Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 8 Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih dengan Cepat
cara menghilangkan luntur di baju putih
Kebersihan Rumah

8 Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih dengan Cepat

  • 30 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Cara menghilangkan luntur di baju putih tidaklah sulit. Selain menggunakan pemutih pakaian, kamu bisa menggunakan bahan-bahan lain yang ada di rumah.

Noda luntur pada baju putih sebetulnya bisa dihindari dengan cara mencuci baju putih secara terpisah dari baju berwarna. Namun, cara ini memang sedikit merepotkan.

Nah, kalau sudah terlanjur kena luntur tentunya jadi merusak tampilan baju putih. Jangan buru-buru dipensiunkan, baju putih terkena luntur masih bisa kamu selamatkan dengan cara-cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Luntur di Baju Putih

Sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan kimia, Pins perlu mengetahui bahwa ada bahan-bahan dapur yang bisa digunakan sebahai cara menghilangkan luntur di baju putih. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tuang Cuka

cara menghilangkan luntur di baju putih
(Brambang)

Tidak perlu panik ketika baju putih terkena lunturan warna lain. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan baju putih dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, contohnya adalah cuka.

Penggunaan cuka memang sering dipakai untuk membersihkan berbagai macam perabot rumah. Tidak hanya itu, cuka ternyata juga bisa dipakai untuk membersihkan baju putih yang terkenal luntur.

Cara membersihkan baju putih yang terkenal luntur dengan menggunakan cuka sangat mudah. Pertama, campurkan cuka dengan air bersih. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk merendam baju putih.

Diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit. Kemudian, kamu bisa menguceknya sampai bersih atau mencuci baju dengan mesin cuci seperti biasa.

Pakai Jeruk Nipis

cara menghilangkan luntur di baju putih
(Freepik)

Memiliki baju putih bisa dipadupadankan dengan pakaian apa saja. Sayangnya, baju putih gampang kotor. Untungnya, ada tips membersihkan baju putih dengan bahan alami, yaitu jeruk nipis.

Kandungan yang ada di dalam jeruk nipis mampu memudarkan lunturan warna yang menodai baju putih. Cara penggunaannya yaitu dengan memanfaatkan air perasan jeruk nipis.

Cara menghilangkan luntur di baju putih bisa dengan meneteskan air perasan jeruk nipis pada noda di baju putih. Selanjutnya, diamkan selama tiga puluh menit dan biarkan cairan perasan jeruk nipis memudarkan noda pakaian.

Setelah itu, kamu bisa menguceknya seperti biasa. Metode ini bisa Pins gunakan pula ketika ingin menghilangkan noda kuning pada baju putih, lho.

Ambil Ekstrak Belimbing Wuluh

(Merdeka)

Belimbing wuluh bisa kamu gunakan untuk membersihkan baju putih lho. Caranya seperti dengan jeruk nipis, yaitu dengan menggunakan ekstrak belimbing wuluh.

Hanya saja, belimbing wuluh tidak mudah diperas seperti jeruk nipis. Untuk memanfaatkan ekstraknya, kamu bisa membelah belimbing wuluh.

Kemudian, gosokkan daging belimbing wuluh pada bagian yang terkena noda dan diamkan hingga 30 menit. Cara ini cukup praktis dan efektif.

Opsi lainnya, kamu bisa mengekstrak cairan belimbing wuluh dengan menggunakan juicer atau blender. Jangan lupa disaring ya karena yang kita butuhkan hanya cairannya saja.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jamur di Baju dengan Mudah

Manfaatkan Micin

(Freepik)

Siapa sangka micin ternyata bisa digunakan untuk membersihkan baju putih. Produk penyedap makanan ini bisa kamu dapatkan di warung, atau mungkin di dapurmu sudah ada.

Cara menghilangkan luntur di baju putih adalah dengan mencampurkan micin dan detergen. Kemudian larutkan dalam air.

Pertama, campurkan micin dengan detergen dengan perbandingan dua banding tiga. Misalnya. micin sebanyak dua sendok makan dengan detergen sebanyak tiga sendok makan.

Selanjutnya, tambahkan air dan aduk hingga larut. Lalu, rendam baju putih yang terkena luntur di dalam larutan tersebut. Diamkan selama tiga puluh menit. Lalu, kamu bisa menguceknya seperti biasa atau mencuci di mesin cuci.

Gunakan Baking Soda

cara menghilangkan luntur di baju putih
(Blibli)

Cara menghilangkan luntur di baju putih selanjutnya adalah dengan baking soda. Penggunaan baking soda termasuk aman untuk bahan jenis apa pun. Jadi, tidak perlu khawatir akan merusak tekstur pakaian.

Caranya adalah dengan melarutkan baking soda dengan air untuk merendam pakaian. Setelah direndam cukup lama, kamu bisa mengucek atau mencucinya di mesin cuci seperti biasa.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Tuang Aseton

Cara membersihkan baju putih yang terkena luntur selanjutnya adalah dengan menggunakan aseton. Aseton adalah cairan yang dipakai untuk membersihkan kuteks pada kuku.

Kandungan zat kimia yang ada pada aseton memang mampu melunturkan sekaligus menguraikan noda membandel. Penggunaan aseton sangat ampuh untuk menghilangkan noda cat di baju, lho.

Membersihkan noda luntur pada baju putih dengan aseton akan sangat mudah. Hanya saja, aseton termasuk zat kimia yang mungkin selalu keras untuk bahan tertentu.

Jadi, penggunaannya cukup dengan meneteskan aseton seperlunya pada noda luntur di pakaian putih. Kemudian amati apakah noda tersebut perlahan memudar. Jika noda luntur sudah memudar, kamu bisa melanjutkan mencuci baju seperti biasa.

Teteskan Alkohol ke Noda

(HDmall)

Sama seperti aseton, alkohol yang biasa dipakai untuk mensterilkan luka juga bisa digunakan untuk membersihkan noda. Penggunaan alkohol khususnya efektif untuk mengatasi noda dari tinta spidol atau marker.

Cara menghilangkan luntur di baju putih adalah dengan meneteskan alkohol langsung pada noda. Kemudian, gosok hingga memudar.

Selanjutnya, kamu bisa mencucinya seperti biasa. Jika penggunaan satu kali belum cukup untuk membersihkan noda secara sempurna, kamu bisa mengulangi proses tadi.

Pakai Cairan Pemutih

cara menghilangkan luntur di baju putih
(Freepik)

Cara membersihkan luntur pada baju putih yang paling praktis adalah dengan menggunakan cairan pemutih. Umumnya, cairan pemutih banyak dijual di pasaran. Harganya pun terjangkau dan terdiri dari banyak pilihan merek.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, biasanya cara penggunaannya sudah tertulis pada kemasan pemutih.

Pertama, larutkan cairan pemutih dengan air lalu gunakan untuk merendam baju. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah lamanya waktu merendam. Disarankan untuk merendam baju putih tidak lebih dari lima belas menit.

Karena jika merendam baju putih terlalu lama, justru dapat merusak bahan pakaian itu sendiri.  Salah satu dampaknya adalah bahan pakaian menjadi mudah rusak dalam jangka panjang.

Setelah merendam pakaian dalam larutan pemutih selama 15 menit, kamu bisa mengucek dan membilasnya seperti biasa. Cairan pemutih umumnya memiliki aroma menyengat. Ada baiknya merendam pakaian dengan larutan pewangi setelah selesai mencuci.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan luntur di baju putih yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba, ya!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.