Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 11 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Secara Permanen. Dijamin Ampuh!
cara menghilangkan jamur di lemari
Kebersihan Rumah

11 Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Secara Permanen. Dijamin Ampuh!

  • 15 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Ruangan lembab, gelap dan pengap dapat menimbulkan jamur, terutama pada lemari pakaian dari kayu. Kabar baiknya, ada beragam cara menghilangkan jamur di lemari, mulai dari bahan kimia hingga alami. 

Ini karena pertumbuhan jamur yang dibiarkan bisa mencemari pakaian atau barang di dalam lemari. Untuk hilangkan jamur lemari secara permanen, pastikan menggunakan bahan ini secara rutin. 

Perlu diingat pula bahwa jamur bisa muncul kembali jika kondisi lemari tetap lembap. Maka dari itu, pilih cara mengatasi lemari berjamur sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, Pins. 

Cara Menghilangkan Jamur di Lemari

Oleskan Alkohol

(Pexels)

Selain berfungsi sebagai antiseptik dan cairan pelarut, alkohol bisa Pins gunakan sebagai cara menghilangkan jamur di lemari. Nah, pilih alkohol dengan kadar 70-80% karena presentase ini mampu mengangkat virus di dalam lemari. 

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Pins hanya perlu menyiapkan lap kering dan basahi lap tersebut dengan alkohol. Lalu, usap ke segala sisi lemari secara menyeluruh, baik pada bagian yang berjamur maupun tidak. 

Pins bisa membersihkan jamur yang berada pada serat kayu dengan alkohol. Bila ingin menghilangkan baunya, coba tambahkan pewangi, ya!

Lapisi Dengan Melamin

Melamin merupakan salah satu bahan untuk hilangkan jamur lemari permanen. Melamin terbentuk atas senyawa formaldehida, polimer sintetis dan urea. 

Sebelum melapisi lemari dengan melamin bersihkan dahulu furniture. Gunakan kain kering untuk membersihkan debu dan jamur. Setelah itu, lapisi bagian yang berjamur menggunakan melamin atau pernis.

Melamin atau pernis ampuh untuk menghambat atau mencegah jamur datang kembali. Setelahnya, jangan lupa keringkan lemari hingga kering baru gunakan kembali. 

Baca Juga:

Pasang Lampu Neon

(Pexels)

Cara menghilangkan jamur di lemari paling sederhana adalah dengan memasang lampu neon di dalamnya. Pencahayaan mampu mengurangi kelembaban dan serangga mendekati barang-barang yang ada pada lemari.

Efek ultraviolet yang dimiliki lampu TL atau neon ini ampuh untuk mengusir jamur. Fungsi lampu neon ini juga memudahkan Pins untuk melihat dan mencari barang yang dibutuhkan.

Bila perlu, sebaiknya beli lemari yang sudah ada lampu di bagian dalamnya. Apabila Pins pasang secara manual, buka lemari ketika lampu lemari menyala. Hal ini untuk mendukung sirkulasi udara berjalan lancar.

Baca Juga: 8 Cara Menyimpan Udang di Kulkas Agar Tetap Segar

Gosok Memakai Jeruk Nipis

(Pexels)

Berkat kandungan asam yang tinggi, jeruk nipis dianggap sebagai bahan yang bisa hilangkan jamur lemari secara permanen. Pasalnya, sitrun pada buah jeruk ini mampu merusak jaringan noda atau jamur. 

Pertama-tama, campurkan garam dan perasan jeruk nipis dengan air. Aduk rata dan semprotkan pada bagian yang berjamur. Gosok bagian tersebut dengan sikat gigi hingga jamur terangkat. 

Keringkan lemari dengan memanfaatkan sinar matahari atau kipas angin. Jangan memakai lemari dalam keadaan basah karena malah meningkatkan pertumbuhan jamur.

Baca Juga: Rekomendasi 15 Mobil Second di Bawah 100 Juta

Letakan Kamper

Harga kamper sangat terjangkau dan bisa jadi solusi mengatasi lemari berjamur. Bersihkan lemari dari jamur terlebih dahulu memakai campuran jeruk nipis dan garam. Setelah itu letakan kamper dan ganti secara berkala jika sudah memuai.

Lapisi kamper dengan plastik baru masukan ke dalam lemari. Aromanya yang khas juga mampu menghilangkan serangga yang hinggap pada lemari.

Gunakan Cuka Putih

(Pixabay)

Selain jeruk nipis kandungan asam pada cuka putih juga tinggi. Cuka putih juga mampu menghilangkan kerak membandel pada lemari. Hilangkan jamur lemari permanen dengan campuran air dan cuka putih.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Fungsikan Dehumidifier

Dehumidifier merupakan alat elektronik untuk menyerap kelembaban. Jamur tumbuh karena kelembaban yang tinggi.

Cara kerja dehumidifier adalah dengan memanfaatkan kipas untuk menyedot udara lembab. Alat ini juga mampu menghilangkan bau apek pada lemari.

Atur Lemari & Pakai Alas Kayu

Mengatasi lemari berjamur sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah lewat pengaturan lemari. Jangan letakkan lemari menempel pada dinding.

Beri jarak antara lemari dan dinding. Gunakan alas kayu pada bagian bawah lemari sehingga sirkulasi udara lancar. 

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Lapisi Plastik

(Freepik)

Cara menghilangkan jamur bisa dilakukan dengan melapisi bagian dalam lemari dengan plastik atau koran. Penggunaan alas ini juga bertujuan mencegah makanan atau cairan terkena lemari. 

Ganti alas secara berkala. Padukan dengan kamper atau dehumidifier sehingga lemari tidak berbau apek dan jauh dari serangan serangga dan rayap.

Oleskan Cairan Pembersih Kayu

Bagi lemari dengan material bahan kayu bisa menggunakan cairan pembersih kayu untuk mengangkat jamur. Cara menghilangkan jamur di lemari dengan cairan ini sebaiknya gunakan sarung tangan.

Cairan ini juga mampu mengkilapkan permukaan kayu yang telah usang. Bahan cairan pembersih kayu bersifat abrasif. Tak heran bila jamur juga ikut terangkat saat diolesi oleh cairan pembersih kayu ini.

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX 

Atur Ventilasi & Kebersihan Lemari

(Pexels)

Dengan mengatur ventilasi, ruangan yang berlembab akan jadi kering. Pins dapat membiasakan diri membuka pintu atau jendela saat berada di rumah. Pins juga bisa memanfaatkan AC jika ada.

AC mampu mengatur suhu udara agar tidak pengap dan selalu kering. Selain itu jaga kebersihan lemari. Untuk membersihkannya, Pins bisa mulai mengeluarkan barang yang ada di dalam lemari. 

Bersihkan dengan lap atau kemoceng untuk mengangkat debu yang menempel. Beri kapur barus agar tidak ada serangga yang mampu masuk ke dalam lemari.

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur di lemari. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jamur di Tembok yang Lembab


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.