Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor
cara menghilangkan karat pada besi motor
Otomotif

12 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

  • 30 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Cara menghilangkan karat pada besi motor ternyata tidaklah sulit. Pins bisa menggunakan bahan bakar maupun pembersih lantai kamar mandi yang tersedia di rumah, lho.

Pins perlu tahu nih kalau karat pada besi motor bisa dipengaruhi oleh iklim. Pasalnya, curah hujan yang tinggi dan sering dapat membasahi kendaraan seperti knalpot motor dan mudah mengundang karat. Ini terutama terjadi jika kamu tidak sering mencuci motor usai terkena air.

Akibatnya, performa mesin pun menurun karena ada korosi pada besi. Itu sebabnya, kotoran pada kondisi besi motor perlu segera dibersihkan. Kamu bisa menerapkan cara membersihkan karat pada besi motor di bawah ini, ya!

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Ada beberapa cara yang bisa Pins lakukan untuk membersihkan karat pada besi motor, entah itu dengan pembersih khusus atau bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut metode-metodenya!

Minuman Soda

(Pexels)

Pins dapat mengangkat karat dengan menggunakan minuman bersoda. Jenis soda yang ampuh sekali membersihkan karat adalah diet coke. Pasalnya, asam yang terkandung dalam minuman ini mampu merontokan karat dan kotoran.

Harganya sangat terjangkau dan bisa ditemukan di mana saja. Untuk menggunakannya, kamu bisa mulai dengan membasuh area berkarat. Apabila komponen dapat dibongkar pasang, sebaiknya rendam pada cairan bersoda.

Diamkan beberapa saat kemudian gosok dengan sikat lembut. Jika karat sudah menghilang, bilas memakai air lalu keringkan. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan agar tidak meninggalkan goresan.

Oli Bekas

(pinterest)

Selain diet coke, Pins bisa memanfaatkan oli bekas sebagai cara membersihkan karat pada besi motor. Ini biasanya dilakukan oleh montir motor untuk menghilangkan karat pada bagian velg.

Oli merupakan pelumas yang tahan akan karat. Walaupun tidak dapat menghilangkan karat dengan sempurna, paling tidak ini bisa mengurangi area yang korosi. Pengaplikasiannya cukup dengan mengoleskan oli pada bagian berkarat.

Diamkan 2-3 menit kemudian gosok memakai sikat gigi bekas. Tidak hanya besi motor, oli bekas bisa kamu pakai untuk mengurangi karat pada bagian knalpot. Caranya pun mudah. Kamu hanya perlu menuangkan oli bekas pada lubang knalpot.

Setelah itu, hidupkan mesin hingga suhu memanas sampai karat rontok dengan sendirinya. Pada saat dibersihkan knalpot akan mengeluarkan asap hitam yang cukup pekat.

Baca juga: 8 Fungsi Busi Motor, Bikers Harus Tahu!

Stempet

Cara menghilangkan karat pada besi motor selanjutnya adalah memakai gemuk atau stempet. Stempet adalah cairan atau gel yang kental dan ilcin yang dipakai untuk melumasi komponen motor. Gel ini juga berfungsi mencegah karat pada besi.

Ada dua jenis gemuk, yakni sheave dan secondary sheave. Teksturnya kental seperti gel yang biasa digunakan sebagai pelumas sepeda motor matic.

Jenis sheave biasanya lebih tahan panas dibandingkan secondary sheave. Sheave umumnya digunakan pada bagian kruk agar kerja pulley depan lebih berat dan tahan panas.

Cara membersihkan karat pada besi dengan gemuk pertama-tama oleskan dahulu pada area berkarat. Hindari menggunakan gemuk pada rantai motor karena teksturnya sangat lengket sehingga akan mudah merusak rantai.

Pasta Gigi

(Pexels)

Setiap pasta gigi mengandung senyawa fluoride. Senyawa ini berguna mengikis kotoran yang membandel. Tak hanya bagus untuk gigi, ternyata bahan ini baik untuk menghilangkan karat pada motor.

Pasta gigi juga dapat membuat komponen motor kembali kinclong layaknya besi baru. Oleskan pasta gigi pada bagian yang berkarat kemudian tunggu beberapa saat.

Setelah itu, gosok dengan halus hingga karat menghilang. Selain memakai sikat gigi Pins dapat menggunakan kain sebagai penggosok.  

Pertamax Plus

Bahan bakar seperti Pertamax Plus ampuh dalam menghilangkan karat membandel. Zat aditif pada bahan bakar ini mampu membuat bagian katup dan injektor lebih bersih. 

Tingkat oktan yang tinggi mampu menjaga performa mesin tetap optimal setiap saat. Cara menghilangkan karat pada besi motor dengan Pertamax Plus adalah mencampurkannya dengan minyak solar.

Buat perbandingan 1 : 2 kemudian aduk hingga merata. Setelah itu oleskan campuran ini pada bagian motor yang berkarat. Gunakan sikat kawat untuk merontokan karat yang menempel.

Rust Remover

(Pinterest)

Bahan ini merupakan cairan khusus yang memang untuk menghilangkan karat. Harganya lumayan mahal, tetapi terjamin manfaatnya. Pins cukup merendam bagian berkarat dalam rust remover.

Diamkan hingga 15 menit sampai 8 jam tergantung dari seberapa parah karat yang telah menyebar. Setelah itu, sikat sampai karatnya hilang dan kinclong.

Pembersih Keramik

Jika rust remover terlalu mahal dapat diganti dengan pembersih keramik. Cara membersihkan karat pada besi memakai pembersih keramik dimulai dengan mengoleskannya ke bagian berkarat.

Setelah mendiamkannya beberapa menit, lanjutkan dengan sikat bagian berkarat hingga bersih. Jangan gunakan pembersih keramik pada bagian blok mesin. Dampaknya mampu merusak komponen mesin sepeda motor.

Asam Sitrat

Merendam besi kedalam cairan yang mengandung asam nitrat mampu merontokan kotoran yang menempel. Area terkorosi akan kembali bersih seperti besi baru lagi. 

Tekstur asam nitrat adalah bubuk sehingga untuk melarutkannya gunakan air hangat. Bilas komponen sepeda motor setelah digosok dengan sikat, lalu lap hingga kering.

Amplas

(Pinterest)

Jika masih mempunyai amplas di rumah, gunakan bahan ini untuk membersihkan area terkorosi. Gosok perlahan dengan gerakan maju mundur hingga mengikis karat pada besi.

Apabila bagian berkarat cukup besar, pilih amplas dengan permukaan yang kasar, begitupun sebaliknya. Sebaiknya hindari memakai amplas secara berlebihan karena berpengaruh pada kekuatan rangka kendaraan.

Baca juga: 8 Merk Shockbreaker Motor Terbaik Untukmu

Baking Soda

cara menghilangkan karat pada besi motor Baking Soda
(pinterest)

Bahan ini biasa dipakai untuk membuat kue. Apabila Pins memilikinya di dapur dapat dimanfaatkan untuk merontokan karat pada besi. Dalam pengaplikasiannya pun tak jauh berbeda dengan memakai asam nitrat.

Cuka

cara menghilangkan karat pada besi motor Cuka
(Pexels)

Baking soda dapat diganti dengan cuka. Bahan ini memiliki asam tinggi sehingga dapat membersihkan karat pada besi. Jenis cuka yang dipakai bisa cuka putih maupun cuka apel.

Bensin

Terakhir, Pins bisa memanfaatkan bensin untuk membersihkan karat. Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan memakai oli bekas.

Siapkan sikat atau kawat sebagai alat penggosok untuk merontokan karat.Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada besi motor. Pins tinggal pilih bahan mana yang tersedia di rumah.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.