terdengar oleh manusia, Pins. Itu sebabnya, kamu tidak akan terpengaruh oleh alat ini. 

Kelebihan alat ini tidak mengeluarkan zat kimia berbahaya, melainkan hanya frekuensi gelomang radio. Maka dari itu, alat berbasis ultrasonik ini aman diletakkan di dalam kamar, Pins. 

Gunakan minyak camphor

Kamper (camphor) merupakan bahan alami yang bisa Pins terapkan sebagai cara membasmi nyamuk di rumah. Pasalnya, bahan ini memiliki bau yang kuat untuk mengusir nyamuk dan serangga sejenisnya. 

Caranya cukup mudah. Pins hanya perlu menyalakan minyak kampor di ruangan dengan pintu dan jendela yang tertutup. Setelah itu, biarkan selama 15 sampai 20 menit. 

Dengan begitu, kamar kamu akan terbebas dari nyamuk dalam waktu yang singkat. Sayangnya, kampor berbau tidak enak bagi beberapa orang. Sebagai gantinya, Pins bisa juga meletakkan kapur barus di kamar dan membiarkannya menguap. 

Tanam semak Tulsi

Tulsi alias kemangi suci memang sudah terbukti dapat membasmi larva nyamuk dan diklaim sebagai cara ampuh mengusir nyamuk di kamar. Pins tinggal menanam semak tulsi di dekat jendela kamar. 

Ini karena semak tanaman ini bersifat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah kamu. Selain mengusir nyamuk, tanaman ramuan asal India ini bisa membantu mengobati gigitan nyamuk bila dioleskan langsung pada area yang terkena gigitan. 

Pakai dry ice

Pins tahu tidak jika karbondioksida yang manusia keluarkan menarik perhatian nyamuk sehingga kita lebih rentan terhadap gigitannya. Nah, ada cara yang bisa Pins coba untuk mengalihkan perhatian tersebut, yaitu menggunakan dry ice atau es kering. 

Dry ice merupakan biang es yang mengeluarkan karbondioksida. Pins bisa menggunakan es kering ini dengan menempatkannya dalam wadah. Lalu, letakkan wadah tersebut di dalam kamar. Bila nyamuk tertarik ke dalam wadah tersebut, jebak nyamuk di dalamnya. 

Cara membasmi nyamuk yang satu ini memang cukup efektif. Namun, Pins perlu berhati-hati ketika menggunakan dry ice karena dapat menimbulkan masalah ketika digunakan sembarangan. 

Semprot larutan air bawang putih

Bawang putih memang dianggap sebagai cara mengusir nyamuk di kamar yang cukup ampuh. Pasalnya, bawang putih memiliki bau yang menyengat dan bersifat larvasida nyamuk. 

Artinya, ‘racikan’ larutan air bawang putih bisa membunuh nyamuk dalam waktu singkat, Pins. Caranya pun tidak sulit. Pins bisa menggeprek beberapa siung bawang putih dan merebusnya dalam air selama beberapa menit. 

Bila sudah, tuang air ke dalam botol semprot dan semprotkan ke sekeliling kamar untuk mencegah nyamuk datang. Ini bisa membantu Pins mendapatkan kamar yang bebas dari nyamuk, lho

Beli alat perangkap nyamuk

Mirip dengan alat pengusir serangga, alat perangkap nyamuk bisa Pins beli sebagai cara menghilangkan nyamuk di rumah. Selain membelinya, kamu bisa membuat sendiri alat perangkap nyamuk di rumah, nih. Begini caranya. 

  • Potong botol plastik menjadi dua. 
  • Tambahkan gula merah dalam air panas dan aduk rata, diamkan hingga dingin. 
  • Tuangkan larutan ke bagian bawah botol dan tambahkan ragi. 
  • Letakkan corong setengah botol di bagian bawah dengan arah terbalik. 
  • Lilitkan pita hitam di sekitar botol dan letakkan di area yang rentan nyamuk. 

Laruta gula merah tadi perlu diganti secara berkala agar perangkap nyamuk tetap efektif membasminya ya, Pins!

Manfaatkan daun kemangi

Bila membicarakan soal cara alami mengusir nyamuk di kamar, daun kemangi menjadi andalannya. Daun kemangi mempunyai sifat penolak yang paling kuat bila dipakai sebagai minyak esensial atau dioleskan langsung pada kulit. 

Penggunaan daun kemangi pun cukup populer karena memiliki bau yang harum sehingga kamu tetap merasa betah di dalam kamar, bukan? 

Caranya pun tidak sulit. Pins cukup menanam daun kemangi di halaman belakang atau dekat jendela kamar. Kamu juga bisa menyemprotkan minyak daun kemangi di dalam rumah untuk membasmi nyamuk. 

Pakai tea tree oil

 sifat anti-bakteri dan anti-jamur di dalamnya, pemakaian tea tree oil menjadi salah satu cara alami yang efektif mengusir nyamuk di kamar. Ini karena bau minyak pohon teh ini tidak disukai oleh nyamuk. 

Pins hanya perlu mengoleskan minyak ini pada kulit untuk mencegah gigitan nyamuk. Selain membasmi nyamuk, tea tree oil dikenal dapat membantu meredakan gigitan nyamuk, Pins. 

Taburkan bubuk kopi

Bila Pins menjumpai genangan air di dalam atau di sekitar rumah, cobalah taburkan bubuk kopi di atasnya. Bubuk kopi bisa memaksa telur nyamuk di air untuk mengapung ke permukaan. 

Akibatnya, bibit-bibit nyamuk ini akan kekurangan oksigen sehingga tidak bisa ‘lahir’ sebelum menetes. Dengan begitu, kamu bisa mencegah nyamuk baru lahir masuk ke dalam kamar. 

Taruh tanaman anti-nyamuk di kamar

Selain semak tulsi, Pins bisa meletakkan tanaman anti-nyamuk lainnya di kamar atau sekitarnya. Cara mengusir nyamuk di kamar ini cukup populer karena juga menyejukkan pandangan mata. 

Ada pun beberapa jenis tanaman yang bisa membantu kamu mengusir nyamuk antara lain: 

  • Serai
  • Lavender
  • Lemon balm
  • Peppermint

Bila Pins menggunakannya di dalam ruangan, kamu bisa menempatkannya di daerah yang paling sering menarik nyamuk. Jika meletakkannya di luar, pertimbangkan untuk menaruhnya di dekat jendela atau dekat pintu, Pins. 


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.