Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik Begini Cara Menghubungkan Laptop ke Smart TV Tanpa Kabel
cara-menghubungkan-laptop-ke-smart-tv-tanpa-kabel
Elektronik

Begini Cara Menghubungkan Laptop ke Smart TV Tanpa Kabel

  • 20 Jul, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 5 menit membaca

Selama pandemi COVID-19 ini banyak sekali tempat hiburan, mall, bioskop, dan tempat makan yang tutup. Ditambah adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat hampir seluruh masyarakat yang harus tetap berada di dalam rumah, membuat kita harus menciptakan suasana baru agar tidak bosan selama berada di rumah. Maka dari itu, banyak sekali orang orang yang mencoba berbagai kegiatan untuk refreshing pikiran sejenak meski di rumah, salah satunya adalah menonton film. Sudah tahu cara menghubungkan laptop ke Smart TV tanpa kabel?

Dengan kemajuan teknologi dan internet saat ini, kamu bisa mengakses film yang ingin ditonton. Kamu juga bisa berlangganan dengan berbagai platform supaya bisa menonton film yang diinginkan. Bagi sebagian banyak orang mungkin menonton film di laptop rasanya kurang seru karena dan layar yang terlalu kecil. 

Apa lagi kalau menonton film dengan keluarga, menonton film dengan laptop jadi tidak nyaman. Tapi tenang! Karena saat ini Pins bisa menyambungkan laptop ke TV dengan mudah tanpa menggunakan kabel saat akan menonton film ataupun ingin melakukan presentasi di hadapan orang banyak melalui layar TV. Jika kamu belum tahu caranya, simak penjelasannya di bawah ini yuk! 

Mengenal Apa Itu Smart TV

(Canva)

Smart TV adalah televisi yang memiliki sistem operasi khusus dalam pengoperasiannya. Biasanya smart TV ini dilengkapi dengan sistem operasi seperti Linux, Android TV, webOS, Tizen dan HomeOS. Sistem operasi ini membuat kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi seperti Youtube, Netflix dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat bahwa penggunaan smart TV ini membutuhkan internet yang bisa dilakukan dengan Wifi maupun kabel port internet. 

Sayangnya tidak semua smart TV dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses seluruh aplikasi. Jadi kamu perlu menyambungkan laptop ke televisi agar bisa menayangkan platform tertentu yang ingin kamu akses. Biasanya laptop yang ingin dihubungkan untuk menayangkan layar laptop ini membutuhkan kabel HDMI atau perangkat tertentu. Namun saat ini kamu bisa menghubungkannya ke TV tanpa bantuan kabel. Selain sangat mudah, cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel ini membuat membuat rumah lebih aman. Karena kabel-kabel yang berseliweran bisa membahayakan anggota keluarga dan membuat rumah tampak berantakan. Berikut cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel. 

Baca juga:

Cara Menghubungkan Laptop ke Smart TV tanpa Kabel 

(Canva)

Sebelum mulai untuk menyambungkan laptop ke TV, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa Windows pada laptop, dan TV yang akan disambungkan adalah Smart TV ( TV android). Menyambungkan laptop ke smart TV adalah solusi yang tepat, karena Pins tidak perlu pusing dengan kabel-kabel yang mengganggu dan bisa membuat rumah tampak berantakan. Cara menyambungkan laptop ke smart TV tanpa kabel ini pun sangat praktis, kamu hanya perlu menyiapkan perangkat streaming media salah satunya seperti Google Chromecast. Walaupun dengan cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel ini terbilang lebih mahal dibandingkan kabel HDMI, karena TV yang digunakan adalah TV android, namun perangkat ini sangat memudahkan Pins untuk melakukan projecting ke TV. Ini dia cara menyambungkan laptop ke smart TV dengan Google Chromecast.

  1. Pastikan televisi dan laptop telah tersambung dengan internet. Lalu buka aplikasi Google Chrome dan website atau platform yang akan kamu buka. 
  2. Klik “Lainnya” pada bagian ujung kanan atas Google Chrome, lalu klik “Cast…” atau “Transmisikan”. Pilihlah nama perangkat TV yang ingin kamu sambungkan.
  3. Setelah itu layar window Google Chrome akan muncul pada televisi. Kamu bisa melanjutkan ke halaman-halaman yang ingin kamu akses dengan mengoperasikannya melalui laptop. 

Sangat mudah bukan? Hanya dengan 3 cara tadi kamu sudah bisa menikmati film di televisi yang dihubungkan melalui laptop. Tentu hal ini membuat kamu dan keluarga lebih nyaman saat menonton. Tidak hanya itu, Pins juga bisa mempresentasikan hal-hal yang ingin kamu tunjukkan melalui Google Chrome. 

Kekurangan Google Chromecast

(Canva)

Menggunakan Google Chromecast memiliki kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu. Ya, memang tidak seperti menggunakan kabel, dengan Google Chromecast membuat kamu hanya bisa menyambungkan window dari Google Chrome saja, bukan layar laptop secara keseluruhan. Hal ini menjadi kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan jika membutuhkan akses lebih untuk mempresentasikan dokumen lainnya.

Kamu bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan kabel HDMI yang disambungkan dari laptop ke TV, menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan kabel VGA, dan menggunakan USB-C jika laptop dan TV sama-sama memiliki port USB-C. Tetapi saat ini memang cara yang paling praktis dan mudah untuk digunakan adalah dengan cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel.

Itulah cara menghubungkan laptop ke smart TV tanpa kabel dengan mudah di rumah. Jangan lupa membersihkan TV secara rutin dan mematikannya saat tidak digunakan agar televisi lebih awet. Selain televisi, penting juga lho untuk merawat AC secara rutin. Ya, AC menjadi salah satu barang elektronik penting di rumah karena fungsinya yang mendinginkan ruangan saat kamu kepanasan di dalam rumah. Karena jika tidak dirawat dengan baik, AC bisa tidak dingin atau bahkan mengalami kerusakan yang lebih parah. 

Baca juga:

Supaya AC di rumah tahan lama dan tetap dingin, lakukan servis AC secara berkala. Bila AC tidak bekerja maksimal, pesan jasa perbaikan AC oleh teknisi dari Pinhome Home Service. Dengan biaya yang sesuai standar, Pins bisa mendatangkan teknisi AC profesional sesuai dengan keluhan yang dihadapi melalui layanan Perbaikan AC di aplikasi Pinhome. Download aplikasi Pinhome di sini.

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.