Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Jangan Bingung Lagi! Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Lengkap
cara menghitung denda pajak mobil
Otomotif

Jangan Bingung Lagi! Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Lengkap

  • 5 Dec, 2022 oleh Putra
  • 5 menit membaca

Warga negara yang baik merupakan warga negara yang taat akan pajak. Begitu juga kamu yang harus membayar pajak mobil dengan rutin. Tetapi ada kalanya kamu akan lupa dan telat membayar pajak untuk mobil kamu. Kamu masih bingung bagaimana cara menghitung denda pajak mobil?

Nah, sekarang kamu tidak perlu kebingungan lagi untuk menghitung denda pajak mobil. Karena kamu akan segera menemukan solusi di bawah ini.

Baca juga: Apakah SIM Mati Bisa diperpanjang? Simak Cara Mengurus SIM Mati

Cara Menghitung Denda Pajak Mobil

(populix)

Lupa untuk bayar pajak tentunya menjadi hal yang lumrah bagi setiap orang. Namun, saat kamu lupa membayar pajak kendaraan. Pajak akan dikenakan denda tambahan atas keterlambatan kamu.

Ternyata denda bayar pajak ini memiliki rumus untuk menghitungnya. Dengan memahami rumus ini. Sekarang kamu tahu harus menyiapkan dana seberapa besar sebelum membayar pajak. Agar uang yang dibawa tidak kekurangan saat membayar pajak. Simak rumusnya seperti berikut.

Khusus Denda Pajak dibawah 1 Tahun

Denda pajak mobil dibawah 1tahun memiliki cara menghitung yang mudah. Kamu cukup mengingat rumus seperti ini.

Denda PKB = [Biaya PKB x 25% x (berapa bulan kamu terlambat)/12 ]+ Denda SWDKLLJ

Jika masih bingung, kamu dapat melihat contoh perhitungannya dibawah ini:

Tercatat PKB mobil di STNK Rp5.000.000. Kamu terlambat membayar selama 6 bulan. Masukkan rumus yang sudah dijelaskan.

= (5.000.000 x 25% x 6/12) + 100.000

= (1.250.000 x 6/12) + 100.000

= (625.000) + 100.000

= 725.000

Melalui perhitungan denda diatas. Kamu mendapat total denda Rp725.000 atas keterlambatan kamu membayar pajak. 

Namun ternyata mobil kamu sudah telat lebih dari 1 tahun dari masa seharusnya untuk bayar pajak. Tenang, disini juga terdapat rumus untuk cara menghitung denda pajak mobil yang sudah lebih dari 1 tahun

Denda Pajak Mobil Lebih Dari 1 tahun

Jika kamu bingung bagaimana menghitung denda pajak yang lebih dari 1 tahun. Sebenarnya, rumus menghitungnya sama seperti sebelumnya. Tetapi kamu akan menghitung berdasarkan jumlah tahun yang kamu lewati untuk bayar pajak.

Denda PKB = (Jumlah tahun yang terlewati x Biaya PKB x 25% x 12/12) + Denda SWDKLLJ

Dapat dilihat bahwa rumusnya sama seperti denda di bawah 1 tahun. Tapi jika kamu masih kebingungan. Lihat contoh perhitungannya disini.

Jika PKB mobil Rp5.000.000 dan kamu sudah melewati waktu selama 2 tahun. Kamu dapat menghitung seperti ini:

= (2 x 5.000.000 x 25% x 12/12) + 100.000

= (10.000.000 x 25% x 1) + 100.000

= (2.500.000 x 1) + 100.000

= 2.600.000

Jadi, dengan PKB Rp5.000.000 dan keterlambatan selama 2 tahun. Kamu dikenakan total denda pajak sebesar Rp2.600.000

Rumus untuk membayar pajak diatas merupakan rumus yang mudah dipahami. Tapi ada baiknya setelah kamu memahami rumus diatas. Kamu harus taat bayar pajak dan hindari keterlambatan membayar pajak. Ini juga akan mengurangi biaya tambahan yang disebabkan oleh denda pajak.

Dengan taat membayar pajak. Kamu akan menjadi warga negara yang baik. Sekaligus menjadi orang yang disiplin akan waktu.

Denda untuk membayar pajak juga menambahkan denda SWDKLLJ seperti yang ada pada rumus. Tapi apa itu denda SWDKLLJ?

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Kecelakaan Lalu Lintas. Denda ini juga wajib untuk dibayar ketika membayar denda pajak. Umumnya biaya denda SWDKLLJ tergantung jenis kendaraan yang kamu miliki. Untuk kendaraan motor sebesar Rp32.000 dan mobil Rp100.000.

Untuk membayar pajak juga memiliki berkas yang harus dibayar. Kamu tentunya harus menuju samsat setempat jika akan membayar pajak kendaraan.

Baca juga: Cara Kerja, Fungsi VVTI & Plus Minusnya

Cara Membayar Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Ketika membayar denda pajak. Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan sebelum menuju ke samsat. DI tahun 2022 ternyata juga ada cara membayar pajak melalui online. Penasaran? Simak caranya dibawah ini.

Untuk membayar denda pajak kamu dapat memilih dari 3 tempat ini:

  • Kantor Samsat Induk
  • Samsat keliling
  • Gerai Samsat

Jika kamu sudah memutuskan temat mana yang kamu pilih untuk membayar pajak. Kamu harus menyiapkan:

  • STNK asli beserta fotokopi
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang asli juga  beserta fotokopinya
  • KTP si pemilik kendaraan asli dan fotokopi

Samsat juga melayani pembayaran pajak dengan layanan Samsat Drive Thru. Layanan dapat kamu gunakan dengan syarat membawa kendaraan yang akan dibayar denda pajaknya. Pemilik kendaraan juga harus berada di lokasi dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Cara Bayar Denda Pajak Online

(pembiayaanbkpb)

Ada 2 cara untuk membayar pajak dengan metode online. Metode ini akan sangat membantu di tengah masa pandemi seperti sekarang. Cara yang pertama kamu dapat membayar melalui situs samsat daerah setempat. Akses ke situs tersebut dan kamu akan diarahkan untuk mengecek denda pajak kendaraan kamu.

Selain situs, kamu juga dapat mengunduh aplikasi Samsat digital nasional yang telah dikembangkan oleh Korlantas yaitu SIGNAL. Aplikasi ini dapat kamu akses melalui android atau IOS.

Kamu akan diarahkan untuk verifikasi data diri terlebih dahulu. Setelah mengikuti semua arahan dari aplikasi SIGNAL. Kamu dapat mengecek berapa banyak denda yang harus kamu bayar..

Cara yang paling mudah untuk menghindari denda pajak adalah dengan membayar tepat waktu. Maka dari itu selalu perhatikan kapan waktu yang tepat untuk membayar pajak. Karena denda pajak kendaraan dapat menjadi cukup mahal apabila sudah telat lebih dari 1 tahun, Jadilah warga negara yang taat akan pajak.

Baca juga: Syarat dan Tata Cara Uji Kir Mobil

Featured Image Source: wigatos


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome
Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.