Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Tips dan Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih
cara mengusir lalat dengan bawang putih
Kebersihan Rumah

Tips dan Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih

  • 12 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Tahukah kamu? Ternyata lalat tidak suka dengan bau menyengat dari bawang putih. Makanya, cara mengusir lalat dengan bawang putih bisa sangat efektif.

Ditambah lagi, bawang putih memiliki kandungan yang bersifat racun bagi lalat. Selain ampuh, cara ini juga praktis dan hemat biaya karena kamu bisa mendapatkan bawang putih di warung dengan harga terjangkau. Lantas, bagaimana cara menghilangkan lalat dengan bawang putih? Simak tips berikut ini, yuk!

Baca Juga:

Cara Mengusir Lalat dengan Bacem Bawang Putih

(Yummy)

Cara mengusir lalat dengan bawang putih bisa sangat praktis sekaligus multiguna, lho. Dengan membuat bacem bawang putih, hasilnya nanti bisa kamu gunakan untuk memasak sekaligus mengusir bawang putih.

Bacem bawang putih memiliki aroma yang lebih tajam karena sudah difermentasi selama dua hari. Kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah banyak sekaligus karena bacem bawang putih bisa disimpan sampai satu bulan.

Bahan yang Dibutuhkan

Cara membuat bacem bawang putih juga sangat mudah. Bahan dasar yang kamu butuhkan hanyalah bawang putih dan minyak goreng. Namun, kalau Pins ingin membuat sekaligus untuk bumbu masak, menambahkan kemiri dan minyak wijen akan menghasilkan rasa yang lebih nendang.

Cara Membuat Bacem Bawang Putih

Untuk membuat bacem bawang putih, siapkan bawang putih yang sudah dikupas, kemudian haluskan dengan ditumbuk atau menggunakan food processor. Selanjutnya, masukkan ke dalam stoples kaca yang steril dan tambahkan minyak hingga terendam.

Yang perlu Pins perhatikan di sini, stoples harus benar-benar bersih dan kering agar tidak ada bakteri maupun spora yang menyebabkan jamur.

Cara Menggunakan Bacem Bawang Putih

Sebetulnya bacem bawang putih bisa langsung digunakan, tetapi agar aromanya makin kuat, biarkan terfermentasi dulu. Tutup stoples tadi dengan rapat kemudian letakkan di tempat sejuk dan kering selama 2 hari.

Untuk mengusir lalat, kamu bisa meletakkan bacem bawang putih pada cawan kecil kemudian letakkan di tempat yang kerap dikunjungi lalat. Umumnya lalat suka hinggap pada makanan, seperti di meja makan dan dapur.

Oh ya, jika kamu membuat bacem bawang putih dalam jumlah banyak, gunakan sendok yang steril setiap kali mengambilnya. Mudah bukan cara mengusir lalat yang satu ini?

Cara Mengusir Lalat dengan Tumis Bawang Putih

(Rumah Mesin)

Cara mengusir lalat dengan bawang putih lebih praktis dengan bawang putih yang ditumis. Sebetulnya, cara ini mirip dengan penggunaan bacem bawang putih, hanya waktu pembuatannya lebih singkat.

Untuk membuat tumis bawang putih, kamu tidak perlu menunggu fermentasi selama 2 hari. Pins hanya perlu menghaluskan bawang putih dengan chopper, kemudian menumisnya hingga agak kering.

Tujuan menumis bawang putih adalah untuk mengurangi kandungan air di dalamnya sehingga tahan lama. Sama seperti olahan bacem bawang putih, tumis bawang putih atau disebut juga minyak bawang juga bisa dipakai untuk memasak.

Kamu juga bisa membuatnya dalam jumlah banyak kemudian menyimpannya di tempat kering dan sejuk. Untuk kebutuhan mengusir lalat, gunakan saja seperlunya dengan meletakkan tumis bawang pada cawan atau piring kecil.

Cara Mengusir Lalat dengan Semprotan Bawang Putih

cara mengusir lalat dengan semprotan bawang putih
(Freepik)

Cara mengusir lalat dengan bawang putih juga sangat praktis dengan semprotan bawang. Pins bisa membuat semprotan pengusir lalat dengan bahan sederhana, yaitu bawang putih, garam, dan air.

Cara Membuat Semprotan Bawang Putih

Untuk membuat semprotan pengusir lalat, haluskan bawang putih kemudian tambahkan garam. Kamu bisa menghaluskannya menggunakan blender ataupun ulekan.

Tidak usah khawatir akan repot, sebab mengulek bawang putih dengan garam jadi lebih mudah dan cepat halus, lho.

Selanjutnya, larutkan campuran bawang putih dan garam tadi di dalam air. Kemudian, saringlah dan masukkan cairannya ke dalam botol spray. Tidak perlu beli, kamu bisa memanfaatkan botol spray bekas parfum atau pengharum pakaian.

Semprotan anti-lalat alami buatanmu sudah siap digunakan! Pins bisa langsung menyemprotkannya di dekat makanan untuk menghalau lalat.

Namun, Pins juga perlu tahu kalau cara ini memiliki kekurangan. Semprotan anti-lalat yang terbuat dari bawang putih dan garam cenderung meninggalkan residu pada permukaan meja.

Jadi, kamu harus rajin mengelapnya setiap hari supaya tidak meninggalkan noda yang lengket.

Baca Juga:

Kenapa Bawang Putih Ampuh Mengusir Lalat?

lalat
(Freepik)

Selain baunya yang menyengat, cara mengusir lalat dengan bawang putih sangat efektif karena adanya kandungan yang bersifat toksin bagi lalat. Kandungan yang dimaksud adalah senyawa sulfur dan allicin.

Kandungan sulfur pada bawang putih terbilang tinggi. Jika terkena kontak langsung atau menghidup aromanya, lalat bisa keracunan. Aroma ini juga tidak disukai oleh hewan lain seperti cicak dan laba-laba.

Adapun senyawa allicin akan menguar dari bawang putih ketika diiris atau dihaluskan. Senyawa ini memiliki aroma yang sangat kuat, sehingga bawang putih yang sudah diiris lebih keluar aromanya.

Aromanya akan semakin menyengat dengan cara-cara yang kita bahas di atas. Efeknya jika terhirup oleh lalat bisa menyebabkan jadi lemas.

Tips Membeli Bawang Putih yang Bagus

bawang putih
(Freepik)

Agar cara membasmi lalat dengan bawang putih di atas benar-benar ampuh, Pins harus menggunakan bawang putih yang bagus. Bagaimanapun, kualitas kesegaran bawang putih menentukan hasil cairan pengusir lalat.

Apalagi, kalau Pins membuat bacem bawang atau minyak bawang, lebih baik yang bisa digunakan untuk memasak sekaligus. Dengan begitu, Pins akan mendapat dua manfaat dengan satu kali kerja.

Kriteria bawang putih yang baik adalah bentuknya padat dan utuh. Hindari membeli bawang putih yang keriput ya, karena kemungkinan di bagian dalamnya ada pembusukan.

Pins juga sebaiknya menghindari membeli bawang putih yang sudah dikupas. Meski terlihat mulus, bawang putih yang sudah dikupas lama akan berkurang aromanya.

Demikian beberapa tips cara mengusir lalat dengan bawang putih. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome. Temukan juga berbagai pilihan rumah di Kota Bogor dengan penawaran terbaik dari Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.