Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Penting! 16 Cara Mengurangi Sampah Plastik
cara mengurangi sampah plastik
Kebersihan Rumah

Penting! 16 Cara Mengurangi Sampah Plastik

  • 25 Nov, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 7 menit membaca

Sebagai salah satu upaya mendapatkan ciri-ciri dari lingkungan sehat, menerapkan cara mengurangi sampah plastik ternyata penting. Metode ini bisa Pins pakai untuk diri sendiri maupun diajarkan ke orang-orang di sekitar.

Bagaimana tidak, sampah bukan lagi masalah personal, melainkan juga tanggung jawab dan komitmen bersama. Begini, sampah plastik memerlukan waktu yang lama untuk terurai. Bila dibiarkan menumpuk, sampah ini bisa mencemari tanah dan membunuh hewan pengurai.

Sementara itu, membakar plastik sampah bisa menimbulkan polusi udara dan merusak lapisan ozon. Itu sebabnya, langkah yang paling tepat menanggulangi sampah plastik adalah membatasi penggunaannya. Begini cara-caranya!

Baca Juga:

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Inilah beberapa cara mengurangi sampah plastik agar lingkungan selalu terjaga!

Bawa Tas Belanja Sendiri

cara mengurangi sampah plastik
(Pixabay)

Salah satu cara yang paling ampuh mengurangi sampah plastik adalah membiasakan diri membawa tas belanja sendiri. Metode ini akan sangat bermanfaat ketika belanja bulanan atau ke minimarket terdekat.

Umumnya, tempat perbelanjaan menyediakan plastik untuk membawan barang belanjaan. Bila ini dilakukan setiap bulan, tidak terbayangkan bukan berapa banyak tumpukan kantong plastik yang akan terkumpul?

Maka dari itu, Pins bisa mengurangi sampah plastik ini dengan memanfaatkan tas belanja reusable. Pins dapat memakai tas dari kain nilon yang kuat.

Gunakan Botol Isi Ulang

(Pixabay)

Selain tas belanja, Pins disarankan membawa botol isi ulang sebagai cara menekan penggunaan sampah plastik. Botol ini bisa berfungsi sebagai wadah air minum.

Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan botol minuman setiap membeli minuman. Dengan begitu, penjual tak perlu lagi memakai gelas plastik.

Bahkan, beberapa tempat menawarkan diskon khusus bagi pembeli yang membawa wadah minuman sendiri. Strategi ini dipakai untuk mengurangi sampah plastik bekas air minum.

Usahakan menggunakan botol dengan bahan aluminium. Material ini mampu menahan suhu panas maupun dingin dari minuman.

Hindari Kemasan Makanan Berlebihan

Pins tahu tidak kalau kebiasaan membeli makanan bisa memicu penumpukan sampah baru? Pasalnya, penjual biasanya memakai kantong plastik untuk membungkus makanan yang kamu beli.

Demi mengurangi jumlah sampah plastik, kamu bisa menggunakan wadah makanan alias tempat bekal sendiri. Cobalah memilih kemasan makanan dari bahan kertas dan bawa kantong sendiri untuk membungkusnya.

Ini juga berlaku ketika kamu membeli bahan-bahan masakan. Misal, hindari memakai kemasan plastik secara berlebihan ketika berbelanja sayuran atau buah-buahan.

Selain itu, kebiasaan membeli makanan tentu akan menimbulkan sampah baru. Untuk membungkus makanan tersebut tak jarang digunakan kantong plastik.

Bila kepepet, kamu bisa menjadikan bahan-bahan makanan dalam satu kantong. Ini pun bisa kamu pakai jika bahan makanan memungkinkan untuk disatukan, ya!

Baca Juga:

Jangan Konsumsi Permen Karet

cara mengurangi sampah plastik
(Pixabay)

Bahan permen karet terdiri atas polyethylene dan polyvinyl acetate. Kandungan ini bisa ditemukan pada mainan anak-anak.

Inilah alasan kenapa permen karet tidak boleh tertelan. Selain itu, membersihkan permen karet tidak mudah. Teksturnya lembek dan lengket seperti lem.

Kurangi Sedotan Plastik

(Pixabay)

Membawa botol minuman sendiri memang penting, tetapi jangan lupa sertakan sedotannya, Pins. Alih-alih pakai sedotan plastik yang ditawarkan penjual, kamu bisa menggunakan sedotan aluminium yang bisa dipakai berkali-kali.

Begini, limbah anorganik yang satu ini sering terbawa ke sumber mata air. Di sisi lain, banyak makhluk hidup lainnya, seperti ikan, menganggapnya sebagai makanan.

Akibatnya, hewan yang mengonsumsi sedotan mengalami masalah pencernaan, tersedak, hingga mati. Untuk itu, mulai biasakan diri membawa sedotan plastik ketika nongkrong bersama teman, ya!

Biasakan Masak Sendiri

cara mengurangi sampah plastik
(Pixabay)

Kemasan makanan sering menumpuk apalagi jika Pins suka memesan makanan take away atau dibawa pulang. Lalu bagaimana cara mengurangi sampah plastik dari kemasan makanan ini?

Pins bisa beralih memasak makanan sendiri di rumah. Selain mengurangi sampah plastik, ini dapat menghemat biaya konsumsi.

Beli Barang Ukuran Besar

Bagaimana cara mengurangi sampah plastik selain dari membawa kantong belanja sendiri? Pins bisa membeli barang dengan ukuran besar.

Walaupun harganya lebih mahal, hal ini dapat memperpanjang masa pakainya. Sebagai contoh, kamu bisa mengganti kebutuhan deterjen ukuran 500 gram dengan deterjen ukuran 1 liter.

Kurangi Pemakaian Microbeads

Microbeads merupakan partikel berukuran kecil yang terbuat dari plastik. Biasanya ditemukan pada bantal leher. Apabila sampai terbawa ke aliran air, ini akan sangat berbahaya. Dampaknya dapat dikonsumsi oleh biota air.

Baca Juga:

Pilih Cone Saat Beli Es Krim

(Pixabay)

Ada cara mengurangi sampah plastik saat Pins membeli es krim. Coba pilih es krim dengan cone dibandingkan yang menggunakan cup atau plastik pembungkus.

Walaupun kelihatannya sangat sederhana, hal ini ternyata memberikan dampak besar kedepannya. Bayangkan jika setiap orang melakukan tindakan ini maka ada banyak produsen makanan menciptakan kemasan yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 10 Merek Penghisap Asap Dapur yang Bagus

Kurangi Membeli Air Kemasan

cara mengurangi sampah plastik botol
(Pixabay)

Cobalah untuk mengurangi pembelian air kemasan. Wadah minuman biasa menggunakan plastik.

Pins dapat membawa botol sendiri untuk mengurangi sampah botol. Jika terpaksa membeli air kemasan, jangan membuang sampah sembarangan. Pilah sampah plastik botol agar bisa didaur ulang kembali.

Ganti Alat Makan Plastik

Pins dapat mengganti wadah plastik makanan dengan kaca. Sebenarnya makanan yang bersuhu panas tidak direkomendasikan untuk ditaruh pada wadah plastik.

Kandungan melamin dapat memberikan efek berbahaya bagi tubuh. Penggunaan material kaca sebagai tempat makanan lebih aman dan tahan lama.

Pikir Ulang Sebelum Membeli

Ada baiknya sebelum membeli sesuatu dipikir ulang terlebih dahulu. Belilah barang-barang yang memang dibutuhkan.

Jika membeli barang di suatu tempat jangan melakukan pemesanan berulang-ulang. Lakukan dalam satu kali pemesanan sehingga sampah kemasan plastik bisa dikurangi.

Baca Juga:

Batasi Pembelian Online

(Pixabay)

Saat pandemi sampah dari pembelian online naik. Menurut LIPI kenaikannya bisa 1-10 kali dari sebelumnya hanya 1-5 kali dalam sebulan.

Saat membeli barang online biasanya digunakan bubble wrap, selotip dan plastik sebagai pembungkus. Inilah yang membuat sampah plastik kian bertambah banyak.

Daur Ulang

cara mengurangi sampah plastik
(Pixabay)

Pins juga bisa mengurangi sampah dengan mendaur ulang tumpukan plastik di rumah, misalnya saja botol kemasan air mineral dapat didaur ulang menjadi pot.

Pins dapat pula mengubah plastik kemasan shampo, detergen atau sabun mandi untuk dirangkai menjadi taplak meja atau tas. Barang daur ulang ini bisa Pins jual kembali.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

(Pixabay)

Ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan dimanapun Pins berada. Bila di lingkungan terdekat tidak tersedia tempat sampah, simpan dahulu.

Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyumbat saluran air. Jika terbawa air laut bisa merusak ekosistem biota laut.

Baca Juga:

Ajarkan Peduli Sampah Ke Orang Sekitar

cara mengurangi sampah plastik
(Pixabay)

Selain menerapkan tips diatas pada diri sendiri, jangan lupa untuk mengajarkannya ke orang sekitar. Dengan begitu akan lebih banyak lagi orang yang bertanggung jawab akan lingkungan sekitar.

Permasalahan sampah ini tidak lagi masalah personal melainkan global. Dengan menerapkan cara mengurangi sampah plastik diatas, kamu berkontribusi melindungi bumi dan makhluk hidup didalamnya.

Baca Juga:

Featured Image Source: Saiindustrial.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.