Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 10 Cara Menghilangkan Bau di Kulkas dengan Cepat
cara menghilangkan bau di kulkas
Kebersihan Rumah

10 Cara Menghilangkan Bau di Kulkas dengan Cepat

  • 8 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Kulkas menjadi tempat penyimpanan makanan agar tetap segar dan awet. Namun, ini bisa jadi masalah ketika tercium bau tidak sedap setiap kali membuka kulkas. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau di kulkas yang ampuh. 

Bagaimana tidak, bau tidak sedap dapat mencemari seluruh isi kulkas dengan cepat. Kondisi ini pun bisa jadi pertanda adanya bakteri atau jamur yang berkembang di dalam. Bila dibiarkan, bakteri dan jamur bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Selain itu, cita rasa seluruh makanan bisa ikut berubah karena aroma tajam yang mempengaruhi kualitasnya. Agar kulkas Pins kembali fresh, simak cara menghilangkan bau di dalam kulkas dengan bahan-bahan ini!

Cara Menghilangkan Bau di Kulkas

Bau tak sedap di kulkas tentu akan sangat mengganggu dan membat makanan yang tersimpan di dalamnya terasa tidak segar. Ada banyak cara untuk menghilangkan bau kulkas yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara menghilangkan bau di kulkas ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami maupun bahan kimia. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara menghilangkan bau di kulkas dengan aman dan mudah.

Letakkan Kantong Teh

cara menghilangkan bau di kulkas
(Freepik)

Cara menghilangkan bau di kulkas yang paling praktis adalah menggunakan teh. Selain murah, teh juga mudah didapat karena pasti tersedia di rumah, atau toko sembako terdekat.

Untuk menghilangkan bau di dalam kulkas dengan teh, kamu bisa menggunakan teh celup ataupun teh tubruk. Caranya mudah sekali, yaitu cukup letakkan beberapa kantong teh celup di dalam kulkas.

Jika menggunakan teh tubruk, kamu bisa memasukkannya ke dalam mangkuk terlebih dahulu. Tidak perlu menyeduhnya, ya! Selanjutnya, biarkan saja teh di dalam kulkas untuk menyerap bau tidak sedap selama beberapa jam.

Parut Buah atau Daun Jeruk Purut

cara menghilangkan bau di kulkas
(Wikimedia Commons)

Buah jeruk ada banyak sekali jenisnya, salah satunya jeruk purut. Buah jeruk yang satu ini kerap digunakan sebagai penambah aroma pada masakan. Aroma segarnya yang khas juga bisa kamu manfaatkan untuk menetralkan bau busuk di kulkas, lho.

Caranya, parut bagian kulit jeruk purut dan letakkan dalam piring kecil. Masukkan di dalam kulkas dan biarkan aroma segarnya menggantikan bau tidak sedap di dalam kulkas.

Jika buah jeruk purut sulit didapat, kamu juga bisa memanfaatkan daunnya. Biasanya daun jeruk dijual di pasar atau tukang sayur dengan harga murah. 

Cara menghilangkan bau di kulkas dengan daun jeruk, cukup dengan mengiris daun dengan potongan tipis dan meletakkannya dalam piring di kulkas.

Pakai Serbuk Baking Soda

(The Food Dellers)

Bahan yang satu ini memang serbaguna. Selain bermanfaat untuk membuat kue, baking soda juga kerap digunakan sebagai bahan pembersih. Siapa sangka baking soda juga ternyata dapat menyerap bau tidak sedap.

Cara penggunaannya pun tidak sulit. Pins hanya perlu memasukkan serbuk baking soda ke dalam gelas atau mangkok dan letakkan di dalam kulkas. Serbuk putih ini perlahan-lahan akan menyerap bau dan menetralkan aroma seisi kulkas.

Baca juga: Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder? Ini Jawabannya

Campur Lemon dan Cengkeh

cara menghilangkan bau di kulkas
(The Food Dellers)

Kedua bahan ini bisa kamu gunakan secara terpisah ataupun bersamaan. Keduanya sama-sama berkhasiat menyerap bau tidak sedap di dalam kulkas dan menggantinya dengan aroma menyegarkan.

Cara menghilangkan bau dengan lemon adalah dengan meletakkan potongan lemon di dalam kulkas. Jika menggunakan cengkeh, masukkan cengkeh ke dalam wadah berupa mangkuk atau kantong teh jika ada, dan biarkan di dalam kulkas.

Kamu juga bisa mengombinasikan keduanya sebagai cara menghilangkan bau di dalam kulkas yang ampuh. Caranya, potong buah lemon menjadi dua bagian kemudian tancapkan beberapa buah cengkeh di permukaannya. 

Selanjutnya, masukkan ke dalam kulkas dan gantilah jika buah lemon mulai mengering.

Taburkan Oatmeal

(The Food Dellers)

Selanjutnya, coba cara menghilangkan bau di kulkas dengan oatmeal. Caranya, masukkan segenggam oatmeal ke dalam mangkuk berbahan keramik atau aluminium. Oatmeal yang memiliki tekstur empuk berpori akan menyerap bau busuk di dalam kulkas.

Letakkan Potongan Kentang

cara menghilangkan bau di kulkas
(The Food Dellers)

Sama seperti oatmeal, kentang juga dapat menyerap bau. Untuk menghilangkan bau di kulkas bisa kamu lakukan dengan meletakkan potongan kentang yang sudah diiris-iris ke dalam kulkas. 

Jangan lupa diberi alas ya agar tidak meninggalkan noda di dalam kulkas. Efektivitas kentang hanya bertahan sebentar, jadi kamu perlu menggantinya setiap 2-3 hari sekali sampai bau di kulkas benar-benar hilang.

Manfaatkan Biji Kopi

(The Food Dellers)

Tidak hanya nikmat diseduh, rupanya kopi juga bisa menyerap bau tidak menyenangkan. Cara menghilangkan bau di kulkas dengan kopi bisa kamu coba dengan kopi bubuk maupun biji kopi. 

Yang penting, biji kopi sudah disangrai hingga keluar aroma wanginya. Kalau memakai kopi bubuk, pastikan kopi murni tanpa campuran agar aromanya lebih wangi. Caranya, masukkan kopi atau kopi bubuk ke dalam mangkok dan biarkan di kulkas untuk menyerap bau.

Baca juga: Mudah! Ini Dia Cara Membuat Pengharum Ruangan dari Kopi

Gunakan Arang Aktif

(The Food Dellers)

Activated carbon atau arang aktif banyak digunakan dalam produk penetral bau karena memang ampuh untuk menyerap bau tidak sedap. Arang aktif bisa kamu beli di toko online dalam bentuk serbuk maupun padat. 

Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan arang aktif padat. Kamu hanya perlu meletakkannya di kulkas dan biarkan hingga bau busuk terserap sempurna.

Teteskan Ekstrak Vanila

(The Food Dellers)

Tidak hanya menghilangkan bau busuk, cara satu ini akan membuat kulkasmu beraroma wangi vanila. Ekstrak vanila bisa kamu beli di toko bahan kue dengan harga murah. 

Cara menghilangkan bau di dalam kulkas adalah dengan meneteskan ekstrak vanila pada kapas, dan meletakkannya di dalam kulkas. Gunakan alas berupa mangkuk atau piring agar tidak meninggalkan bekas.

Masukkan Kertas Koran

(Freepik)

Cara mengatasi bau di dalam kulkas yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui. Ya, kertas koran memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga memiliki daya serap lebih tinggi, termasuk dalam menyerap bau.  Caranya, tinggal masukkan koran bekas ke dalam kulkas dan biarkan bau busuk terserap.

Itu dia 10 bahan di rumah yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan bau di kulkas. Agar baunya lebih cepat hilang, pastikan kamu sudah membersihkan kulkas dan membuang sumber bau, seperti makanan kedaluwarsa atau minuman tumpah. Selamat mencoba!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R